Social Icons

Senin, 31 Desember 2012

Artikel : Keutamaan Al-Qur'an & Pembacanya

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
 Thanks For Visit My Blog



Apa toh Sebenarnya Keutamaan Al-Quran dan pembacanya?

Hai,teman-temanku yang masih semangat terus dalam belajar. Sobat, kita nyadar gak, kalau kita sudah puluhan tahun belajar matematika, apalagi sekarang sudah tambah kimia, fisika, biologi, bahasa Inggris dan lain-lainlah, tapi kita nyadar gak kalau selama itu pula kita sering kali melupakan yang namanya “AL-QUR’AN”. Seharusnya kita bersyukur karena kita diberi warisan berupa Al-qur’an yang gak akan pernah musnah dan akan kekal untuk selamanya, tidak akan ada yang berubah meski jaman terus berkembang. Inilah salah satu hal kenapa kita wajib bersyukur. Selain itu sobat, kalau dibandingkan dengan kitab-kitab lain yang pasti juga akan lebih unggul. Contohnya ni, kalau dibandingin sama kitab injil, nah...saat ini masih adakah kitab injil yang masih asli seperti yang diterima nabi Isa as??gak ada kan sobat. Semuanya telah dirubah oleh manusia
Sobat, mari kita merenung sejenak, sudahkah kita benar-benar mempelajari Al-qur’an?? Coba bayangin kita sudah sebesar ini, tapi....pernahkah kita luangkan waktu kita untuk belajar dan mengajarkan Al-qur’an?? Padahal sobat, dalam sehari itu kita jalani selama 24 jam, nah..buat apakah waktu selama ini?? Kita saja setiap hari semangat pergi ke sekolah dari jam 07.00 sampai jam 01.30, tapi coba kita pikir, pernahkah kita setiap ari pergi ke masjid untuk belajar dan mengajarkan Al-qur’an meski hanya 15 menit saja??. Alhamdulillah disini kami akan membahas tentang Keutamaan Al-Qur’an dan pembacanya. So,apakah kamu tahu tentang hal itu? Okelah kalau begitu,di bawah ini ada beberapa hal tentang Keutamaan Al-Qur’an dan pembacanya. Baca dengan baik-baik ya ?.,antara lain :

1.      Al-Qur’an merupakan semulia-mulia ilmu dari seluruh ilmu lainnya, sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari Ustman bin Affan berkata, telah bersabda Nabi saw :
“Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkanya.”(HR. Al Bukhari)
2.      Al-Qur’an itu akan menjadi syafa’at terhadap orang yang memebacanya kelak pada hari kiamat.
Dari Abu Umamah ra berkata, telah bersabda Nabi saw :
“Bacalah Al-Qur’an karena dia (Al-Qur’an) itu akan datang pada hari kiamat membari syafa’at bagi pembacanya.” (HR. Muslim)
3.      Semakin banyak seseorang membaca Al-Qur’an maka akan semakin tinggi pula derajatnya disurga nanti, sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra berkata, telah bersabda Rosulullah saw :
“Dikatakan kepada orang yang membaca Al-Qur’an pada hari kiamat ”bacalah”, naiklah, dan tartilkanlah sebagaimana tartil di dunia, karena kedudukanmu (di surga) sesuai dengan akhir ayat yang kamu baca.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)
4.      Satu huruf dari Al-Qur’an sama dengan satu kebaikan, lalu satu kebaikan itu akan Allah berikan sepuluh pahala.
Dari Ibnu Mas’ud berkata telah bersabda Rasulullah saw :
“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Qur’an) maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatkan sepuluh kali pahala. Tidaklah aku katakana bahwa ‘Alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf.” (HR. At Tirmidzi)
5.      Satu ayat Al-Qur’an itu lebih utama dari pada satu unta yang besar, yang unta itu merupakan semewah kendaraan perhiasan di zaman itu, sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir ra, bahwa Rasullulah saw telah keluar menengok kami, sedang kami di Shuffah (dibelakang masjid) seraya mengatakan : ”Apakah kalian ingin pergi ke Bathan (suatu tempat di Madinah) atau ‘Aqiq (padang pasir Madinah untuk mengambil dua untua yang sangat besar tanpa melakukan dosa dan memutus silaturahmi? Mereka mengatakan ; “Kami semua menyukainya wahai Rasulullah. Maka beliau bersabda: “Apakah diantara kalian tidak pergi kemasjid untuk belajar dua ayat itu lebih bagus dari pada dua unta, tiga ayat lebih bagus dari pada tiga unta, empat ayat lebih bagus dari pada empat unta, dan dai seluruh jumlahnya.” (HR. Muslim & Ahmad)
6.      Orang yang ahli dalam Al-Qur’an itu menjadi keluarga Allah swt, menjadi orang yang khusus di sisi Allah swt, sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari Anas bin Malik ra berkata, telah bersabda Rasulullah saw :
“Bawasannya Allah itu mempunyai keluarga, mereka berkata : siapakah itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab : orang yang ahli dalam Al-Qur’an mereka itulah keluarga Allah dan orang khusus-Nya.”(HR. Ahmad, Shohih Jami’ 2165)
7.      Mereka pembaca Al-Qur’an itu akan mendapatkan ketenangan, rahmat dan ampunan dari Allah serta akan dikelilingi oleh para malikat, dan Allah akan selalu menyebunya. Sebagaimana sebda Rasulullah saw :
Dari Abu Hurairah ra berkata, telah bersabda Rasulullah saw :
“Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam satu masjiddari masjid Allah swt, merka membaca Kitabullah ( Al-Qur’an), saling mengajar diantara mereka kecuali akan turun kepada mereka suatu ketenangan, akan diliputi rahmat dan akan dikelilingi oleh para malaikat dan Allah swt akan selalu menyebut disisinya.” (HR. Muslim)
8.      Orang yang mahir dalam Al-Qur’an akan masuk surga bersama para malaikat yang mulia, halini sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari ‘Aisyah ra berkata, telah bersabda Rasulullah saw :
“Bahwa orang yang pandai dalam Al-Qur’an itu akan bersama dengan para malikat yang taat dan siapa yang membaca Al-Qur’an dengan tersendat-sendat (terbata-bata) dan mereka merasa berat maka baginya dua pahala.” (HR. Al Bukhari & Mullim)
9.      Keutamaan ini tidak hanya terbatas kapada pembaca Al-Qur’an saja bahkan orang tua yang mempunyai anak,lalu anak itu membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya maka Allah akan menberikan mahkota kepada kedua orang tua anak tadi pada hari kiamat, yang cahaya mahkota itu lebih bagus dari cahaya sinar matahari, sebagaiman sabda Nabi saw :
Dari Sahl bin Mu’ads Al-Juhhany ra berkata, telah bersabda Rasulullah saw :
“Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan apayang ada di dalamnya, maka (Allah) akan memberikan mahkota kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat yang cahayanya lebih bagus dari sinar mata hari.” (HR. Ahmad, dan dishohihkan oleh Syaikh Yahya Al Hajury )
10.  Bakan stu ayat Al-Qur’an itu lebih bagus dari seluruh apa yang ada di muka bumi ini, mulai dari harta, emas, perak dan berlian, bangunan yang tinggi seluruh ikan yang ada dilautan, seluruh harta benda yang ada didalam bumi dan seterusnya. Sebagaimana kata Ibnu Mas’ud ra :
“Bawasanya dia mengajarkan Al-Qur’an maka sampailah pada satu ayat maka beliau katakana kepada salah seorang “ Ambilah (ayat itu), demi Allah sungguh dia (satu ayat) itu lebih bagus dari segala sesuatu yang ada di muka bumi.” (HR. Al Haitsamy)
11.  Rumah yang didalamnya dibacakan ayat-ayat Allah swt akan terlihat oleh penduduknlangit yaitu para malikat, dan rumah yang tidak disebut didalamnya ayat Allah swt ibarat rumah Yahudi dan Nashrani, sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari ‘Aisyah ra berkata, telah bersabda Rasulullah saw :
“Jadikanlah bacaan dan shalat kalian di rumah kalian, dan janganlah kalian jadikan rumah kalian sebagai kuburan, sebagaimana orang Yahudi dan Nashrani yang menjadikan rumah mereka kuburan. Sesungguhnya rumah yang dibaca didalamnya Al-Qur’an maka akan terlihar oleh penduduk langit sebagai mana terlihatnya bintang oleh penduduk bumi.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)
12.  Tiga ayat yang dibaca dalam satu shalat itu lebih bagus dari tiga unta yang sangat besar, sebagaimana sabda Rasulullah saw :
Dari Abu Hurairah ra berkata, telah bersabda Rasullulah saw :
“Apakah salah seorang daikalian suka jika pulang ke keluarganya mendapatkan tiga unta yang besar dan gemuk?” Mereka menjawab, “Iya”. Beliau saw bersabda, “Tiga ayat yang kalian baca dalam shalatnya itu lebih bagus dari pada tiga unta besar dan gemuk.” (HR. Muslim)
13.  Syaithon akan lari dari rumah yang dibaca didalamnya surat Al-Baqarah, sebagaimana sabda Nabi saw :
Dari Abu Hurairah ra berkata, telah bersabda Nabi saw :
“Janganlah kalian jadikan rumah kalian kuburan, kerena sesunguhnya syaithon itu akan lari dari rumah yang di dalmnya dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)
14.  Dilarang kita iri dengki kecuali dalam dua perkara, terhadap pengamal Al-Qur’an dan orang yang selalu bershodaqah, sebagaimana sabda beliau saw :
“Tidak boleh iri dengki kecuali dalam dua perkara ; seseorang yang Allah berikan Al-Qur’an kepadanya, dia membacanya baik malam maupun siang dan seseorang yang Allah berikan kepadanya harta benda lalu ia shodaqahkan baik malam ataupun siang.” (HR. Al Bukhari & Muslim)
Nah..sobat, sekarang sudah tahu kan, apa keutamaan Al-qur’an itu? Mumpung jalan kita masih panjang, mari kita perbaiki semua ini.Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan Al-Qur’an dan pembacanya,semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga dapat memotivasi antum untuk lebih giat mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

  
     


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar