Social Icons

Minggu, 30 Januari 2011

Tambahan ke 13 ZODIAK...

VIVAnews - Tanggal lahir seringkali dikaitkan dengan karakteristik sifat seseorang, yang umumnya merujuk pada zodiak. Selama ini kita mengenal 12 tanda zodiak, namun ternyata ada penemuan terbaru yang mengungkapkan adanya zodiak ke-13.

Zodiak ke-13 itu adalah Ophiuchus. Bintang ini ditambahkan ke dalam jajaran horoskop yang baru dilaporkan awal pekan ini setelah adanya pengumuman bahwa rotasi bumi berubah sepanjang tahun. Meskipun banyak orang yang tidak tahu, ternyata munculnya bintang ke-13, Ophiuchus sebenarnya bukan hal baru.

Astrolog dan astronom berusaha untuk memasukkan Ophiuchus dalam daftar zodiak yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. Ophiuchus awalnya termasuk dalam zodiak, tetapi kemudian dihilangkan dari daftar oleh orang Babilonia.

Bagi mereka yang memilih untuk menerapkan horoskop terbaru, ada beberapa pergeseran tanggal dan menyebabkan terjadi perubahan zodiak. Untuk mengetahuinya, berikut daftar tanggal zodiak dengan memasukan Ophiuchus,

- Capricorn : 20 Januari - 16 Februari
- Aquarius : 16 Februari - 11 Maret
- Pisces: 11 Maret - 18 April
- Aries: 18 April - 13 Mei
- Taurus: 13 Mei - 21 Juni
- Gemini: 21 Juni - 20 Juli
- Cancer: 20 Juli - 10 Agustus
- Leo: 10 Agustus - 16 September
- Virgo: 16 Septemper - 30 Oktober
- Libra: 30 Oktober - 23 November
- Scorpio: 23 November - 29 November
- Ophiuchus: 29 November - 17 Desember
- Sagitarius: 17 Desember - 20 Januari

ORANG -ORANG YANG DI DOAKAN OLEH MALAIKAT

Inilah orang - orang yang didoakan oleh para malaikat :
1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci.
Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci".
(Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)
2. Orang yang sedang duduk menunggu waktu shalat.
Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’"
(Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., Shahih Muslim no. 469)
3. Orang - orang yang berada di shaf barisan depan di dalam shalat berjamaah.
Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang - orang) yang berada pada shaf - shaf terdepan"
(Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra’ bin ‘Azib ra., hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130)
4. Orang - orang yang menyambung shaf pada sholat berjamaah
(tidak membiarkan sebuah kekosongan di dalam shaf).
Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang - orang yang menyambung shaf - shaf"
(Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah ra., hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/272)
5. Para malaikat mengucapkan ‘Amin’ ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah.
Rasulullah SAW bersabda, "Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu"
(Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., Shahih Bukhari no. 782)
6. Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat.
Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia"
(Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, Al Musnad no. 8106, Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)
7. Orang - orang yang melakukan shalat shubuh dan ‘ashar secara berjama’ah.
Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ‘ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat ‘ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?’, mereka menjawab, ‘Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat"
(Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., Al Musnad no. 9140, hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)
8. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan.
Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan’"
(Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda’ ra., Shahih Muslim no. 2733)
9. Orang - orang yang berinfak.
Rasulullah SAW bersabda, "Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’"
(Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)
10. Orang yang sedang makan sahur.
Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang - orang yang sedang makan sahur"
(Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani, meriwayaatkan dari Abdullah bin Umar ra., hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhiib wat Tarhiib I/519)
11. Orang yang sedang menjenguk orang sakit.
Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh"
(Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Ali bin Abi Thalib ra., Al Musnad no. 754, Syaikh Ahmad Syakir berkomentar, "Sanadnya shahih")
12. Seseorang yang sedang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.
Rasulullah SAW bersabda, "Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain"
(Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily ra., dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab Shahih At Tirmidzi II/343)

KEUTAMAAN SHOLAT TAHAJUD

Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jadi, kalau mau mengerjakansholat Tahajud, harus tidur dulu. Shalat malam ( Tahajud ) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan denganAllah SWT.
Berfirman Allah SWT di dalam Al-Qur’an :
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”
(QS : Al-Isro’ : 79)
Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan .
Sahabat Abdullah bin
Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)
Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )
Waktu Untuk Melaksanakan Sholat Tahajud :
Kapan afdhalnya shalat Tahajud dilaksanakan ? Sebetulnya waktu untuk melaksanakan shalat Tahajud ( Shalatul Lail ) ditetapkan sejak waktu Isya’ hingga waktu subuh ( sepanjang malam ). Meskipun demikian, ada waktu-waktu yang utama, yaitu :
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 - Subuh )
Menurut keterangan yang sahih, saat ijabah (dikabulkannya do’a) itu adalah 1/3 malam yang terakhir. Abu Muslim bertanya kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?”
Sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :
“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)
Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )
Nabi SAW bersabda lagi :
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )
Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :
Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 ( dua ) raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )
Adapun Kaifiat yang diterangkan oleh Sahabat Said Ibnu Yazid, bahwasannya Nabi Muhammad SAW shalat malam 13 raka’at, sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.
Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. Sedangkan pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. Kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.Rasulullah SAW bersabda :
“Allah menyayangi seorang laki-laki yang bangun untuk shalat malam, lalu membangunkan istrinya. Jika tidak mau bangun, maka percikkan kepada wajahnya dengan air. Demikian pula Allah menyayangi perempuan yang bangun untuk shalat malam, juga membangunkan suaminya. Jika menolak, mukanya
disiram air.” (HR Abu Daud)
Bersabda Nabi SAW :
“Jika suami membangunkan istrinya untuk shalat malam hingga
keduanya shalat dua raka’at, maka tercatat keduanya dalam golongan (perempuan/laki-laki) yang selalu berdzikir.”(HR Abu Daud)
Keutamaan Shalat Tahajud :
Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan
sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

PROSES TERPILIHNYA ABU BAKAR

Nabi Muhammad SAW adalam pemimpin keagamaan dan pemimpin politik sekaligus. Ia adalah nabi yang terakhir. Tidak mungkin ada nabi sepeninggal beliau. Artinya, posisi sebagai pemimpin keagamaan (setingkat nabi) tidak mungkin ada yang mneruskan tetapi sebagai pemimpin politik (setingkat kepala negara) dapat saja digantikan dan diteruskan oleh sahabat beliau.
(1)Pertanyaannya : siapa yang menggantikan beliau sebagai pemimpin politik, apa syaratnya dan bagaimana caranya ?
Wafatnya Rasul membuat madinah bising dengan tangisan. Umat pun bertanya-tanya siapa yang akan memimpin mereka. Sebagian sahabat terkemuka rupanya sudah memikirkan hal itu dan berkumpul di “balairung” safiqah di perkampungan Bani Sa’idah (2). Yang mula-mula berkumpul disana adalah golongan Anshar, yang terbagi pada suku Kharaj dan ‘Aus.
Umar rupanya mendengar pertemuan tersebut. Ia mencari Abu Bakar dan menerangkan gawatnya persoalan (3). Umar berkata,”Saya telah mengetahui kaum Anshar sedang berkumpul di Safiqah, mereka merencanakan untuk mengangkat Sa’ad bin Ubadah untuk menjadi pemimpin (ia dari suku Khazraj). Bahkan diantara mereka ada yang mengatakan dari kita seorang pemimpin dan dari Quraisy seorang pemimpin ( minna amir wa minkum amir). Ini dapat membawa pada dualisme kepemimpinan yang tak pelak lagi akan menggoyang “bayi” umat Islam.
Setelah mengerti betapa gawatnya pesoalan, Abu Bakar mengikuti Umar ke Safaqah. Di tengah perjalanan keduanya bertemu Abu Ubaidah bin Al Jarrah dan ia diajak ikut serta. Ketika mereka tiba telah hadir terle bih dulu beberapa kaum muhajirin yang tengah terlibat perdebatan sengit dengan kaum Anshar. Umar yang menyaksikan di depan matanay bahwa Muhajirin dan Anshar akan mencabik-cabik ukhuwah Islamiyah…hampir-hampir tak kuasa menahan amarah dirinya. Sat ia hendak berbicara, Abu Bakar menahannya.
Setelah mendengar perdebatan yang terjadi, Abu Bakar mulai berbicara dengan tenang dan ia mengingatkan bahwa bukankah Nabi pernah bersabda : al-aimmah min Quraisy (kepemimpinan itu berada di tangan suku Quraisy ) (4). “Kami pemimpin (umara) dan kalian “menteri/pembantu (Wizara). Telah bersabda Rasul bahwa dahulukan Quraisy dan jangan kalian mendahuluinya.”
Abu Bakar tak lupa mengingatkan pada kaum Anshar akan sejarah pertentangan kaum Khazraj dan aus yang bila meletup kembali (dengan masing-masing mengangkat pemimpin) akan membawa mereka semua ke alam jahiliyah lagi. Kemudian Abu Bakar menawarkan dua tokoh Quraisy, Umar dan Abu Ubaidah. Keraifan Abu Bakar dalam berbicara ditengan suasana penuh emosional rupanya mengesankan mereka yang hadir. Umar menyadari hal ini dan ia mengatakan pada mereka yang hadir bahwa bukankah Abu Bakar yang diminta oleh nabi untuk menggantikan beliau sebagai imaam shalat bilamana nabi sakit ?
Umar dan Abu Ubaidah segera membai’at Abu Bakar tapi mereka didahului oleh Basyir bin Sa’ad, seorang tokoh Khazraj, yang membaiat Abu Bakar. Kemudian yang hadir di safiqah, semuanya memberi baiat Abu Bakar.(5)
Keesokan harinya Abu Bakar naik ke mimbar dan semua penduduk Madinah membai’atnya. Abu Bakar resmi menjadi khalifah ar-Rasul (6). Kemudian ia berpidato, sebuah pidato yang menurut ahli sejarah dianggap sebagai suatu statement politik yang amat maju, dan yang pertama sejenisnya dengan semangat “modern” (patisipatif-egaliter).(7)
Semuanya ? ternyata tidak (8), dari yang hadir di safiqah, Sa’ad bin Ubaidah tidak membai’at Abu Bakar dan tidak pula ikut shalat jama’ah bersamanya. Diantara penduduk madinah yang tidak hasir di safiqah dan tidak membai’at Abu Bakar adalah Fatimah Az-Zahra. Ali bin Abi Tahlib dan bani Hasyim serta pengikutnya tidak berbai’at selama enam bulan kemudian setelah wafatnya Fatimah Az Zahra.
Ketika diberitahukan kepada Imam Ali r.a. tentang peristiwa yang telah terjadi di safiqah bani Sa’idah segera setelah rasul wafat, ia bertanya :
“Apa yang dikatakan kaum Anshar ?”
“Kami angkat seorang dari kami sebagai pemimpin, dan kalian (kaum muhajirin) mengangkat seorang dari kalian sebagai pemimpin !”
“Mengapa kamu tidak berhujjah atas mereka bahwa Rasulullah SAW telah berpesan agar berbuat baik kepada orang-orang Anshar yang berbuat baik dan memaafkan siapa diantara mereka yang berbuat slaah ” tanya Imam Ali lagi.
“Hujjah apa yang terkandung dalam ucapan seperti itu ?”
“Sekiranya mereka berhak atas kepemimpinan umat ini, niscaya Rasulullah SAW tidak perlu berpesan seperti itu tentang mereka.”
Kemudian Imam Ali bertanya :
“Lalu apa yang dikatakan orang Quraisy ?”
“Mereka berhujjah bahwa Quraisy adalah ‘pohon’ Rasulullah SAW.”
“Kalau begitu mereka telah berhujjah dengan’pohonnya’ dan menelantarkan buahnya!” (9)
End Note :
1 : Pemisahan atau tepatnya perbedaan posisi pemimpin keagamaan dengan pemimpin politik, dalam konteks Islam, tidak berarti pemimpin politik tidak concern terhadap persoalan keagamaan (sekaligus harus menjiwai dan menjalankan ajaran agama) dan pemimpin keagamaan tidak peduli dengan masalah politk. Pembedaan ini hanya untuk menunjukkan lapangan kerja yang berbeda. Ini berbeda dengan kalangan lain yang mengatakan,”berikan kaisar haknya dan berikan hak Tuhan pada Tuhan”. Alinea diatas harus difahami bahwa Muhammad adalah Nabi dan Kepala negara sekaligus. Suksesi sepeninggalnya hanya pada lapangan kepala negara, tapi tidak berarti pemimpin setelahnya sama sekali tidak memiliki otoritas keagamaan.Walau tidak sebesar otoritas yang dipunya Nabi. Ada pula ulama yang berpendapat bahwa tidak ada keharusan atau kewajiban mempunyai khalifah bagi umat Islam dan Nabi semata-mata seorang Rasul yang tidak memiliki kekuaaan duniawi, nagara ataupunpemerintahan. Ulama yang berpendapat demikian adalah Ali Abdur Raziq dalam al Islam wa Usul al Hukm, Kairo, 1925. Bantahan terhadap pendapat terakhir ini cukup banyak, salah satunya, Dr Dhiya’ ad-Din ar Rais, al Islam wa al khalifah fi al-’Ashr al-hadist (naqd kitab “al Islam wa ushul al hukm”) Kairo, Dar at Taurats 1972, bandingkan dengan DR. Ahmad Syalabi, As-Siyasah fi al Fikr al Islami, Kairo, Hahdhah al Misriyah, 1983, h. 35-38.
2 : Peristiwa Safiqah yang saya ceritakan kembali ini didasarkan pada Al Thabari, tarikh al-umam wa al-muluk, jilid IV, h. 38-41, Munawir Syadzali, op.cit, h. 21-23, Jalaludin Rahmat,[2], op.cit., h. 84-89
3 : Suku Aus dan Khazraj adalah dua suku di madinah yang selalu bermusuhan sebelum datangnya Nabi Muhammad. Akar permusuhan yang telah mendarah daging itu seringkali menimbulkan letupan kecil pada masa nabi, sungguhpun demikian figur seorang Muhammad berhasil”meredamkan” mereka. Hanya saja, siapa yang dapat menjamin mereka tidak akan membuka luka lama lagi sepeninggal Muhammad SAW.
4 : Lihat Al-Mawardi, al-ahkam as-sultaniyah, Mesir, Musthofa al-Babi al-Halabi wa awladuh, 1966, h. 6; Ibn Khaldun, Muqaddimah, Beirut, dar al-fikr,t.t, h, 194. Berbeda dengan Mawardi dan pemikir muslim masa klasik dan pertengahan, Ibn Khaldun tidak memahami teks Al aimmah min Quraisy secara lahiriah belaka. Sesuai dengan teori Ashabiyah nya. Ia memahami bahwa yang ditekankan adalah sifat dan kemampuan suku Quraisy yang pada masa itu di atas suku lain. suku Quraisy merupakan suku Arab
paling terkemuka dengan solideritas yang kaut dan dominan serta berwibawa. Jadi teks itu haruslah dibaca : Kepemimpinan itu berada pada mereka yang memiliki ciri-ciri suku Quraisy–dan tidak musti harus selalu orang Quraisy. Persoalannya, apakah penjelasan Ibn Khaldun ini sama dengan yang dipikirkan mereka yang hadir di Safiqah, lebih khusus lagi dengan Abu Bakar yang menyitir teks itu ?
5 :Bai’at sesungguhnya dipergunakan sejak masa nabi. Nabi sringkali melakukannya seperti tercatat dalam sejarah Islam, yakni berlangsungnya bai’at ar ridwan dan bai’at al-’aqabah. Imam Nasa’i dalam sunannya mengelompokkan bai’at kedalam sepuluh macam (lihat An-Nasa’i, Sunan an-nasa’i bi Syarh as-suyuti, Beirut, Dar al-jil,1989,juz VI. h. 683-684). Intinya, bai’at itu berisi janji untuk setia dan patuh kepada nabi serta akan mengamalkan dan membela ajaran Islam. Rupanya, penggunaan istilah bai’at ini diteruskan pada masa sepeninggal Nabi tetapi telah terjadi pergeseran makna. Pada masa kekhalifahan, bai’at menjadi ikrar politik, yang tanpanya tak akan sempurna (atau tak diakui) seorang khalifah. Lebih lanjut tentang bai’at lihat Al Mahamy Ahmad Husin Ya’kub, An-nizam As-Siyasi fi Al-Islam, Qoum, Anshariyan, 1312 H, h. 69-75; Fathi Osman, “Bay’ah al Imam : Kesepakatan pengangkatan Kepala negara Islam”, dalam Mumtaz Ahmad (ed), masalah-masalah teori politik Islam, Bandung, Mizan, 1993, h. 75-116.
6 : Analisa terhadap istilah khalifah berikut pergeseran maknanya secara menarik diberikan oleh W. Montgomery Watt, Islamic political Thought, terj. Helmy Ali dan Muntaha Azhari, Jakarta, P3M,1988, h. 50-54; bandingkan dengan Bernard Lewis, The Political Languange in Islam, terj. Ihsan Ali Fauzi, Jakarta, Gramedia, h. 61-71.
7 : Lihat DR. Nurcholis Madjid, ” Agama dan Negara dalam Islam : Telaah atas fiqh Siyasy Sunni ” dalam Budhy Munawar Rachman, op. cit, h. 592.
8 :Umar berpidato,”… berdirilah kalian dan berbai’atlah kalian(pada Abu bakar) sungguh saya telah berbai’at kepadanya dan Anshar pun demikian” kemudian Ustman berdiri dan bersamanya berdiri Bani Umayah, maka berbai’atlah mereka, Sa’ad bin Abi Waqash dan Abdurrahman bin ‘Auf berserta sukunya berdiri dan berbai’at pula. Adapun Bani Hasyim berbai’atnya mereka dengan tekanan(paksaan) seperti diceritakan oleh Al Mahamy Ahmad Husin Ya’kub, op. cit, h. 155-156.
9 :Seperti diriwayatkan dalam Najhul Balaghah Syarh Muhammad Abduh, terj. Muhammad Al Baqir, Bandung, Mizan,1990, h. 63-64. Maksud imam Ali, jika Quraisy pohon Rasulullah maka Ali adalah buahnya. Ini bisa dimengerti mengingat dalam suku Quraisy, Bani Hsyim dan Bani Umayyah adalaah dua klan terhormat. Dan Ali merupakan pemuda Bani Hasyim yang terhormat, mengingat Hamzah telah wafat dan Abbas baru masuk Islam, disamping itu Abu Sufyan dari bani Umayyah juga beru masuk Islam. Jadi dari silsilah itu seharusnya, jika al-aimmah min Quraisy difahami secara lahiriah maka hanya Imam Ali lah yang berhak menduduki jabatan khalifah. Tapi ada juga yang menolak argumen ini. M. A. Shaban melihat Ali yang masih sekitar tiga puluh tahunan tidak mungkin diterima umat, jadi jika logika diatas diteruskan maka sebenarnya Abu Sufyan yang harus jadi khalifah. Untuk menghindari ini maka diambilah Abu Bakar sebagai jalan tengah–orang Quraisy tapi bukan Bani Hsyim atau Bani Umayyah (lihat M.A. Shaban, Sejarah islam Penafsiran Baru, Jakarta, rajawali Press, 1993, h. 24-25). Persoalannya, apakahj “rasionalisasi ” yang dikemukakan Shaban memang hinggap di kepala mereka yang hadir di Safiqah ? saya cenderung meragukannya, karena dalam situasi mendadak, emosional dan genting sukar sekali membayangkan peserta Safiqah berfikir seperti Shaban.!

Minggu, 23 Januari 2011

ABOUT SUPER JUNIOR

 

Super Junior (Korea: 슈퍼주니어), atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Korea: 슈주), merupakan sebuah grup musik R&B yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005.
Kronologis Prestasi

Sejak akhir 1990-an, agen bakat Korea dan label rekaman SM Entertainment telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru yang melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa, yang semuanya diciptakan oleh pendiri SM, Soo-Man Lee, di pertengahan 1990-an. Leeteuk dan Eunhyuk adalah dua anggota pertama kelompok untuk direkrut pada tahun 2000 di bawah SM’s Starlight Casting System di Seoul.
Pada tahun 2001, perusahaan pertama mereka di luar negeri mengadakan casting audisi dan menemukan Han Geng di Beijing, terpilih di antara tiga ribu pelamar. Pada tahun yang sama, Yesung ditemukan pada Seoul’s casting system bersama temanya, Heechul, Sungmin dan Donghae juga dipilih untuk menjadi trainee setelah penampilan mereka dalam sebuah kontes yang disponsori SM. Pada tahun 2002, Kang-In dan Kim Heechul direkrut bersama dengan Kibum, yang ditemukan di Los Angeles. Siwon di-casting pada tahun 2003 dan Ryeowook pada tahun 2004, di mana yang terakhir ini ditemukan melalui Chinchin Youth Festival. Pada tahun 2005, Shindong dipilih.

Tidak lama setelah boy band TVXQ debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu membentuk boy band lain dengan cepat menyebar di Internet. Pada awal 2005, Lee mengkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa boy band yang terdiri dari dua belas anggota akan melakukan debut di dekat akhir tahun, mempromosikan kelompok bernyanyi ini untuk menjadi “The Gateway of Stardom Asia.” Lee mengumumkan bahwa bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini dipilih karena mereka telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model, dan host radio sebelum debut. Heechul dan Kibum telah berprofesi sebagai penghibur, dan sebagian besar anggota lain sudah membuat berbagai macam penampilan di televisi dan media. yang sangat terinspirasi oleh konsep rotasi gadis Jepang grup Morning Musume, kelompok ini juga akan mengalami perubahan line-up, dengan anggota-anggota baru menggantikan beberapa anggota lama yang dipilih setiap tahun untuk menjaga grup ini tetap muda dan memiliki berbagai talenta. Konsep ini kemudian baru diperkenalkan ke pasar K-pop.
Untuk sementara kelompok itu dikabarkan akan bernama O.V.E.R, singkatan dari “Obey the Voice for Each Rhythm” (Patuhilah Suara untuk Tiap Irama) Namun, sebelum nama ini diputuskan, SM hanya menyebut mereka sebagai Junior, yang berasal dari para anggota yang masih berusia muda ketika pertama kali menjadi SM trainee. Setelah para anggota memamerkan bakat mereka yang berbeda kepada perusahaan pada sebuah piknik. Kemudian perusahaan memutuskan meresmikan grup ini bernama Super Junior, generasi pertama dari Super Junior.
Super Junior 05 membuat pra-debut mereka di saluran Korea M-net pada 11 September 2005. Pada acara itu, mereka melakukan berbagai gaya tarian hip hop. Mereka menampilkan tarian B2K. Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae juga melakukan tarian dari lagu Usher, Caught Up. Namun penampilan mereka tidak disiarkan di televisi, hingga akhirnya pada 16 Mei 2006 disiarkan pada sebuah segmen di acara Super Junior Show.
2005-2006:
Super Junior 05 memulai debutnya pada program musik SBS Online Songs pada tanggal 6 November 2005, melakukan single pertama mereka, “TWINS (Knock Out).” Tunggal digital dengan “TWINS (Knock Out)”, “You are the One”, dan tiga lagu tambahan yang dirilis secara online pada 8 November. CD fisik dijadwalkan akan dirilis pada minggu berikutnya, tetapi album yang lebih lengkap, SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada 6 Desember 2005 sebagai gantinya. Album perdana mereka terjual 28.536 kopi di bulan pertama rilis dan debutnya di # 3 di chart bulanan Desember 2005. Pada bulan yang sama, mereka merilis “Show Me Your Love,” sebuah kolaborasi tunggal dengan TVXQ . “Show Me Your Love” menjadi catatan terlaris Desember 2005, menjual 49.945 salinan bulan itu.
Pada Februari 2006, Super Junior 05 mulai pertunjukan untuk “Miracle”, yang kedua tunggal promosi dari album debut mereka. “Miracle” adalah single pertama kelompok puncak # 1 di chart musik online dari Korea Selatan serta tangga musik Thailand, gambar bunga dari pasar internasional. Sebagai promosi untuk “Miracle” berakhir, SM Entertainment mulai memilih anggota baru untuk Super Junior line-up proyek kedua, Super Junior 06. Perusahaan bahkan menyiapkan daftar anggota yang dipilih yang lulus dari grup. Namun, tidak ada anggota dibawa keluar dan anggota ketiga belas ditambahkan, bukan pada Mei 2006. Line-up proyek telah ditinggalkan sejak itu, dan kelompok hanya dikenal sebagai Super Junior, tanpa akhiran “05″.
2006-2007

Pada 23 Mei 2006, SM Entertainment mengungkapkan ketiga belas anggota Kyuhyun, yang ditemukan melalui kompetisi menyanyi pada tahun 2005. Mereka merilis single “U” online untuk download gratis pada 25 Mei 2006 di website resmi mereka. “U” memiliki lebih dari 400 ribu download dalam waktu lima jam dan pada akhirnya rilis melebihi 1,7 juta download, menerjang server. tunggal fisik dari “U” dengan total tiga lagu ini dirilis pada 6 Juni 2006, akhirnya terjual lebih dari 81.000 unit. tunggal Korea menjadi salah satu lagu paling populer sepanjang tahun, menghasilkan # 1 spot selama lima minggu berturut-turut pada dua dari atas Korea program musik. Pada akhir tahun, Super Junior dikumpulkan selama tujuh penghargaan di lima dari Korea Selatan atas upacara penghargaan musik, meraih gelar sebagai Best New Group of 2006.
Super Junior sub-unit pertama, balada-menyanyi trio Super Junior-KRY, memulai debutnya pada tanggal 5 November 2006 dengan pertunjukan lagu Hyena tema “The One I Love” pada program musik KBS Music Bank. [20] kedua sub – unit tiba pada bulan Februari 2007 yang disebut Super Junior-T. Yang berlari-kelompok bernyanyi merilis single pertama mereka “Rokkugo” di 23 Februari 2007 dan membuat debut performa di Lagu-lagu Populer dua hari kemudian.
Super Junior album resmi kedua ini dimaksudkan untuk akhir tahun 2006 rilis, namun karena kebetulan beberapa kemunduran, Don’t Don tidak dirilis hingga 20 September 2007. Dalam tiga hari pertama dirilis, penjualan album offline untuk Don’t Don melewati tanda 11.000 unit, memulai debutnya sebagai # 1 di semua tersedia offline grafik. Itu selesai bulanan September penjualan album sebagai # 1. 60.000 unit dikirim oleh minggu pertama rilis dan salinan tambahan dicetak. Walaupun Don’t Don diterima agak hambar tinjauan dari para kritikus, album ini terjual lebih dari 160.000 eksemplar pada akhir tahun, menjadi yang terbaik kedua – catatan penjualan 2007. Album ini juga menemukan sukses di Taiwan; itu memecahkan rekor sebagai album Korea peringkat tertinggi di G-musik Combo Billboard Chart, melebihi album TVXQ dan Shinhwa. Album Super Junior juga menempati peringkat atas boy band Taiwan K Satu, yang album debut di # 6.
Didukung oleh pelepasan Don’t Don, Super Junior dinominasikan dalam tujuh kategori terpisah pada 2007 M.NET / KM Music Festival yang digelar di 17 November, 2007. Super Junior memenangi tiga kategori tersebut termasuk “Netizen Choice Award” dan “Mobile Popularitas”, menjadi pemenang terbesar malam. Grup juga memenangkan “Best Artist of the Year” (Daesang), disebut oleh banyak orang sebagai pengakuan tertinggi dari upacara. Super Junior mengumpulkan dua penghargaan pada 14 Desember 2007 di 2007 Golden Disk Awards. Walaupun dikalahkan oleh SG Wannabe memenangkan “Daesang”, Super Junior memenangkan “Bonsang” dan “Popularity Anycall TPL Award”, yang diharapkan dilaporkan sebagai kemenangan bagi kelompok oleh media setelah keberhasilan Don’t Don.
2008-saat ini:

Pada tanggal 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan sub-unit ketiga Super Junior, Super Junior-M, sebuah subkelompok yang ditujukan untuk pasar Cina. Sementara pembentukan subkelompok singkat menciptakan kontroversi di antara para penggemar dan manajemen, [e] Super Junior-M menjadi sebuah kesuksesan fenomenal di Cina, memiliki kesempatan untuk memiliki dua terjual habis konser di Hong Kong, atas peringkat mingguan dengan penampilan mereka di berbagai program, dan menjadi kelompok berhala yang paling pengesahan kontrak di China. Dengan tidak adanya hampir separuh dari anggota di Korea, sub-unit keempat Super Junior ini terbentuk pada tahun yang sama untuk mencegah Super Junior dari menghilang dalam industri musik Korea. Dengan lima anggota dari Super Junior-T dan Yesung, mereka membentuk subkelompok, Super Junior-Happy. Super Junior-Happy merilis EP “Cooking? Cooking!” pada 5 Juni 2008, dan promosi berakhir pada 7 September, yang berlangsung selama empat bulan. Pada November 2008, Super Junior-T kembali, kali ini sebagai kelompok bernyanyi di Jepang, yang disebut SuperJunior-TxMoeyan; Moeyan menambahkan grup ini, seorang wanita yang terkenal dua kelompok komedi di Jepang. “ROCK & GO”, sebuah bahasa Jepang versi “Rokkugoh!!”, debut di # 19 di Oricon Charts Harian dan melompat ke # 2 tiga hari kemudian.

Tur besar pertama Super Junior, Super Show, yang dimulai pada 22 Februari 2008 di Seoul. Tur mencakup tiga negara dan telah ditunjukkan pada enam kota yang berbeda, termasuk Bangkok, Shanghai, dan Beijing . Dari 8 Juli – 9 Juli, 2008, Super Junior mengadakan jumpa penggemar pertama mereka di Jepang, di Nippon Budokan di Tokyo, sebagai perayaan untuk pembukaan Homepage Jepang resmi mereka, yang diluncurkan pada 1 April 2008. 12.000 tiket ke jumpa penggemar semua terjual habis dalam beberapa hari. Grup dikompilasi Jepang merilis satu hari berikutnya, yang berjudul “U / TWINS”, yang meliputi versi Jepang “U” dalam rilis terbatas, untuk melengkapi acara. Tunggal memuncak di # 4 di Oricon Jepang Daily Chart di hari pertama rilis, dan turun ke bawah untuk hanya empat tempat dalam detik. Tunggal memecahkan rekor baru untuk menjadi yang pertama tunggal Korea telah membuat dalam top 10 di Oricon Jepang Weekly Chart. [45] Pada tanggal 2 Agustus 2008, Super Junior memperluas rute ke Genting Highlands, Malaysia, menjadi salah satu dari tamu pemain di MTV Asia Awards 2008 bersama dengan artis internasional lainnya seperti OneRepublic dan Jabbawockeez. [4] Mereka adalah seniman SM ketiga yang menang Favorite Artis Korea di MTV Asia Awards setelah Kangta dan BoA, dan yang kedua kelompok musik memenangkan penghargaan setelah JTL pada tahun 2003.
Album ketiga Super Junior, “Sorry Sorry”, dirilis pada 12 Maret 2009 dengan diakui ulasan. Judul album single, “Sorry Sorry” ini dirilis secara digital pada 9 Maret 2009. Dalam waktu kurang dari seminggu setelah preorders diumumkan, lebih dari 150.000 eksemplar pra-perintahnya. [48] “Sorry Sorry” adalah album pertama mereka debut di # 1 pada Hanteo Charts, dan terjual lebih dari 29.000 eksemplar pada hari pertama, Seo Taiji mengalahkan rekor 25.000. Promosi untuk album mulai Maret 13 dengan kinerja “Sorry Sorry” dan “Why I Like You” di Music Bank. [50] Dua minggu kemudian, “sorry Sorry” menjadi nomor satu nyanyian minggu pada program yang sama. Selama kinerja kelompok pada program musik Lagu-lagu Populer pada 15 Maret naik ke peringkat setinggi 14%, yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Dari Maret-Mei, “Sorry SOrry”mengumpulkan total sepuluh # 1 penghargaan dengan kemenangan berturut-turut di Korea, setelah tunggal menjadi sukses nasional dan internasional. Setelah hanya satu bulan rilis, menjadi album terlaris tahun 2009 di Korea Selatan. Sorry Sorry juga yang kritis dan sukses secara komersial hit di negara-negara Asia lainnya, memilih kelompok untuk menjadi satu-satunya wakil di luar negeri untuk kedua kalinya di Taiwan’s Golden Melody Awards tahunan. Sorry Sorry adalah album bahasa korea terlaris di Taiwan, Thailand, Cina, dan Filipina, di mana tercantum di album terakhir menjadi album K-pop yang pertama untuk mencapai # 1 di chart musik dari negara.
Kecelakaan Mobil Tahun 2007

Pada 19 April, 2007 pukul 12:20 KST, empat anggota Super Junior (Shindong, Eunhyuk, Kyuhyun dan Leeteuk) dan dua manajer terlibat dalam kecelakaan mobil. Sopir kehilangan kendali kendaraan dan van terbalik pada sisi kanan, bertabrakan dengan trotoar.
Kyuhyun, yang duduk di belakang kursi pengemudi ketika kecelakaan itu terjadi, terluka parah dengan patah tulang pinggul, pneumotoraks dari tulang rusuk, dan goresan dan memar. Kyuhyun juga terus menyelinap masuk dan keluar dari kesadaran untuk beberapa hari setelah kecelakaan itu terjadi. Leeteuk menderita goresan di punggungnya dan wajah, dan harus menerima jahitan. Dia melakukan operasi dan berhasil mengeluarkan pecahan kaca di punggungnya, dan menerima total 170 jahitan di kedua punggung dan wajahnya.
Shindong dan Eunhyuk, yang paling tidak terluka hanya dengan beberapa luka, goresan, dan memar, keduanya dibebaskan pada 23 April 2007. Leeteuk dan Kyuhyun pulih lebih cepat dari yang diharapkan, dan Leeteuk diperbolehkan pulang dari rumah sakit pada 30 April, 2007. Kyuhyun dipulangkan dua bulan kemudian pada tanggal 5 Juli 2007.
Kesenian
Gaya Musik

Secara keseluruhan, Super Junior telah merilis tiga album studio dan satu tunggal fisik, termasuk kadang-kadang kontribusi ke drama soundtrack. Mereka diakui untuk harmonisasi vokal mereka dan bersama-sama sebagai anggota masing-masing memberikan kontribusi suara yang berbeda kisaran dalam musik mereka. [65] Beberapa anggota yang dikreditkan untuk teknik pukulan sabuk vokal mereka, terutama Yesung. [G] Meskipun vokal kontribusi signifikan oleh setiap anggota , Yesung, Sungmin, Ryeowook, dan Kyuhyun diberi label sebagai vokalis memimpin grup. Shindong, Eunhyuk, dan Kibum adalah rapper utama grup, dengan Donghae, Heechul dan Leeteuk secara konsisten sebagai pendukung vokal. [h] Eunhyuk juga secara teratur menyumbang menulis musik rap grup.
Musik Super Junior terutama jatuh ke dalam kategori arus utama pop Korea. Genre lagu-lagu ini biasanya dicampur dengan cabang yang berbeda instrumen elektronik, dengan penekanan berat pada perkotaan kontemporer, tari pop, dan rap. Generic pop melodi digunakan lebih dalam SuperJunior05 (TWINS), sementara R&B dan electronica beats sulty digunakan lebih dalam “Sorry Sorry”.
Super Junior bekerja sama dengan Jin Young Yoo, yang telah menghasilkan dan mengatur sebagian besar kelompok promosi sejak debut single. Yoo juga dikenal untuk menciptakan gaya SMP yang terkenal, sebuah genre yang meliputi infus seimbang rock, R&B, dan rap, dengan melengkapi unsur-unsur musik seperti gitar listrik, bass, dan instrumen perkusi yang berbeda. Super Junior telah menonjol digunakan gaya SMP ini Jangan Don.
Super Junior telah meliput beberapa lagu dalam album mereka. Single perdana mereka “TWINS (Knock Out)” adalah penutup Triple Eight’s “Knockout,” yang dirilis pada tahun 2003. Sementara gaya musik ini kebanyakan dipertahankan seperti aslinya, “TWINS (Knock Out)” sentuhan lebih dekat dengan rap rock, rap dengan lebih cepat dan lebih menekankan pada instrumen bass. Pada sebagian besar meliputi mereka, judul asli disimpan. Contohnya termasuk Cape’s “LOVE” dan Exile’s “Believe”. Namun, sebagian besar sampul buku ini adalah diatur ulang ke berbagai menyertai, seperti “Full of Happiness” milik HOT.
Gaya Tari
Super Junior dikenal untuk melakukan pertunjukan yang sangat berpusat di sekitar mereka koreografi, dan diakui untuk mereka sangat sychronized tarian. Kelompok pra-debut adalah pertunjukan tari hip hop dan mereka juga telah bergabung dengan B-boy pertempuran dan pertunjukan sepanjang karier mereka.
Gaya tarian mereka secara luas disebut sebagai jalan menari, dengan mayoritas dari mereka yang berisi koreografi tari hip hop seperti meletuskan bergerak, melambai, geser, dan cair menari. Sebagian besar lagu-lagu mereka biasanya berisi musik di mana salah satu jembatan untuk enam anggota dari grup melakukan pertunjukan tari. Han Geng, Shindong, Eunhyuk, dan Donghae dilaporkan penari yang paling terampil dalam kelompok, di mana empat di antaranya kelompok biasanya terlihat memimpin tari-tarian dan juga melakukan solo. Dances dalam bentuk seni bela diri yang banyak digunakan dalam rutinitas tarian baik sebagai Sungmin Han Geng dan terlatih secara profesional di daerah itu. Beberapa anggotanya juga berpartisipasi dalam menciptakan koreografi tarian mereka, seperti yang Shindong koreografer utama untuk “U” dan untuk sebagian besar kelompok urutan tarian lain. Para anggota bekerja sama untuk menciptakan koreografi tarian untuk “Don’t Don” dan “Marry U”, baik promosi single untuk album kedua kelompok.
Gambaran
Super Junior dikenal paling baik menjadi seorang muda, energik, dan kelompok humor. Kelompok ini juga menyatakan bahwa memiliki kerja sama tim yang baik adalah salah satu alasan kunci untuk keberhasilan mereka. Ikatan dan persahabatan antara anggota telah terlihat sejak sebelum kelompok debut, ketika SM mengatur semua dari mereka untuk tinggal di satu apartemen. Heechul telah menyebutkan beberapa kali bahwa kalau bukan bagi anggota-anggotanya, dia akan meninggalkan Super Junior untuk mengejar karier akting khusus.
Musik Super Junior dikenal karena memiliki banyak gambar dengan mengarang yang berbeda setiap rilis baru. DEbut gambar Super Junior bersandar pelan menuju sebuah batu penampilan untuk melengkapi rap / rock “TWINS (Knock Out)”. Untuk “Miracle,” banyak anggota muda dan menampilkan sebuah gambar lucu dengan warna rambut lebih ringan dan gaya tarian lucu. Kelompok segera dialihkan ke tempat yang lebih matang, gaya rapi dengan “U”, di mana para anggotanya mengubah rambut mereka yang lebih gelap dan mengenakan warna gelap, lebih berpakaian flamboyan. Untuk rilis “DOn’t Don”, kelompok yang dipimpin untuk sebuah transformasi gelisah. Mereka menjadi lebih menampakkan pakaian dan banyak anggota dikelantang rambut, memakai make-up gelap, dan tato sementara. Kang-in memiliki gaya rambut yang potongan rambut dengan desain tergores, Leeteuk dan Sungmin rambut pirang dan setengah bercukur, sementara Heechul, Han Geng, dan Kyuhyun memakai dengan gaya rambut yang berwarna cerah, yang semuanya diilhami oleh punk fashion dan modifikasi hip hop fashion. Untuk lagu ‘Sorry Sorry’,mereka menggunakan konsep ‘Boys to Men’.Jika sebelumnya mereka lebih banyak menggunakan baju santai,kali ini mereka lebih banyak menggunakan setelan jas yang dimodifikasi agar tidak berkesan terlalu kaku. Gaya ini dengan cepat menjadi trendsetter di Korea.
Lipsynch
Super Junior telah dikritik di masa lalu untuk lipsynch dan kurangnya keterampilan vokal secara khusus untuk nada gemetar dan berat bernapas, Kritik memburuk pada bulan Juli 2006 ketika mereka lipsynched on Show! Musik Inti dari MBC, sebuah pertunjukan yang menjamin semua pertunjukan hidup. Meskipun penggemar membela mereka mengatakan bahwa Heechul sakit, para pengkritik mereka tidak menerima penjelasan ini. Mereka berpendapat bahwa karena band ini berisi tiga belas anggota, salah satu penyanyi seharusnya tidak memerlukan lipsynching oleh seluruh kelompok. Walaupun demikian, mereka masih tetap populer melalui basis penggemar yang besar dan penjualan album mereka telah kuat. Untuk meringankan kritik, Super Junior kinerja pertama “Don’t Don,” timah satu dari kelompok album kedua, adalah hidup dan tidak lipsynched. Dari tiga puluh enam lagu-lagu yang dilakukan pada kelompok live pertama tur konser, Super Show, hanya enam lagu yang lipsynched, suatu prestasi yang diterima ulasan positif. Beberapa anggota juga telah melakukan versi acapela lagu mereka.

Diskografi

Album

Lagu

Posisi album chart

Tahun Judul Posisi chart
SK TH TW
2005 SuperJunior05 (TWINS) 3 - -
2007 Don’t Don 1 1 1

Posisi lagu chart

Tahun Judul Posisi chart
SK TH TW
2005 TWINS (Knock Out) 5 - -
Show Me Your Love 1 8 -
2006 U 1 1 2

EPs






Rabu, 04 Agustus 2010


polling^^



langsung aja, polling ini dari tvN Newton sekitar tanggal 26 Juli sampai 1 Agustus… dipilih 50% dari komite grup yang diseleksi, 30% dari polling internet, dan 20% dari sms… kategorinya dari 20 grup idola laki-laki dan perempuan yang udah dipilih dari pihak televisinya dan ini hasilnya
Boyband yang terpilih dari 8 besar…
  1. DBSK (12199)
  2. Big Bang (12176)
  3. H.O.T. (6654)
  4. 2PM (4878)
  5. Super Junior (4322)
  6. SS501 (4292)
  7. MBLAQ (4265)
  8. god (4128)
Girlband :
  1. SNSD (8828)
  2. Fin.K.L (6447)
  3. 2NE1 (5748)
  4. Wonder Girls (5073)
  5. S.E.S (3553)
  6. KARA (2338)
  7. Brown Eyed Girls (1768)
  8. Jewelry (1666)
tentunya masih banyak artis-artis bertalenta lain yang nggak masuk daftar di atas… namanya juga polling…


20 member?? busyet dah... banyak amatt.. melebihi SJ yg hanya 13 member??





Ada rumor yang berkembang mengatakan bahwa, akan ada boy band baru yang mempunyai jumlah member yang lebih banyak dari Super Junior.
nama untuk Boy Band baru itu adlah... ’20star’.
Ada 16 anggota, tetapi sekarang sudah dikonfirmasi bahwa ternyata membernya 20 orang...*banyak banget yah???* Boy Band ’20star’ berasal dari  TGN Entertaiment, dan rumor mengatakan bahwa mereka akan debut pada sekitar bulan Agustus 2010.
Leader band ini adalah A-Run, dan anggota sisanya adalah: Seung-tae, Shin-ho, Sang-min, Hwan, Hong-vlin, Jae-yoon, Dae-young, Luie, Dong-kyu, Ricky, Xeno (Maknae), Ryan, SingSong, dan Do-won.
Berikut ini adalah beberapa foto-foto dengan keterangan nama-nama mereka dan tanggal ulang tahun mereka.


Fans mengatakan bahwa mereka butuh waktu yang lama untuk menghafal nama-nama anggota SuJu’s (Super Junior), jadi berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi para fans untuk menghafal nama anggota 20star’s?

—————————————————————————————–

Dan inilah isi dari pesan TGN Entertaiment:

————————————————————————————————
저희 20star는 20명이 데뷔하는 프로젝트 기획그룹이며, 차후 유닛활동으로 나누어서 활동하는 시스템으로 운영됩니다. 현재 멤버는 18명이 확정되어 연습중에 있습니다. 그리고 많은 분들이 질문해주시는데 노태풍군은 개인사정으로 잠시 팀을 탈퇴한 상태며 , 지금 회사와 차후 활동에 대한 논의중입니다. 20star멤버로 활동을 하게 될지는 아직 확정된바 없으니,자세한 공지가 나오기 전까지는 조금만 양해 부탁드릴게요. 아직 멤버소개에는 모든멤버가 소개되어있지 않습니다. 조만간 올려드리겠습니다
———————————————————————————————–
Translate to Bahasa:
———————————————————————————————–
’20Star’ direncanakan untuk debut dengan 20 Member, dan semua kegiatan pada masa mendatang akan dilakukan dalam suatu group. Saat ini, baru ada 18 member yang sudah dikonfirmasi sebagai member ’20Star’, dan mereka sedang berlatih dengan keras sekarang. Dan untuk semua pertanyaan yang kami terima mengenai ‘No Typhoon’, dia tidak akan debut sebagai member ’20Star’, dan sekarang dia telah meninggalkan group  karena alasan pribadi. Management saat ini sedang memutuskan tentang kegiatannya di masa depan, dan sampai sekarang, rencana tersebut masih dipikirkan. Harap bersabar sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Saat ini, tidak semua member telah diperkenalkan, tetapi cepat atau lambat, mereka akan segera diperkenalkan.
————————————————————————————————






courtesy of dkpopnews
Translated by: skipfire @ with20star ★
Re-Translated by a1b2c3

Minggu, 04 Juli 2010


Tae Yeon SNSD dipilih sebagai idola yg paling diantisipasi 'berbagai MC'



SNSD Taeyeon terpilih menjadi idola nomor 1 yang paling dinantikan sebagai MC di variety show.
pada situs komunitas DC Inside, sebuah survey diadakan dari 22-29 Juni, dan pertanyaan nya adalah siapakah yang paling dinantikan sebagai MC variety show. dari total 29.151 orang, sekitar 28.5%(8319) memilih SNSD Taeyeon.
mereka memilih Taeyeon karena gaya bicara nya yang bagus ketika melakukan pekerjaan sebagai MC ataupun DJ radio, seperti di chin chin radio dan sekrang aktif sebagai MC di KBS Win Win. sementara diurutan kedua, ada Super Junior Leeteuk dengan 24.4%(7103 orang) yang aktif di acara SBS Strong Heart, Star King, dan sebagainya. ini daftar lengkap nya
1. SNSD TaeYeon – 8319 votes (285%)
2. Super Junior Lee Teuk – 7,103 votes (24.4%)
3. SHINee MinHo – 3879 (13.3%)
4. 2PM WooYoung
5. KARA Goo Hara
source: sookyeong + newsen

Kamis, 17 Juni 2010


Super Junior Choi Siwon bergabung drama 'Athena: Dewi Perang'

Image and video hosting by
 TinyPic
Super Junior Choi Siwon diberitakan akan menjadi salah satu pemeran utama dalam drama mata2 terbaru turunan IRIS –> “Athena: The Goddess of War” yang merupakan produksi skala besar tim drama setelah sukses dengan IRIS.
dia akan bergabung dengan pemeran utama yang sudah kita tahu sebelum nya spt Jung Woo Sung dan Cha Seung Won yang menjadi mata-mata elit. karakter dia adalah Kim Jun Ho, seorang agen mata2 baru dari agen NTS yang bergabung sebagai ahli analis data(jadi dia akan spt orang freak komputer) dan bermimpi memulai karier menjadi mata2. oleh karena itu dia mendekati sunbae Jung Woo(Jung Woo Sung) untuk menjadi mentor nya.
more idol in drama star… dia mendapatkan banyak pujian dari akting nya di drama ‘Oh My Lady’, bahkan mnrt gw dia seorang idola korea yang bisa berakting bahkan sebelum dia bergabung di Super Junior contoh nya di drama ’18 vs 29′. dia punya pesona memimpin di drama Oh My Lady, akan tetapi drama ini akan menjadi tantangan baru di akting nya, jika dia bisa, gw bisa mengatakan dia salah satu anggota grup idola yang punya akting yang bagus.
drama ini akan memulai syuting saat ini di berbagai negara luar spt Eropa dan Jepang, ada spekulasi bahwa kmrn Kim Hyun Joong akan bergabung dalam drama ini, akan tetapi ternyata Siwon terpilih untuk bergabung dengan senior spt Su Ae, Kim Min Jong, Lee Ji Ah, Jung Woo Sung, dan Cha Seung Won.
source: dramabeans



kyaaa...>< siwon, knapa ga maen bareng aku ajja?????


f (x) Sulli, banyak menangis karena SuJu Kim Heechul


Read more: http://koreaprecious.blogspot.com/2010/06/fx-sullihad-cried-lot-because-of-suju.html#ixzz0rA4OIIEj


F (x) Sulli berbicara tentang bagaimana dia menangis karena banyak dari Super Junior Kim HeeChul.
Selama penampilan gadis-gadis 'di Golden MBC Perikanan pada tanggal 16 Juni Sulli mengungkapkan, "Sejak aku masih muda, Kim HeeChul telah dibuat menyenangkan bagi saya banyak. Dia akan menggoda bahwa kaki saya bau, atau datang dan bertanya apakah aku mencuci rambutku. Karena saya masih muda, saya merasa sangat terluka oleh mereka. "
Namun dia menambahkan, "Saya juga penggoda Kim HeeChul. Aku mengoleskan lumpur pada celananya dengan bola berlumpur. "
Sementara itu pada hari menunjukkan topi, Super Junior Kim HeeChul membuat penampilan khusus saat dia film MBC Datang Untuk Play pada saat yang sama juga. Dia berkata, "Tolong kasihi (f x) dongsaengs."

Super Junior’s Heechul and Siwon in Singles

skarang mau bicarain ttg suju ahh, ^^ ini dia britanya...




Super Junior Heechul dan Siwon baru-baru ini berpartisipasi dalam pemotretan dengan majalah Jomblo untuk edisi Juli mereka.
Konsep pemotretan ini adalah dari dua ekstrem seorang tersangka berani dan seorang detektif lembut. Foto-foto tampaknya telah datang langsung dari film, dengan Heechul (tersangka) dan Siwon (detektif) sempurna menggambarkan karakter mereka dalam menembak.
Dalam wawancara itu, keduanya ditanya tentang tipe ideal mereka.
Pertama, Heechul dibandingkan kepribadiannya dengan pedang mengancam dan menyarankan bahwa ia membutuhkan seorang gadis yang seperti selubung, untuk menahannya. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia menyukai seorang gadis yang lembut dan elegan, yang bisa menuntunnya. Sebelum dia tidak peduli apakah seorang gadis muda atau lebih tua, tetapi, setelah melihat semua yunior manis akhir-akhir ini, ia telah bersandar lebih ke arah gadis-gadis muda.
Selanjutnya, Siwon gadis yang ideal digambarkan sebagai seseorang yang positif, dengan mata murni. Adapun calon istrinya, dia berharap untuk seorang gadis yang bisa memahami karir tidak stabil dan dapat tumbuh dan trim keluarga seperti di Ratu Ibu rumah tangga.
Kedua Heechul dan Siwon tampaknya seperti gadis-gadis yang bisa menjaga mereka.

ABOUT SHINee

-Soft Smile Prince Onew-

Hallo? Saya Onew. Nama asliku adalah Lee Jinki, lahir tanggal 14 Desember 1989. Badanku sedikit lebih tinggi dibandingkan saat orang-orang melihatku di TV. Tinggiku 177 cm. Sekarang, aku sekolah di universitas ChungOon, golongan darahku O. Aku mengambil bagian vokal dalam tim. Karena aku yang paling tua, 20 tahun, aku berperan sebagai leader (pemimpin) dalam tim. Aku sudah menjadi trainee (peserta pelatihan) di SM sejak SMA, dan ada banyak nama panggilan di antara para member karena para member sudah bersama-sama sejak lama sebagai trainee. Untukku, aku punya nama panggilan seperti ‘Dubu (tahu)’ atau ‘Only (bahasa Korea: Only-da)’. Untuk Dubu, aku dijuluki seperti itu karena punya wajah putih dan chubby. Tipe perempuan idealku, aku suka seseorang yang punya koneksi perasaan denganku, terakhir kali, aku berfikir Go Hyun Jung cantik, baru-baru ini aku terobsesi dengan Scarlett Johannsen. Aku bersikap biasa saat hari-hari sekolah. Tapi aku adalah seseorang yang suka bercanda dengan teman-teman. Aku juga suka menyanyi. Jadi aku terbiasa untuk selalu pergi ke pertunjukan bakat dan bernyanyi. SHINee sudah 3 tahun sebagai penyanyi di tahun 2010, akan menjadi bagus jika kami bisa tumbuh sebagai group yang cocok dengan sebutan ‘Sunbae’. Ada banyak ‘hoobae’ a.k.a junior group yang bagus-bagus yang keluar misalnya MBLAQ, B2ST dan lain-lain. Aku tidak mau terkejar! **^^

-BlingBling Guy Jonghyun-
Itu adalah nama asliku. Lahir tanggal 8 April 1990. Aku orang kedua tertua dalam tim dengan umur 19 tahun. Aku tertarik dengan bahasa China, menyanyi, menonton film, dan menulis. Walaupun aku tidak punya pacar, aku suka seseorang yang bermuka pucat dengan bibir kemerah-merahan. Yoo In Young sunbae terlihat cantik. Di Hollywood, aku suka yang seperti Olivia Hatse, sangat feminim dan lemah (?).  Aku terlahir sebagai yang paling muda dan punya 1 kakak laki-laki dan 1 kakak perempuan, dan sangat suka menari dan menyanyi sejak kecil. Sekarang aku bersekolah di Universitas DanGook. Aku punya beberapa nama panggilan, misalnya, ‘Lizard’ yang berarti legenda menari, ‘BlingBling’ karena aku suka aksesoris yang bersinar, dan Naughty Jjong (bahasa Korea: Ggap Jjong)’ yang berarti Jonghyun yang selalu nakal (bahasa Korea: Ggabul Ggabul). Aku bergabung dengan SM kira-kira 3 tahun lalu aku belajar vokal, menari, dan walaupun terbatas, satu per satu. Di SM, mereka mempunyai prinsip yang sangat serius, jadi aku sudah menjadi seorang trainee untuk waktu yang cukup lama. Ketika timnya diputuskan, kami datang bersama dan mencocokkan warna kami dan memproduksi musik. Akhir-akhir ini, aku memimpikan pergi jauh untuk liburan ke New York atau Hawaii dan lain sebagainya karena para member punya banyak schedule. Rumah adalah tempat terbaik bagiku. Jika aku punya waktu libur 1 minggu? Aku akan makan sup dan nasi yang dibuat ibuku dan beristirahat.

-SHINee’s Almighty Key-
Nama asliku adalah Kim Kibum. Namaku sama dengan member Super Junior, Kim Kibum sunbae, selama sekolah aku sudah sering dipanggil ‘KEY’, mengambil ‘ki’ dari kibum. Lahir tanggal 23 September 1991, dan kota kelahiranku adalah Daegu. Tinggiku adalah 177 cm sama seperti Onew hyung. Tipe perempuan idealku sedikit unik~aku tidak peduli apa yang orang lain mungkin pikirkan, hanya saja seluruh perasaan penting di mataku(??) (maksudnya, apa yang dia lihat itu lebih penting). Di Hollywood, bintang, aku suka Anna Sophia Rob. Aku juga punya banyak nama panggilan~ ‘Almighty Key’, ‘Pinky’, dan ‘Umma (a.k.a ibu)’ karena aku merawat para member. Aku bisa rap dan berbicara bahasa China, belajar di Daegu YoungSinGo. Aku ingin punya kehidupan sekolah yang normal seperti teman-temanku tapi karena schedule dan aktivitas-aktivitas, aku tidak bisa mengikuti pelajaran dengan tepat. Sementara menyanyikan “RingDingDong”, aku terobsesi dengan designer Amerika, pakaian-pakaian Mark Jacob, dan mencintai mereka. Walaupun aku sedang mengkhawatirkan tentang mencerna keberanian dan cetakan yang kuat, justru menjadi radikal dan mencoba untuk jadi menarik/lebih diperhatikan daripada yang lain, tidakkah kalian berfikir bahwa ini adalah gaya SHINee yang ‘berani lebih dari yang diharapkan.’ (kayaknya mereka udah dikomplain orang lain karena pake baju yang unik)

-Flaming Charisma Minho-
Aku ‘Flaming Charisma (bahasa Korea: BulKa, kependekan dari Flaming Charisma)’ dipanggil Minho. Aku juga punya nama panggilan misalnya, ‘Kura-kura (bahasa Korea: Ggobuk e)’ dan ‘MinKap’  karena aku melakukan sesuatu dengan lambat seperti kura-kura. Lahir tanggal 9 Desember 1991, ayahku adalah seorang pelatih sepak bola, Cho Yun Gyeom. Aku belajar di GunDae BuSok High School. Tidak mudah untuk berbicara tapi aku cukup bagus dalam mendengarkan bahasa China. Aku seperti ayahku, jadi aku bagus di kedua hal sepak bola dan basket. Pada dasarnya aku suka seorang teman yang punya ketertarikan yang sama sepertiku, untuk lebih spesifik, aku suka perempuan yang kalem dan baik yang terlihat bagus dengan baju terusan dan berambut panjang. Jika aku harus memilih sunbae artis, aku suka Kim TaeHee sunbae-nim yang punya gaya elegan. Aku berharap mendapatkan pacar tahun depan. Walaupun aku punya badan tinggi, 181 cm, aku berharap untuk tumbuh 2 cm lebih tinggi karena masa pertumbuhanku belum berhenti. Akhir-akhir ini, film bagus yang aku liat adalah ‘District 9′ dan ‘Vantage Point’. Keduanya memiliki genre yang berbeda tapi aku memilih pekerjaan baru dengan visi dan radial yang berbeda. Jika aku tidak menjadi seorang penyanyi, aku akan mearuh ketertarikan lebih dalam olahraga dan menjadi seorang pemain sepak bola atau pemain basket.

-Cutie Youngest Taemin-
Aku yang paling muda, Taemin. Aku punya lebih banyak fans perempuan yang lebih tua. Lahir tanggal 18 Juli 1993, dan belajar di Seoul Chung Dam High School kelas 1. Sebelum debut, aku sudah populer untuk ‘penari terbaik (bahasa Korea: Chom Jjang)’ di Chung Dam Dong (kayaknya tempat kelahirannya, kalo nggak ya sekolahnya mungkin). Aku hanya 170 cm jadi aku selalu minum susu sedikitnya 1 liter setiap hari saat latihan. Aku meminum 1000 ml pack susu, kadang-kadang para member menggodaku dengan mengatakan,”Si maknae harus pergi ke ibunya dan mendapat lebih banyak susu.” Aku punya nama panggilan, misalnya, ‘The Youngest (bahasa Korea: mak deng ee)’, ‘Taemni’, dan ‘Powerful Taem (bahasa Korea: BarkReuk Taem)’~ Tipe perempuan idealku adalah seseorang seperti Emma Watson atau Song HaeGyo yang memiliki image baik dan penampilan cute.

COAGULATION Super Junior - K.R.Y

BIOGRAFI KIM KI BUMSUPER JUNIOR

Nama asli : Kim Ki Bum
Date of Birth : 21 Agustus 1987
Tinggi/berat : 179 cm/63 kg
Golongan daran : A
Saudara : 1 yeodongsaeng,  Kim Sei Hee
Kibum ditemukan SM pada 2002 SM Starlight Casting System tahun 2002. Kibum adalah seorang aktor, penyanyi dan tentu saja member boy band Super Junior. Dia memulai debutnya dengan main di K Drama April Kiss tahun 2004.
Kibum lahir di Seoul, Korea Selatan. Dia mempunyai adik perempuan yang bernama Kim Sei Hee dan dia mempunyai saudara sepupu di Florida, California, Atlanta dan New Jersey. Salah satu sepupunya adalah aktor terkenal dan seorang model, Shin Dongwook. Oh iya, dia pernah tinggal di New York lhoo.. Tapi, dia tinggal di kota/desa Korea. Jadi dia tidak terlalu sering berbicara dengan bahasa Inggris (SBS YSMM).
Tahun 2002, dia ditemukan oleh agen bakat dari Korea Selatan dan disarankan untuk audisi Starlight Casting System, yang diadakan oleh agensi terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment, yang juga menaungi artis-artis pop Korea seperti BoA dan TVXQ. Kibum dengan cepat dikontrak oleh SM Entertainment dan menjadi peserta pelatihan resmi mereka, yang dilatih di bidang menyanyi, akting, menari, dan lain-lain. Kibum sangat tertarik di bidang akting, karenanya dia adalah seorang aktor yang hebat ^^. Meskipun ia tinggal di Seoul pada waktu itu, ia selalu kembali ke Los Angeles untuk mengunjungi keluarganya.
Pada tahun 2009 Super Junior merilis album ketiga, ‘Sorry, Sorry’. Selama promosi untuk single pertama, “Sorry, Sorry”, Kibum tidak hadir dan menimbulkan spekulasi bahwa ia meninggalkan Super Junior. SM Entertainment serta seluruh anggota band menyangkal hal ini. Ketika Super Junior merilis single kedua, “It’s You”, Kibum sudah jelas tidak ada lagi dari semua promosi. SM akhirnya mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa Kibum sedang sibuk dengan proyek solo, dan kembali menegaskan ia akan absen dari kegiatan promosi karena perjanjian sebelumnya, dan bahwa ia tidak meninggalkan Super Junior. Itu kemudian menegaskan bahwa Kibum tidak akan muncul di Tur Super Junior (Juli 2009), “The Super Show II” karena cedera kaki, yang menyebabkan Kibum harus beristirahat selama 6 minggu dari kegiatan yang berat.
Filmography
1. Ghost (2010), sebagai Ghost
2. Attacked on the Pin-Up Boys (2007),  sebagai dirinya sendiri
Drama Televisi
1. Chunja’s Happy Events 춘자네 경사났네 (2010), MBC, sebagai Park Jungwoo
2. Snow Flower 눈꽃 (2006), SBS, sebagai Ha Yeongchan
3. Rainbow Romance 레인보우 로망스 (2005), MBC, sebagai Kim Kibum
4. Marrying a Millionaire 백만장자와 결혼하기 (2005), SBS, sebagai Kim Younghoon muda
5. Sharp 2 반올림2 (2005), KBS, sebagai Joo Yuhmyoung
6. April Kiss 4월의 키스 (2004), KBS, sebagai Han Jungwoo muda

BIOGRAFI CHOI SIWON SUJU


Choi Si Won (Aktor)
Choi Si Won adalah seorang aktor, penyanyi, dan model asal Korea. Ia merupakan anggota boyband populer Korea, Super Junior atau sering disingkat SuJu. Aktor kelahiran 10 Februari 1987 ini juga membintangi drama bersama aktris senior yang sudah malang-melintang di berbagai judul serial Korea, Chae Rim dalam Oh! My Lady yang segera tayang di slot Drama Asia Indosiar.
Dalam drama Oh! My Lady Choi Si Won didapuk untuk memerankan sosok idola Korea yang terkenal. Sementara Chae Rim memerankan karakter wanita seorang ibu rumah tangga berusia 31 tahun yang menjadi manajer karakter tokoh yang diperankan Si Won agar bisa mendapatkan banyak uang demi mengambil hak asuh anak dari mantan suaminya.
Penampilan maskulin Si Won di Oh! My Lady yang tayang perdana pada 22 Maret 2010 lalu di Korea membuat para fans cewek heboh, menjerit-jerit karena Si Won memamerkan body-nya yang oke.
Drama Oh! My Lady ini mendapat sambutan heboh dari pecinta serial Korea, khususnya dari kalangan hawa.

Bersama Chae Rim, Choi Si Won dalam drama Oh! My Lady
Choi Si Won seorang model


Choi Si Won (Model Spao)

Biodata Choi Si Won

  • Nama Lengkap: 최시원 / Choi Si Won
  • Nama Panggilan: Simba
  • Profesi: aktor, penyanyi, dan model
  • Tanggal Lahir: 10 Februari 1987
  • Tinggi Badan: 183 Cm
  • Berat Badan: 67 Kg (tentatif)
  • Golongan darah: B
  • Agensi: SM Entertainment

Sinetron

  • Athena: Goddess of War (SBS, 2010)
  • Oh! My Lady (SBS, 2010)
  • Legend of Hyang Dan (MBC, 2007)
  • Spring Waltz (KBS, 2006)
  • 18 vs. 29 (KBS, 2005)
  • Precious Family (KBS2, 2004)
  • Parent’s Approval (KBS)
  • Charnel Boy (KBS)

Film

  • Attack on the Pin-Up Boys (2007)
  • Battle of Wits (2006)
  • Charmel Boy (2005)

Iklan

  • Elite Uniforms
  • Seoul Milk
  • Black Jacket
  • 12 Plus

Serba-Serbi Choi Si Won

  • Pendidikan: Hyun Dae High School, Inha University (Physical Education Arts Department)
  • Bahasa yang dikuasai: Korea, Mandarin dan Bahasa Inggris
  • Hobi: Taekwondo, bermain drums, bermain di depan komputer.
  • Agama: Kristen Protestan
  • Kasting: Starlight Casting System (2003)
  • grup KPOP: Super Junior, Super Junior-M

BIOGRAFI DRS. MOH. HATTA

Biografi Mohammad Hatta

Mohammad Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Di kota kecil yang indah inilah Bung Hatta dibesarkan di lingkungan keluarga ibunya. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggal ketika Hatta berusia delapan bulan. Dari ibunya, Hatta memiliki enam saudara perempuan. Ia adalah anak laki-laki satu-satunya. Sejak duduk di MULO di kota Padang, ia telah tertarik pada pergerakan. Sejak tahun 1916, timbul perkumpulan-perkumpulan pemuda seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Minahasa. dan Jong Ambon. Hatta masuk ke perkumpulan Jong Sumatranen Bond.


Sebagai bendahara Jong Sumatranen Bond, ia menyadari pentingnya arti keuangan bagi hidupnya perkumpulan. Tetapi sumber keuangan baik dari iuran anggota maupun dari sumbangan luar hanya mungkin lancar kalau para anggotanya mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin. Rasa tanggung jawab dan disiplin selanjutnya menjadi ciri khas sifat-sifat Mohammad Hatta.

Masa Studi di Negeri Belanda
Pada tahun 1921 Hatta tiba di Negeri Belanda untuk belajar pada Handels Hoge School di Rotterdam. Ia mendaftar sebagai anggota Indische Vereniging. Tahun 1922, perkumpulan ini berganti nama menjadi Indonesische Vereniging. Perkumpulan yang menolak bekerja sama dengan Belanda itu kemudian berganti nama lagi menjadi Perhimpunan Indonesia (PI).

Hatta juga mengusahakan agar majalah perkumpulan, Hindia Poetra, terbit secara teratur sebagai dasar pengikat antaranggota. Pada tahun 1924 majalah ini berganti nama menjadi Indonesia Merdeka.

Hatta lulus dalam ujian handels economie (ekonomi perdagangan) pada tahun 1923. Semula dia bermaksud menempuh ujian doctoral di bidang ilmu ekonomi pada akhir tahun 1925. Karena itu pada tahun 1924 dia non-aktif dalam PI. Tetapi waktu itu dibuka jurusan baru, yaitu hukum negara dan hukum administratif. Hatta pun memasuki jurusan itu terdorong oleh minatnya yang besar di bidang politik.

Perpanjangan rencana studinya itu memungkinkan Hatta terpilih menjadi Ketua PI pada tanggal 17 Januari 1926. Pada kesempatan itu, ia mengucapkan pidato inaugurasi yang berjudul "Economische Wereldbouw en Machtstegenstellingen"--Struktur Ekonomi Dunia dan Pertentangan kekuasaan. Dia mencoba menganalisis struktur ekonomi dunia dan berdasarkan itu, menunjuk landasan kebijaksanaan non-kooperatif.

Sejak tahun 1926 sampai 1930, berturut-turut Hatta dipilih menjadi Ketua PI. Di bawah kepemimpinannya, PI berkembang dari perkumpulan mahasiswa biasa menjadi organisasi politik yang mempengaruhi jalannya politik rakyat di Indonesia. Sehingga akhirnya diakui oleh Pemufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPI) PI sebagai pos depan dari pergerakan nasional yang berada di Eropa.

PI melakukan propaganda aktif di luar negeri Belanda. Hampir setiap kongres intemasional di Eropa dimasukinya, dan menerima perkumpulan ini. Selama itu, hampir selalu Hatta sendiri yang memimpin delegasi.

Pada tahun 1926, dengan tujuan memperkenalkan nama "Indonesia", Hatta memimpin delegasi ke Kongres Demokrasi Intemasional untuk Perdamaian di Bierville, Prancis. Tanpa banyak oposisi, "Indonesia" secara resmi diakui oleh kongres. Nama "Indonesia" untuk menyebutkan wilayah Hindia Belanda ketika itu telah benar-benar dikenal kalangan organisasi-organisasi internasional.

Hatta dan pergerakan nasional Indonesia mendapat pengalaman penting di Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Kolonial, suatu kongres internasional yang diadakan di Brussels tanggal 10-15 Pebruari 1927. Di kongres ini Hatta berkenalan dengan pemimpin-pemimpin pergerakan buruh seperti G. Ledebour dan Edo Fimmen, serta tokoh-tokoh yang kemudian menjadi negarawan-negarawan di Asia dan Afrika seperti Jawaharlal Nehru (India), Hafiz Ramadhan Bey (Mesir), dan Senghor (Afrika). Persahabatan pribadinya dengan Nehru mulai dirintis sejak saat itu.

Pada tahun 1927 itu pula, Hatta dan Nehru diundang untuk memberikan ceramah bagi "Liga Wanita Internasional untuk Perdamaian dan Kebebasan" di Gland, Swiss. Judul ceramah Hatta L 'Indonesie et son Probleme de I' Independence (Indonesia dan Persoalan Kemerdekaan).

Bersama dengan Nazir St. Pamontjak, Ali Sastroamidjojo, dan Abdul Madjid Djojoadiningrat, Hatta dipenjara selama lima setengah bulan. Pada tanggal 22 Maret 1928, mahkamah pengadilan di Den Haag membebaskan keempatnya dari segala tuduhan. Dalam sidang yang bersejarah itu, Hatta mengemukakan pidato pembelaan yang mengagumkan, yang kemudian diterbitkan sebagai brosur dengan nama "Indonesia Vrij", dan kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai buku dengan judul Indonesia Merdeka.

Antara tahun 1930-1931, Hatta memusatkan diri kepada studinya serta penulisan karangan untuk majalah Daulat Ra‘jat dan kadang-kadang De Socialist. Ia merencanakan untuk mengakhiri studinya pada pertengahan tahun 1932.

Kembali ke Tanah Air
Pada bulan Juli 1932, Hatta berhasil menyelesaikan studinya di Negeri Belanda dan sebulan kemudian ia tiba di Jakarta. Antara akhir tahun 1932 dan 1933, kesibukan utama Hatta adalah menulis berbagai artikel politik dan ekonomi untuk Daulat Ra’jat dan melakukan berbagai kegiatan politik, terutama pendidikan kader-kader politik pada Partai Pendidikan Nasional Indonesia. Prinsip non-kooperasi selalu ditekankan kepada kader-kadernya.

Reaksi Hatta yang keras terhadap sikap Soekarno sehubungan dengan penahannya oleh Pemerintah Kolonial Belanda, yang berakhir dengan pembuangan Soekarno ke Ende, Flores, terlihat pada tulisan-tulisannya di Daulat Ra’jat, yang berjudul "Soekarno Ditahan" (10 Agustus 1933), "Tragedi Soekarno" (30 Nopember 1933), dan "Sikap Pemimpin" (10 Desember 1933).

Pada bulan Pebruari 1934, setelah Soekarno dibuang ke Ende, Pemerintah Kolonial Belanda mengalihkan perhatiannya kepada Partai Pendidikan Nasional Indonesia. Para pimpinan Partai Pendidikan Nasional Indonesia ditahan dan kemudian dibuang ke Boven Digoel. Seluruhnya berjumlah tujuh orang. Dari kantor Jakarta adalah Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, dan Bondan. Dari kantor Bandung: Maskun Sumadiredja, Burhanuddin, Soeka, dan Murwoto. Sebelum ke Digoel, mereka dipenjara selama hampir setahun di penjara Glodok dan Cipinang, Jakarta. Di penjara Glodok, Hatta menulis buku berjudul “Krisis Ekonomi dan Kapitalisme”.

Masa Pembuangan
Pada bulan Januari 1935, Hatta dan kawan-kawannya tiba di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Kepala pemerintahan di sana, Kapten van Langen, menawarkan dua pilihan: bekerja untuk pemerintahan kolonial dengan upah 40 sen sehari dengan harapan nanti akan dikirim pulang ke daerah asal, atau menjadi buangan dengan menerima bahan makanan in natura, dengan tiada harapan akan dipulangkan ke daerah asal. Hatta menjawab, bila dia mau bekerja untuk pemerintah kolonial waktu dia masih di Jakarta, pasti telah menjadi orang besar dengan gaji besar pula. Maka tak perlulah dia ke Tanah Merah untuk menjadi kuli dengan gaji 40 sen sehari.

Dalam pembuangan, Hatta secara teratur menulis artikel-artikel untuk surat kabar Pemandangan. Honorariumnya cukup untuk biaya hidup di Tanah Merah dan dia dapat pula membantu kawan-kawannya. Rumahnya di Digoel dipenuhi oleh buku-bukunya yang khusus dibawa dari Jakarta sebanyak 16 peti. Dengan demikian, Hatta mempunyai cukup banyak bahan untuk memberikan pelajaran kepada kawan-kawannya di pembuangan mengenai ilmu ekonomi, sejarah, dan filsafat. Kumpulan bahan-bahan pelajaran itu di kemudian hari dibukukan dengan judul-judul antara lain, "Pengantar ke Jalan llmu dan Pengetahuan" dan "Alam Pikiran Yunani." (empat jilid).

Pada bulan Desember 1935, Kapten Wiarda, pengganti van Langen, memberitahukan bahwa tempat pembuangan Hatta dan Sjahrir dipindah ke Bandaneira. Pada Januari 1936 keduanya berangkat ke Bandaneira. Mereka bertemu Dr. Tjipto Mangunkusumo dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Di Bandaneira, Hatta dan Sjahrir dapat bergaul bebas dengan penduduk setempat dan memberi pelajaran kepada anak-anak setempat dalam bidang sejarah, tatabuku, politik, dan lain-Iain.

Kembali Ke Jawa: Masa Pendudukan Jepang
Pada tanggal 3 Pebruari 1942, Hatta dan Sjahrir dibawa ke Sukabumi. Pada tanggal 9 Maret 1942, Pemerintah Hindia Belanda menyerah kepada Jepang, dan pada tanggal 22 Maret 1942 Hatta dan Sjahrir dibawa ke Jakarta.

Pada masa pendudukan Jepang, Hatta diminta untuk bekerja sama sebagai penasehat. Hatta mengatakan tentang cita-cita bangsa Indonesia untuk merdeka, dan dia bertanya, apakah Jepang akan menjajah Indonesia? Kepala pemerintahan harian sementara, Mayor Jenderal Harada. menjawab bahwa Jepang tidak akan menjajah. Namun Hatta mengetahui, bahwa Kemerdekaan Indonesia dalam pemahaman Jepang berbeda dengan pengertiannya sendiri. Pengakuan Indonesia Merdeka oleh Jepang perlu bagi Hatta sebagai senjata terhadap Sekutu kelak. Bila Jepang yang fasis itu mau mengakui, apakah sekutu yang demokratis tidak akan mau? Karena itulah maka Jepang selalu didesaknya untuk memberi pengakuan tersebut, yang baru diperoleh pada bulan September 1944.

Selama masa pendudukan Jepang, Hatta tidak banyak bicara. Namun pidato yang diucapkan di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Merdeka) pada tanggaI 8 Desember 1942 menggemparkan banyak kalangan. Ia mengatakan, “Indonesia terlepas dari penjajahan imperialisme Belanda. Dan oleh karena itu ia tak ingin menjadi jajahan kembali. Tua dan muda merasakan ini setajam-tajamnya. Bagi pemuda Indonesia, ia Iebih suka melihat Indonesia tenggelam ke dalam lautan daripada mempunyainya sebagai jajahan orang kembali."

Proklamasi
Pada awal Agustus 1945, Panitia Penyidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia diganti dengan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, dengan Soekamo sebagai Ketua dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Ketua. Anggotanya terdiri dari wakil-wakil daerah di seluruh Indonesia, sembilan dari Pulau Jawa dan dua belas orang dari luar Pulau Jawa.

Pada tanggal 16 Agustus 1945 malam, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mempersiapkan proklamasi dalam rapat di rumah Admiral Maeda (JI Imam Bonjol, sekarang), yang berakhir pada pukul 03.00 pagi keesokan harinya. Panitia kecil yang terdiri dari 5 orang, yaitu Soekamo, Hatta, Soebardjo, Soekarni, dan Sayuti Malik memisahkan diri ke suatu ruangan untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan. Soekarno meminta Hatta menyusun teks proklamasi yang ringkas. Hatta menyarankan agar Soekarno yang menuliskan kata-kata yang didiktekannya. Setelah pekerjaan itu selesai. mereka membawanya ke ruang tengah, tempat para anggota lainnya menanti.

Soekarni mengusulkan agar naskah proklamasi tersebut ditandatangi oleh dua orang saja, Soekarno dan Mohammad Hatta. Semua yang hadir menyambut dengan bertepuk tangan riuh.
Tangal 17 Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia, tepat pada jam 10.00 pagi di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta.

Tanggal 18 Agustus 1945, Ir Soekarno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Mohammad Hatta diangkat menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia. Soekardjo Wijopranoto mengemukakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden harus merupakan satu dwitunggal.

Periode Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Indonesia harus mempertahankan kemerdekaannya dari usaha Pemerintah Belanda yang ingin menjajah kembali. Pemerintah Republik Indonesia pindah dari Jakarta ke Yogyakarta. Dua kali perundingan dengan Belanda menghasilkan Perjanjian Linggarjati dan Perjanjian Reville, tetapi selalu berakhir dengan kegagalan akibat kecurangan pihak Belanda.

Untuk mencari dukungan luar negeri, pada Juli I947, Bung Hatta pergi ke India menemui Jawaharlal Nehru dan Mahatma Gandhi. dengan menyamar sebagai kopilot bernama Abdullah (Pilot pesawat adalah Biju Patnaik yang kemudian menjadi Menteri Baja India di masa Pemerintah Perdana Menteri Morarji Desai). Nehru berjanji, India dapat membantu Indonesia dengan protes dan resolusi kepada PBB agar Belanda dihukum.

Kesukaran dan ancaman yang dihadapi silih berganti. September 1948 PKI melakukan pemberontakan. 19 Desember 1948, Belanda kembali melancarkan agresi kedua. Presiden dan Wapres ditawan dan diasingkan ke Bangka. Namun perjuangan Rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan terus berkobar di mana-mana. Panglima Besar Soediman melanjutkan memimpin perjuangan bersenjata.

Pada tanggal 27 Desember 1949 di Den Haag, Bung Hatta yang mengetuai Delegasi Indonesia dalam Konperensi Meja Bundar untuk menerima pengakuan kedaulatan Indonesia dari Ratu Juliana.

Bung Hatta juga menjadi Perdana Menteri waktu Negara Republik Indonesia Serikat berdiri. Selanjutnya setelah RIS menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bung Hatta kembali menjadi Wakil Presiden.

Periode Tahun 1950-1956
Selama menjadi Wakil Presiden, Bung Hatta tetap aktif memberikan ceramah-ceramah di berbagai lembaga pendidikan tinggi. Dia juga tetap menulis berbagai karangan dan buku-buku ilmiah di bidang ekonomi dan koperasi. Dia juga aktif membimbing gerakan koperasi untuk melaksanakan cita-cita dalam konsepsi ekonominya. Tanggal 12 Juli 1951, Bung Hatta mengucapkan pidato radio untuk menyambut Hari Koperasi di Indonesia. Karena besamya aktivitas Bung Hatta dalam gerakan koperasi, maka pada tanggal 17 Juli 1953 dia diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada Kongres Koperasi Indonesia di Bandung. Pikiran-pikiran Bung Hatta mengenai koperasi antara lain dituangkan dalam bukunya yang berjudul Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun (1971).

Pada tahun 1955, Bung Hatta mengumumkan bahwa apabila parlemen dan konsituante pilihan rakyat sudah terbentuk, ia akan mengundurkan diri sebagai Wakil Presiden. Niatnya untuk mengundurkan diri itu diberitahukannya melalui sepucuk surat kepada ketua Perlemen, Mr. Sartono. Tembusan surat dikirimkan kepada Presiden Soekarno. Setelah Konstituante dibuka secara resmi oleh Presiden, Wakil Presiden Hatta mengemukakan kepada Ketua Parlemen bahwa pada tanggal l Desember 1956 ia akan meletakkan jabatannya sebagai Wakil Presiden RI. Presiden Soekarno berusaha mencegahnya, tetapi Bung Hatta tetap pada pendiriannya.

Pada tangal 27 Nopember 1956, ia memperoleh gelar kehormatan akademis yaitu Doctor Honoris Causa dalam ilmu hukum dari Universitas Gajah Mada di Yoyakarta. Pada kesempatan itu, Bung Hatta mengucapkan pidato pengukuhan yang berjudul “Lampau dan Datang”.

Sesudah Bung Hatta meletakkan jabatannya sebagai Wakil Presiden RI, beberapa gelar akademis juga diperolehnya dari berbagai perguruan tinggi. Universitas Padjadjaran di Bandung mengukuhkan Bung Hatta sebagai guru besar dalam ilmu politik perekonomian. Universitas Hasanuddin di Ujung Pandang memberikan gelar Doctor Honoris Causa dalam bidang Ekonomi. Universitas Indonesia memberikan gelar Doctor Honoris Causa di bidang ilmu hukum. Pidato pengukuhan Bung Hatta berjudul “Menuju Negara Hukum”.

Pada tahun 1960 Bung Hatta menulis "Demokrasi Kita" dalam majalah Pandji Masyarakat. Sebuah tulisan yang terkenal karena menonjolkan pandangan dan pikiran Bung Hatta mengenai perkembangan demokrasi di Indonesia waktu itu.

Dalam masa pemerintahan Orde Baru, Bung Hatta lebih merupakan negarawan sesepuh bagi bangsanya daripada seorang politikus.

Hatta menikah dengan Rahmi Rachim pada tanggal l8 Nopember 1945 di desa Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Mereka mempunyai tiga orang putri, yaitu Meutia Farida, Gemala Rabi'ah, dan Halida Nuriah. Dua orang putrinya yang tertua telah menikah. Yang pertama dengan Dr. Sri-Edi Swasono dan yang kedua dengan Drs. Mohammad Chalil Baridjambek. Hatta sempat menyaksikan kelahiran dua cucunya, yaitu Sri Juwita Hanum Swasono dan Mohamad Athar Baridjambek.

Pada tanggal 15 Agustus 1972, Presiden Soeharto menyampaikan kepada Bung Hatta anugerah negara berupa Tanda Kehormatan tertinggi "Bintang Republik Indonesia Kelas I" pada suatu upacara kenegaraan di Istana Negara.
Bung Hatta, Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, wafat pada tanggal 14 Maret 1980 di Rumah Sakit Dr Tjipto Mangunkusumo, Jakarta, pada usia 77 tahun dan dikebumikan di TPU Tanah Kusir pada tanggal 15 Maret 1980.

Berikut Biodata dari Mohammad Hatta

Nama : Dr. Mohammad Hatta (Bung Hatta)

Lahir : Bukittinggi, 12 Agustus 1902

Wafat : Jakarta, 14 Maret 1980

Istri : (Alm.) Rahmi Rachim

Anak :

* Meutia Farida
* Gemala
* Halida Nuriah

Gelar Pahlawan : Pahlawan Proklamator RI tahun 1986

Pendidikan :

* Europese Largere School (ELS) di Bukittinggi (1916)
* Meer Uirgebreid Lagere School (MULO) di Padang (1919)
* Handel Middlebare School (Sekolah Menengah Dagang), Jakarta (1921)
* Gelar Drs dari Nederland Handelshogeschool, Rotterdam, Belanda (1932)

Karir :

* Bendahara Jong Sumatranen Bond, Padang (1916-1919)
* Bendahara Jong Sumatranen Bond, Jakarta (1920-1921)
* Ketua Perhimpunan Indonesia di Belanda (1925-1930)
* Wakil delegasi Indonesia dalam gerakan Liga Melawan Imperialisme dan Penjajahan, Berlin (1927-1931)
* Ketua Panitia (PNI Baru) Pendidikan Nasional Indonesia (1934-1935)
* Kepala Kantor Penasihat pada pemerintah Bala Tentara Jepang (April 1942)
* Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (Mei 1945)
* Wakil Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (7 Agustus 1945)
* Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus 1945)
* Wakil Presiden Republik Indonesia pertama (18 Agustus 1945)
* Wakil Presiden merangkap Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan (Januari 1948 - Desember 1949)
* Ketua Delegasi Indonesia pada Konferensi Meja Bundar di Den Haag dan menerima penyerahan kedaulatan dari Ratu Juliana (1949)
* Wakil Presiden merangkap Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Kabinet Republik Indonesia Serikat (Desember 1949 - Agustus 1950)
* Dosen di Sesko Angkatan Darat, Bandung (1951-1961)
* Dosen di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta (1954-1959)
* Penasihat Presiden dan Penasihat Komisi IV tentang masalah korupsi (1969)
* Ketua Panitia Lima yang bertugas memberikan perumusan penafsiran mengenai Pancasila (1975)