Social Icons

Wednesday, 30 January 2013

Tentang Globalisasi : Konsep dan Dampak Globalisasi

Terimakasih Atas Kunjungannya :-) 
Thanks For Visiting My Blog 



MINGGU, 30 DESEMBER 2012

Globalisasi


Konsep Globalisasi
            Konsep glodalisasi dapat diartikan sebagai pengglobalan atau penyatuan seluruh aspek kehidupan dunia. Penyatuan ini dilakukan melalui upaya penyeragaman yang mendunia meliputi seluruh Negara yang ada.
            Adapun problematika yang menjadi tantangan global terhadap eksistensi jati diri bangsa adalah sebagai berikut :
1.      Pluralitas masyarakat Indonesia tidak hanya berkaitan dengan budaya, tetapi juga dimensi sosial, politik, dan ekonomi masyarakat sehingga proses globalisasi informasi membawa dampak yang sangat kompleks.
2.      Salah satu dampak globalisasi informasi bagi bangsa Indonesia yaitu dimulai dari timbulnya krisis moneter yang kemudian berkembang menjadi krisis multidimensi.
3.      Kemajuan teknologi informasi telah menjadikan jarak spasial semakin menyempit dan jarak waktu semakin pendek. Akibatnya, bagi bangsa Indonesia yang berorientasi pada Negara-negara maju dalam waktu relative singkat dapat beradaptasi terutama dibidang teknologi, ekonomi, sosial, dan budaya.
Dampak globalisasi antara lain :
1.      Dampak Positif
Ø  Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
Ø  Mudah elakukan informasi
Ø  Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
Ø  Menumbuhkan sikap toleran
Ø  Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
Ø  Mudah memenuhi kebutuhan
2.      Dampak Negatif
Ø  Informasi yang tidak tersaring
Ø  Perilaku konsumtif
Ø  Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
Ø  Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat
Bangsa Indonesia tidak dapat menghalangi masuknya globalisasi. Namun, bagaimana cara kita sebagai bangsa Indonesia menghadapi dan mensiasati datangnya globalisasi. Supaya bangsa Indonesia tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya di Indonesia.


Source : http://nurulfadillah54.blogspot.com

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Macam Macam Pola Asuh Orang tua Menurut Hurlock

Terimakasih Atas Kunjungannya :-) 
Thanks For Visiting My Blog 



Macam-Macam Pola Asuh Orangtua


Menurut Hurlock, E.B (1990: 204) menyatakan bahwa pola asuh ada 3 macam yaitu:
a.       Pola Asuh Otoriter
Ciri-cirinya menggunakan peraturan yang kaku, orangtuamemaksakan kehendak pada anaknya,menyebabkan anak menjadi tertekan dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Karena orangtua yang selalu menentukan segala sesuatu kepada anak.
b.      Pola Asuh Permisif
Cirri-cirinya menggunakan peraturan sedikit, orangtua bersikap longgar pada anak, sehingga anak diperbolehkan berbuat apa saja yang dia inginkan, orangtua tidak memberi tahu bahwa perbuatan anaknya benar atau salah, menyebabkan anak menjadi orang yang sulit dibimbing, lebih mementingakn dirinya sendiri. Karena pola asuh orangtua yang terlalu longgar.
c.       Pola Asuh Demokratis
Orangtua memberikan aturan-aturan yang jelas. Serta menjelaskan akibat yang terjadi apabila peraturan dilanggar dengan aturan yang selalu diulang agar anak dapat memahaminya, member kesempatan pada anak untuk berpendapat, anak diberi hadiah atau pujian apabila telah berbuat sesuatu sesuai dengan harapan orangtua, sehinnga anak memiliki kemampuan sosialisasi yang baik, memiliki rasa percaya diri dan bertanggung jawab.


Source :http://nurulfadillah54.blogspot.com


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Pengertian / Definisi Dari Perubahan Sosial Budaya menurut Kingsley Davis dan Selo Soemardjan Disertai Dengan Contohnya

Terimakasih Atas Kunjungannya :-) 
Thanks For Visiting My Blog 


Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Perubahan merupakan suatu keadaan yang berbeda dengan sebelumnya, sehingga jika kita membahas tentang perubahan selalu mempergunakan perbandingan secara kronologis (perbedaan waktu). Dalam sosiologi dikenal perubahan sosial (social change) dan perubahan budaya (cultural change). Perubahan sosial yaitu sebagai perubahan-perubahan yang menyangkut struktur sosial ataupun lembaga-lembaga sosial. Definisi semacam ini dikemukakan antara lain oleh Kingsley Davis dan Selo Soemardjan. 

Perubahan budaya yaitu perubahan yang berkaitan dengan kebudayaan masyarakat, khususnya menyangkut sistem nilai.



Contoh Mengenai Perubahan Sosial Budaya


a. Perubahan Sosial
Sistem dan struktur pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan. 
     Contoh : Dahulu di Indonesia wajib belajar ditempuh selama 6 tahun, sekarang menjadi 9 tahun.
b. Perubahan Budaya
Masyarakat yang semula seragam dalam kebudayaannya, menjadi beraneka budaya.
      Contoh :  Dahulu orang melakukan pengobatan melalui dukun, sekarang sudah dengan pengobatan secara medis melalui dokter.
c. Perubahan sosial yang diikuti oleh perubahan budaya
Desa menjadi kota kecil; daerah agraris menjadi kawasan industri.
      Contoh :  Maraknya pembangunan mall (supermarket). Dahulu orang berbelanja di pasar sekarang orang lebih banyak yang belanja di mall.

Contoh Gambar
Trend belanja di mall

žDengan demikian, dapat dikatakan bahwa perubahan sosial merupakan variasi dari carahidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaanmaterial, komposisi penduduk, ideologi maupun adanya difusi atau penemuan barudalam masyarakat.
Perubahan sosial juga merupakan segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasukdidalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalammasyarakat.

   Agar dapat lebih memahami pengertian perubahan sosial budaya,
 berikut ini akan diberikan contoh ilustrasi singkat yang menggambarkan 
proses perubahan sosial dalam masyarakat desa.

  Pertama
         Masyarakat desa yang jauh dari keramaian kota sekalipun tidak luput dari perubahan. Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan, hanya bentuk perubahannya berjalan secara lambat tidak secepat masyarakat di kota. Saat ini orang-orang desa sudah mengenal perdagangan, alat-alat tranportasi modern, mengikuti berita-berita lewat radio dan televisi, bahkan dapat mengoperasikan handphone (HP) dan internet.
          Berikut salah satu contoh gambar dari penggunaan alat-alat transportasi modern.

Contoh Gambar Penggunaan Alat-Alat  Transportasi Modern
(Pertanian Modern)
   Kedua
          Handphone (HP) masuk desa, telah membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat di daerah pedesaan. Dahulu HP adalah barang yang berharga dan hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja. Namun, seiring berjalannya waktu sekarang HP sudah tidak lagi menjadi barang mewah dan hampir selurun masyarakat desa pun sudah memiliki HP.

Contoh Penggunaan kamera digital
          

         Berdasarkan kedua contoh ilustrasi di atas dan mengacu pada teori perubahan sosial     menurut Soerjono Soekantomaka proses-proses perubahan sosial dapat diketahui dengan ciri-ciri tertentuantara lain:

a. Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya, karena setiapmasyarakat akan mengalami perubahan baik cepat atau lambat
b. Perubahan terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu, dan diikuti oleh perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya
c. Perubahan sosial yang cepat biasanya diikuti dengan disorganisasi yang bersifat sementara, karena berada dalam proses penyesuaian diri. Disorganisasi ini akan diikuti oleh reorganisasi yang mencakup pemantapan kaidah-kaidah dan nilai-nilai baru
d. Perubahan tidak dapat dibatasi hanya pada bidang kebendaan atau spiritual saja, karena kedua bidang itu mempunyai ikatan yang timbal balik.

Contoh Gambar (Rewang) Pernikanah di Jawa

Source : http://nurulfadillah54.blogspot.com


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Contoh : naskah Drama Musikal Anak SMA PUTIH ABU - ABU Part 2 (Perbaikan Dari Part 1)

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


PUTIH ABU-ABU
(Instrumen)
Sahabat. Bagai tetesan embun pagi yang jatuh membasahi kegersangan hati hingga mampu menyejukan taman sanubari. Bagai bintang gemintang malam di angkasa raya yang menemani rembulan duka lara hingga mampu menerangi gulita dalam kebersamaan. Bagai pohon rindang dengan ribuan dahan yang memayani terik matahari hingga mampu memberi keteduhan dalam ketentraman. Bagai derasnya hujan yang turun yang menyirami setiap jengkal bumi yang berdebu menahun hingga mampu membersihkan mahkota bunga dan dedaun dalam kesucian.
Di kelas
(lagu Buka Semangat Baru)

Hello Teman Semua
Ayo Kita Sambut, Hari Baru Telah Tiba
Apa Yang Kurasakan, Ku Ingin Engkau Tahu
Dan Berbagi Bersama


Buka Kita Buka Hari Yang Baru
Sebagai Semangat Langkah Ke Depan
Jadi Pribadi Baru
Buka Kita Buka Jalan Yang Baru
Tebarkan Senyum Wajah Gembira
Damai Suasana Baru
Bukalah Bukalah Semangat Baru 3x

Semua anak yang lagi asik mendengarkan penjelasan Ibu Guru. Tak lama kemudian bel sekolah berbunyi. Dan kelas yang tadinya tenang berubah riuh.
(adegan semua pemain seolah-olah menari)
BAG I
DINNAR         : eh eh eh pada tau nggak rangking terakhir di kelas kita?
LOLITA           : Siapa? Siapa?
DINNAR         : itu lho yang sok cantik (ngelirik ke arah DEA)
CANDRA        : serius?
LOLITA           : kamu tahu dari mana?
DINNAR         : kemaren nggak sengaja nemuin rekap nilai kelas kita di TU. Pas aku ngisi spidol.
CANDRA        : ah masa? Padahal dulunya dia kan pinter?
LOLITA           : denger-denger sih orang tuanya cerai. Mungkin dia depresi.
DINNAR         : senengnya masih punya orang tua lengkap.
CANDRA        : berarti sainganmu sekarang berkurang dong?
BERTIGA        : hahaha
(disudut kelas yang lain. DEA sedang duduk termenung sambil nyanyi lagu Simple Plan - Perfect)
KAHFI             : kamu kenapa? Pagi-pagi udah murung gitu?
DEA                : eh? Nggak papa kok.
MARINDA      : apa gara-gara temen-temen yang mulai jauhin kamu? Terutama ABC.
(DEA diam. Cuma bisa nunduk)
MARINDA      : ayo cerita. Tenang kita bakal selalu ada buat kamu. Iyakan Fi?
(KAHFI menangguk semangat)
DEA menceritakan semua keluh kesahnya. Dia bercerita kalau keluarga memang bermasalah. Kedua orangtuanya bercerai. Dan karena masalah itulah prestasinya menurun drastis. Ia tak bisa menerima kenyataan bahwa ia sudah tidak memiliki orangtua yang lengkap.
(Sahabat-sahabatnya menyanyi Citra Scholastika – Pasti Bisa menghibur DEA)

Kamu pasti bisa
Menikmati semua dan menghadapinya
Kamu yakin pasti bisa

Kamu pasti bisa
Menikmati semua dan 

menghadapinya
Kamu yakin pasti bisa

Kau ingin lepaskan sluruh bebanmu
Dan kau jalani hidupmu

 dengan senyuman
Kamu pasti bisa
Menikmati semua dan menghadapinya
Kamu yakin
 pasti bisa


Dan ku jalani hidupku dengan senyuman
DEA    : Makasih ya teman teman. Aku sangat beruntung punya sahabat seperti kalian.
(Nyanyi bersama-sama lagu Audy ft Nindy – Untuk Sahabat)

aku bernyanyi untuk sahabat
aku berbagi untuk sahabat
kita bisa jika bersama
kita berbagi untuk sahabat
kita bernyanyi untuk sahabat
kita bisa jika bersama

BAG II
(adegan WAHYU dan DEA sedang belajar bersama.)
Meski nilai DEA yang turun drastis, dia masih mempunyai semangat cukup tinggi buat ningkatinnya. Dia punya sahabat-sahabat yang sayang sama dia. Orang tuanyapun juga sayang dia. Apa yang perlu dipermasalahkan sekarang? Untuk saat ini dia fokus untuk belajar buat menaikan nilainya.
Disela-sela belajar bersama, sesekali mereka tertawa-tawa. Tak jarang DEA berbagi keluh kesahnya sama WAHYU tentang semua masalahnya. Benar. Cinta datang karena terbiasa. Benih-benih cinta diantara mereka pun tumbuh dengan intensitas pertemuan mereka.
DEA                : ah pusing masak dari tadi salah mulu.
WAHYU          : udah jangan dipaksa. Diulangi lagi. Cuma kurang teliti aja
DEA                : (tersenyum) makasih ya WAHYU udah bantu aku selama ini. Nggak tau deh kalo nggak ada kamu. Nilaiku bakal kayak apa.
WAHYU          : iya sama-sama. (tersenyum)
(Never Shout Never - Happy)

You make me happy whether you know it or not
We should be happy, that's what I said from the start
I am so happy knowing you are the one
That I want for the rest of my days, for the rest of my days
Through all of my days


BAG III
(beberapa anak ada yang nyanyi lagu Ceria – J-Rock)

Hari ini kudendangkan
Lagu yg ingin kunyanyikan
Terkenang semua kenangan
Yg tlah kualami

Berlari dan terus bernyanyi
Mengikuti irama sang mentari
Tertawa dan selalu ceria
 Berikan ku arti hidup in


Jam istirahat seperti biasa. Semua sedang sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Tak terkecuali DEA, Y, MARINDA yang sedang asik di luar kelas sambil main Truth or Dare (jujur apa berani). Mereka memang sering memainkan permainan itu untuk melepas penat.
MARINDA      : truth or dare?
KAHFI             : truth
(MARINDA melirik DEA sambil tersenyum geli)
DEA                : siapa cowok yang kamu taksir sekarang?
KAHFI             : (diam cukup lama) harus jawab ya?
MARINDA      : namanya juga truth. Harus dijawab jujur lah
KAHFI             : Oke. Tapi jaga rahasia ya? Mmm... aku.. aku.. suka WAHYU (tersipu malu)
(raut muka DEA langsung berubah. Namun dia cepat-cepat ikut tertawa dan godain KAHFI. Meski sebenarnya hatinya sakit dan galau)
MARINDA      : gimana menurutmu  DEA, mereka cocok nggak?
DEA                : mmm... cocok.. cocok aja. Good luck ya.
CANDRA        : ih kamu apaan coba. Good luck buat apa sih?
DEA    : anything dear. For you and him.
(Benar hati DEA didera kegelisahan yang cukup pelik. Sahabat atau cowok. Meski hubungannya dengan WAHYU masih sebatas gini-gini aja. Tapi dilubuk hati yang paling dalam DEA sangat mengharapkan WAHYU. Kalaupun arti perhatiian WAHYU selama ini cuma sebatas perhatian antar teman tapi apakah mungkin DEA  harus bersaing dengan CANDRA sahabatnya sendiri. Dan dramapun berlangsung sengit)
BAG IV
Di meja makan dengan penuh lilin-lilin yang mengitarinya dan bertabur bunga beratapkan langit malam dilengkapi dengan adanya taburan bintang bintang yang berkelip.
WAHYU          : (nyanyi Antique - Satu Bintang sambil main gitar mendekati DEA)

Mungkin hanya ada satu bintang
Yang dapat menghiasi hatimu
Dan jangan pernah engkau siakan
Seseorang yang ada di hatimu

Pastikan hanya ada satu bintang
Yang slalu menyinari jalanmu
Hingga akhirnya kau sadari
Dirikulah yang ada di hatimu
Ooh... kau pun harus mengerti
Semua cinta yang kumilik


DEA                : (tersenyum dan tersipu malu)
WAHYU          : kamu cantik malam ini DE.
DEA                : (senyum) makasih buat malam ini. Nggak nyangka bakal dibawa ke sini.
WAHYU          : ehm.. mm.. sebenarnya ada yang mau aku omongin sama kamu?
DEA                : kamu mau ngomong apa?
WAHYU          : aku.. aku.. suka sama kamu (mengigit bibir bawahnya)
(DEA melongo. Dia nggak tau mau ngomong apa. Disatu sisi dia suka WAHYU tapi di sisi lain ada KAHFI yang harus dia korbain. Dia nggak mungkin bisa milih satu dari keduanya)
WAHYU          : DEA gimana? Kamu mau nggak jadi pacar aku?
(DEA nyanyi Tangga - Cinta Begini)
Akhirnya kita harus memilih
Satu yang pasti
Mana mungkin terus jalani
Cinta begini
DEA    : maaf YU aku nggak bisa jawab sekarang.
(WAHYU hanya bisa mengangguk lesu)
BAG V
Refreshing time pun dimulai. Biasanya diadakan tiga bulan sebelum UN. Kali ini diadakan camping di Tawangmangu. Kelas tiga wajib mengikutinya untung merefresh pikiran yang sudah dipenuhi oleh tryout, ulangan, tryout, ulangan. Semua perlu istrihat sejenak.
            Malam harinya semua berkumpul di tengah lapangan untuk acara api unggun. Semua berkumpul membentuk lingkaran mengelilingi api unggun. Semua larut dalam kesenangan masing-masing (menyanyi lagu Good Time – Owl City ft Carly R Jepsen).

We don't even have to try
It's always a good time
Woah-oh-oh-oh Woah-oh-oh-oh
It's always a good time
Woah-oh-oh-oh Woah-oh-oh-oh
We don't even have to try, it's always a good time


Tiba-tiba WAHYU datang menghampiri  DEA, KAHFI, MARINDA dan mengajak DEA buat jalan-jalan. DEA yang sebenarnya tidak mau akhirnya mau juga takut teman-temannya pada curiga.
DEA                : mau ngomong apa sih yu?
WAHYU          : jawaban kamu. Kamu belum jawab yang kemarin.
DEA                : oke. Sebelumnya aku mohon maaf. Kamu itu orangnya baik, pintar, tenar. Dan pasti dambaan setiap cewek di sekolah. Tapi aku nggak bisa nerima kamu.
WAHYU          : kenapa?
DEA                : maaf yu. Maaf. Kamu pasti nemuin cewek yang lebih baik dari aku.
(DEA lari kecil meninggalkan WAHYU)
WAHYU          : (Terlanjur Cinta)

Aku terlanjur cinta kepadamu
Dan tlah kuberikan seluruh hatiku
Tapi mengapa baru kini kau pertanyakan cintaku

Aku pun tak mengerti yang terjadi
Apa salah dan kurang ku padamu
Kini terlambat sudah untuk dipersalahkan
Karna sekali cinta, aku tetap cinta

Mencoba bertahan di atas puing-puing
Cinta yang tlah rapuh

Apa yang ku genggam
Tak mudah untuk aku lepaskan

Repeat Reff


DEA terdiam kaku. Badannya lemas keketika. Dia tidak kuat melangkah. Dalam waktu persamaan CANDRA sudah ada di depan DEA.
DEA                : KAHFI? (terbata-bata)
Terlambat KAHFI sudah mendengar semua. Tatapannya kosong menatap DEA. Sesekali dia menatap WAHYU. Mereka bertiga hanyut dalam diam. Semua pada sibuk dengan pikirannya masing-masing. Muka DEA terlihat takut dan muka Y merah padam.
DEA                : aku bisa jelasin FI. Ini nggak seperti yang kamu kira.
KAHFI             : cukup. Aku rasa persahabatan kita cukup sampai disini.
(KAHFI lari tanpa menghiraukan teriakan dari DEA. Hatinya sakit. Seperti dikhianati.)
(KAHFI nyanyi lagu Ten2five - Jika)                

jika ku bukan orangnya
jangan beri aku harapan itu yang ku mau
jika ku bukan orangnya
jangan pernah katakan sayang dan cinta

let me be the one, let me be the one
let me be the one uuu

BAG VI
DEA nggak bisa ngejar KAHFI. Lalu dia nemuin MARINDA buat jelasin semua. Kalau apa yang dilihatnya tadi cuma salah paham.
DEA                : please Mar percaya sama aku. Aku sama WAHYU nggak ada apa-apa. Tadi cuma salah paham. Emang dia nembak aku. Dan jujur aku juga suka dia. Cuma posisinya KAHFI juga suka dia. Tadi itu aku mau nolak WAHYU tapi kepergok KAHFI. Dia jadi salah paham.
MARINDA      : iya aku percaya sama kamu. Nanti aku coba jelasin ke KAHFI.
DEA                : makasih ya MAR. Makasih. Serius aku nggak ada apa-apa sama WAHYU.
MARINDA      : iya aku percaya.
BAG VII
(di kamar mandi. DEA masuk kamar mandi dihadang oleh ABC)
DINNAR         : ini lho anak yang nggak tahu diri. Udah miskin, nggak tahu diri. Sekarang jahat lagi sama sahabatnya.
LOLITA           : Oh, ini ya. Pantesan nggak punya temen. Sok sih.
(DINNAR, LOLITA, CANDRA,  tertawa bersama-sama. Lalu nyanyi (Lollipop – Kamseupay)

Jangan dekat-dekat denganku
Karena kamu bukan levelku
Kita beda kasta, beda segalanya
Jangan mimpi saingi aku
Kalau kamu masih punya malu
Modal dengkul aja, gak ada harganya
Gaya lo, tingkah lo, muka lo, kamseupay
Gaya lo, tingkah lo, muka lo, kamseupay
Gak sudi berteman sama rakyat jelata
Mendingan lo semua ke laut aja
Lihat ku aduhai, gaya pun keren pandai
Gak seperti lo semua yang kamseupay
Hooo eo eo euuuw kamseupay!



DINNAR         :  nilai segitu saja sombong. huss sana sana. Dasar broken home.
DEA                : kamu boleh nggak suka sama aku? Kamu boleh benci sama aku tapi jangan hina keluargaku! (DEA mendorong DINNAR sampai jatuh)
CANDRA        : kamu nyolot ya!        
(DINNAR bangkit lalu membalas DEA. Tak cukup sampai disitu. B, CANDRA ikut-ikut mengeroyok DEA. Berbagai tindakan kekerasan dilakukan. Jambak, pukul, sampai tampar)
BAG VIII
(DEA lari menuju belakang sekolah. Ternyata dia tidak sadar kalo WAHYU dari tadi mengejarnya)
WAHYU          : hey kamu dipanggil malah lari. (kaget melihat muka memar di pelipis DEA dan mendapat DEA sedang menangis) kamu kenapa?
DEA                : (mengeleng dan memalingkan muka)
WAHYU          : (duduk disamping DEA) kamu kenapa? Siapa yang ngelakuin.
DEA                : kamu nggak ngerti WAHYU. Aku udah bilang jauhin aku. Sekalipun kita bersama, kita nggak bahagia. Apa omongan aku kurang jelas.
WAHYU          : tapi kenapa? Gara-gara KAHFI? Dia nggak berhak ngatur-ngatur kita.
DEA                : apa kamu nggak sadar sama apa yang kamu lakuin. Ini cuma bisa buat aku hancur.
(lagu remuk jantungku)

Sulit ku kira kehilangannya
Sakit terasa memikirkannya
Hancur warasku kau telah berlalu
Tinggalkan aku begitu
Rapuh hidupku remuk jantungku

Semua salahku tak jaga dirimu
Untuk hatiku sungguh ku tak sanggup
Semua terjadi seperti mimpi
Mimpi burukku kehilanganmu

Karena kamu nyawaku
Karena kamu nafasku
Karena kamu jantungku
Karena kamu

Rapuh hidupku remuk jantungku
Rapuh hidupku remuk jantungku




BAG IX
(adegan Y dan DEA saling menghindar. Perang dingin. Meski sebetulnya DEA terus mencoba minta maawahyu tapi Y selalu menghindar. MARINDA berusaha mempersatukan mereka. Diiring lagu Sherina - Persahabatan)

Setiap manusia di dunia
Pasti punya kesalahan
Tapi hanya yang pemberani
Yang mau mengakui

Setiap manusia di dunia
Pasti pernah sakit hati
Hanya yang berjiwa satria
Yang mau memaafkan

Betapa bahagianya
Punya banyak teman
Betapa senangnya

Betapa bahagianya
Dapat saling menyayangi
Mensyukuri karunia-Nya



BAG X
(MARINDA mencoba mendekati KAHFI agar dia mau baikan lagi dengan DEA. Dia capek berada ditengah-tengah perang dingin mereka)
MARINDA      : ayolah kalian jangan kayak anak kecil gini.
KAHFI             : anak kecil gimana? DEA aja yang nusuk dari belakang.
MARINDA      : DEA udah ceritain semua ke aku. Kalian cuma salah paham.
KAHFI             : ah terserah. Bela aja dia terus.
(KAHFI pergi meninggalkan MARINDA begitu saja)
BAG XI
Sepulang sekolah MARINDA datang ke rumahnya WAHYU. Dia sudah tidak tahan dengan kedua sahabatnya yang sedang perang dingin.
MARINDA      : Kamu harus cepet bikin keputusan. Kasih kepastian buat mereka berdua. Aku nggak mau perang dingin ini berlangsung lama.
WAHYU          : tapi aku cuma suka sama DEA
MARINDA      : maka dari itu. DEA nggak mau ngorbanin sahabatnya yang diam-diam suka sama kamu.
WAHYU          : tapi...
MARINDA      : please YU, please! Ini demi kebaikan mereka berdua. Kamu mau mereka seperti ini terus?
WAHYU          : oke. oke..! aku bakal berusaha jelasin semuanya biar mereka nggak bertengkar sia-sia
WAHYU pun berusaha menemui DEA dan KAHFI hari itu juga. Namun sayang, hanya KAHFI yang berhasil ditemuinya. Sedari masuk kelas sampai jam pelajaran habis DEA terus menghindar.
KAHFI             : tapi aku suka sama kamu WAHYU? Sejak kita pertama kali masuk SMA malah
WAHYU          : kamu baik, kamu pinter, kamu enak diajak ngobrol tapi maawahyu aku suka kamu cuma sebagai teman. Iya, cuma teman.
KAHFI             : (menahan air mata) terus arti perhatiianmu selama ini apa? Kamu PHP WAHYU kamu PHP
WAHYU          : aku nggak PHP. Kamu baik dan sepantasnya aku juga bersikap baik sama kamu. Nggak lebih. Tolong jangan salah paham.
KAHFI             : kamu tega YU, tega
WAHYU          : maaf kalau sikap baikku malah buat kamu salah paham dan sakit. Tapi tolong jangan karena gara-gara aku kamu dan DEA jadi bertengkar. Dia nggak tahu apa-apa. Kamu nggak tahukan kalo sebenarnya dia nolak aku?
Sepeninggal WAHYU, KAHFI memikirkan kata-kata WAHYU dan menangis kemudian nyanyi Harusnya Kau Pilih Aku

Kekasihmu tak mencintai
Dirimu sepenuh hati
Dia selalu pergi
Meninggalkan kau sendiri

Mengapa kau mempertahankan
Cinta pedih menyakitkan
Kau masih saja membutuhkan dia
Membutuhkan dia

Kau... harusnya memilih aku
Yang lebih mampu menyayangimu
Berada di sampingmu
Kau... harusnya memilih aku
Tinggalkan dia, lupakan dia
Datanglah kepadaku

Kau tak pantas tuk disakiti
Kau pantas tuk dicintai
Bodohnya dia yang meninggalkanmu
Demi cinta yang tak pasti

Kau... harusnya memilih aku
Yang lebih mampu menyayangimu
Berada di sampingmu
Kau... harusnya memilih aku
Tinggalkan dia, lupakan dia
Datanglah kepadaku


           
BAG XII
Pagi-pagi kelas sudah heboh. Denger-denger DINNAR baru aja kecelakaan dan sekarang dirawat di rumah sakit. Rencananya sih mau pada jenguk setelah pulang sekolah hati. Tapi banyak yang enggak bisa. Pada ada acara dan les sendiri-sendiri.
DEA                : gimana pada mau hari ini nggak?
MARINDA      : nggak kayaknya pada nggak bisa. Besok aja kali.
DEA                : ya masak aku jenguk sendiri.
MARINDA      : coba tanya sama LOLITA atau nggak CANDRA
(DEA datang di bangku LOLITA dan CANDRA yang sedang ngomongin sesuatu tanpa memperduliin sekitar)
DEA                : hmm.. pada jenguk hari ini nggak? Soalnya aku mau jenguk hari ini.
(LOLITA dan CANDRA diem sambil berpandang-pandangan)
LOLITA           : aku nggak deh kayaknya. Sodaraku datang dari Medan. CANDRA mungkin?
CANDRA        : aku takut darah. Aku jenguknya pas nanti DINNAR udah pulang aja. Titip salam aja.
Sepulang sekolah DEA pergi ke rumah sakit sendirian. Sejahat-jahatnya DINNAR pada dia dulu tidak akan mengurangi niatnya berbuat baik sama dia.
DEA                : hai apa kabar?
DINNAR         : DEA? Hehe iya lebih mendingan daripada kemarin.
DEA                : sori baru dateng sekarang. Aku juga baru tahu tadi pagi.
DINNAR         : kamu orang pertama yang jenguk aku? Sahabat-sahabatku pun belom datang mereka hanya menelpon dan SMS aja.
DEA                : oh ya dapat salam dari temen-temen. Mereka nggak bisa dateng hari ini. Terutama B dan CANDRA.
DINNAR         : salam balik ya
(hening)
DINNAR         : hmm.. DEA? Maaf ya atas semua.
DEA                : buat apa?
DINNAR         : ya semua. Aku jelek-jelekin kamu di belakang. Kejadian di kamar mandi itu. Banyak deh. Aku merasa banyak salah sama kamu.
DEA                : itu gunanya teman (pelukan) (Mariah Carey – Anytime You Need A Friend)

If you're lonely
And need a friend
And troubles seem like
They never end
Just remember
To keep the faith
And love will be there
To light the way

[Chorus:]
Anytime you need a friend
I will be here
You'll never be alone again
So don't you fear
Even if you're miles away
I'm by your side
So don't you ever be lonely
Love will make it alright

BAG XIII
Sudah hampir sebulan DEA dan KAHFI mengibarkan bendera perang dingin. Lama-lama mereka mulai merasa ada hal yang hilang. Masing-masing kamarnya memikirkan tentang kebodohan mereka telah memutuskan hubungan persahabatannya hanya karena cowok.
DEA                : Ya Allah, memang benar bodoh hambaMU ini lebih memilih percintaan daripada sahabat.
KAHFI             : Ya Allah, maafkan atas kesalahan hamba telah memutuskan persahabatan ini karena cinta.
DEA                : tapi, aku malu untuk meminta maaf kepada KAHFI.
KAHFI             : tapi masa apa DEA mau maafin aku. Setelah apa yang aku perbuat.
DEA                : pokoknya aku harus berani meminta maaf sama KAHFI karena aku juga yang salah aku yang mulai duluan.
KAHFI             : pokoknya aku harus berani meminta maaf sama DEA karena aku yang sudah memutuskan hubungan persahabatan.
(Mereka Ipank – Sahabat Kecil secara bersahut-sahutan)

Baru saja berakhir
Hujan di sore ini
Menyisakan keajaiban
Kilauan indahnya pelangi

Tak pernah terlewatkan
Dan tetap mengaguminya
Kesempatan seperti ini
Tak akan bisa di beli

Reff:
Bersamamu ku habiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinya

Melawan keterbatasan
Walau sedikit kemungkinan
Tak akan menyerah untuk hadapi
Hingga sedih tak mau datang lagi


BAG XIII
Hari ini DEA dan KAHFI sudah bertekat untuk mengakhiri perang dingin ini. Tapi pas mereka berpapasan di kantin tanpa sengaja mereka saling canggung. Dan akhirnya DEA mengalahkan egonya buat nyapa KAHFI duluan.
DEA                : h-hai KAHFI (menyapa canggung)
KAHFI             : eh? Ya? H-hai.
DEA                : hmmm... habis  dari kantin ya?
(KAHFI mengangguk)
Mereka diam cukup lama. Satu sama lain sedang mencari kata yang pas buat ngomong. Tapi salah satu dari mereka tidak ada keberanian buat ngomong duluan.
KAHFI             : oke. Cukup diem-diemnya. Aku capek harus terus ngindari kamu. DEA, aku minta maaf atas semuanya. Aku salah. Aku egois. Nggak pernah bayangin kalo aku jadi kamu.
(DEA langsung memeluk KAHFI)
DEA                : aku juga KAHFI. Aku juga salah nggak pernah jujur sama kamu. Aku minta maaf.
KAHFI             : kita sama-sama salah. Sama-sama dewain ego masing-masing ( tertawa lalu melepas pelukan)
KAHFI             : iklas deh kalo kamu sama WAHYU.
DEA                : buat apa mikirin cowok? Lagian mikirin fisika kimia aja lebih mudah.
(tertawa bareng-bareng)
(all artists nyanyi sambil nari lagu SID - Kuat Kita Bersinar)

Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu tetap kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Bayangkan dan senyumlah
Mahkota emas tiada artinya
Ketika raja dan ratu
Memimpin dunia semua bersatu
Dan bersatu..

Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu tetap kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Jabat erat tanganku kawan
Kau tak akan pernah sendiri
Hancurkan dendam dengan cinta di dada
Untuk semua, manusia



Dan akhirnya berakhir sudah drama anak SMA
**The End**

Source : Anak Aksel GEN 6 SMA 1 Karanganyar

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com