Social Icons

Senin, 31 Desember 2012

Artikel : Inti Dari Akhlak Nabi Muhammad S.A.W

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
 Thanks For Visit My Blog


INTI DARI AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW

        

Assalamu’alaykum teman-teman.                                                                                                     
Kamu pasti tahu Nabi Muhammad bukan? Tapi, apakah kamu tahu bagaimana akhlak nabi? Nah, untuk itu kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai akhlak dari Nabi Muhammad SAW.

         Beliau SAW adalah seorang manusia yang memiliki sifat-sifat yang tetap dan berakhlak sederhana. Tidak berwatak kasar dan kaku serta tidak suka berteriak di pasar. Beliau SAW seorang yang murah senyum, jauh dari sifat marah dan cepat untuk ridha. Beliau SAW juga senang memilih perkara yang mudah selama tidak mengandung dosa. Beliau SAW tidak suka membalas karena kepentingan pribadinya. Beliau SAW hanya melakukan itu karena kepentingan Allah SWT, apabila keharaman-keharaman-Nya dilanggar.
         Beliau SAW adalah orang yang paling dermawan, paling mulia, paling pemberani, paling tangguh, paling penyabar dan paling berwibawa. Namun, beliau juga sangat pemalu. Jika beliau SAW tidak menyukai sesuatu maka akan terlihat di wajah beliau.
         Seperti sebuah hadits, “Beliau lebih pemalu dari seorang gadis yang selalu dipingit dikamarnya. Dan jika beliau melihat sesuatu yang tidak disukai, maka kami bisa mengetahuinya lewat ekspresi wajahnya.”(H.R. Bukhari)
         Beliau SAW orang yang paling berbuat adil dan paling jujur sehingga beliau SAW mendapat gelar Al-Amin (orang yang dapat dipercaya). Beliau juga orang yang paling besar sikap tawadhu’nya dan paling jauh dari sikap sombong. Beliau SAW juga suka menepati janji, bersifat kasih sayang, paling sopan santun dan jauh dari sikap keji. Selain itu, beliau SAW juga suka menolong, baik orang lain bahkan pembantunya sendiri, dan beliau tidak suka mencela pembantunya itu. Seperti dalam sebuah hadits, “Anas bin malik berkata,’Aku menjadi pembantu Rasulullah selama 10 tahun. Selama itu beliau tidak pernah berkata ‘ah’ atau ‘cis’ kepadaku. tidak pernah mengomentariku karena suatu pekerjaan dengan mengatakan,’kenapa engkau mengerjakan hal itu?’ Dan juga belum pernah mengomentari sesuatu yang tidak aku selesaikan dengan mengatakan,’kenapa kamu tidak mengerjakannya?’.” (H.R. Muslim)
         Perkataan beliaupun sangat santun dan detail. Bahkan dihadits dikatakan, “Perkataan Rasulullah itu detail, setiap orang yang mendengar pasti memahaminya.”(H.R. Abu Dawud). Dan dihadits lain dikatakan, “Rasulullah mengulangi perkataannya hingga tiga kali agar bisa dipahami oleh orang yang mendengarnya.”(H.R. Bukhari)
         Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan. Dan tidaklah mungkin kami untuk dapat melukiskan seluruh sifat-sifat dari Rasulullah SAW dengan penjelasan ini. Semoga semua yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Dan semoga Allah senantiasa memberi tambahan ilmu bagi kita semua. Billahit taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaykum J J



 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar