Social Icons

Monday, 22 April 2013

Informasi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun 2013/2014

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


Assalamu’alaikum wr.wb.
Diinformasikan untuk tahun pelajaran 2013/2014, SMA Negeri 1 Karanganyar akan membuka beberapa model kelas :
1. Kelas Imersi
2. Kelas ICT
3. Kelas Akselerasi
4. Kelas Reguler
Untuk informasi pendaftaran kelas Imersi, ICT dan Reguler akan diberitahukan setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tanggal 15 – 18 April 2013. Sedangkan untuk informasi pendaftaran Kelas Akselerasi sementara waktu bisa menghubungi pihak kurikulum.
Wassalamu’alaikum wr.wb.


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tentang Keseimbangan Ekosistem

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


KESEIMBANGAN EKOSISTEM

A. Pengertian Keseimbangan Ekosistem
Ekosistem adalah hubungan saling mempengaruhi (timbal balik) antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem dibentuk oleh komponen-komponen makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik).
Komponen biotik terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Komponen biotik dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu:
1. Produsen, disebut organisme autotrof. Artinya organisme yang mampu menghasilkan makananya sendiri. Yang termasuk organisme autotrof adalah tumbuhan hijau, karena mampu melakukan fotosintesis.


2. Konsumen, disebut organisme heterotrof. Artinya organisme yang tidak mampu menghasilkan sendiri makanan di dalam tubuhnya. Mereka mendapatkan zat-zat organik yang telah dibentuk oleh produsen, atau dari konsumen lain yang menjadi mangsanya. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah hewan dan manusia.
3. Dekomposer, yaitu organisme yang mampu menguraikan zat-zat organik dari bangkai yang telah mati. Contohnya adalah bakteri, jamur dan mikroba.
Komponen abiotik adalah semua faktor penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda mati, antara lain : cahaya matahari, suhu, oksigen, air, tanah dan dsb. Cahaya matahari merupakan sumber energi dari semua organisme yang ada.
Dalam sebuah ekosistem terdapat satuan-satuan makhluk hidup, meliputi:
1. Individu, yaitu satuan terkecil dari makhluk hidup atau disebut juga satuan makhluk hidup tunggal.
2. Populasi, yaitu kelompok makhluk hidup yang sejenis dan menempati daerah tertentu.
3. Komunitas, yaitu sekumpulan populasi yang mendiami wilayah tertentu.
4. Ekosistem, yaitu hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
5. Bioma, yaitu kumpulan dari ekosistem dalam suatu wilayah tertentu. Contoh : gurun, padang rumput, savana dan steva.
6. Biosfer, yaitu semua ekosistem yang ada di permukaan bumi.
Dalam ekosistem pasti terdapat interaksi atau hubungan timbal balik antara komponen yang satu dengan yang lain. Interaksi yang terjadi bisa berupa interaksi yang saling menguntungkan, merugikan, atau tidak berpengaruh terhadap satu dengan yang lainnya. Jenis-jenis interaksi tersebut antara lain:
a. Simbiosis, terbagi menjadi tiga jenis : mutualisme (saling menguntungkan) , parasitisme (saling merugikan), komensalisme (yang satu diuntungkan yang lain tidak dirugikan).
b. Kompetisi, yaitu saling bersaing untuk mempertahankan hidup. Contoh : padi dengan gulma.
c. Netralisme, yaitu interaksi antar individu yang saling lepas atau tidak saling mempengaruhi. Contoh : kambing dengan kucing.
d. Predatorisme, yaitu interaksi antar organisme yang satu memakan yang lain. Contoh : harimau memakan rusa.



 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Saturday, 20 April 2013

Info tentang Kerusakan Lingkungan Hidup

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP
Berdasarkan faktor penyebabnya, bentuk kerusakan lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam
Berbagai bentuk bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Dahsyatnya gelombang tsunami yang memporak-porandakan NAD dan Nias, serta gempa 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya, merupakan contoh fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi.
Peristiwa alam lainnya yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:
a. Letusan gunung berapi
Letusan gunung berapi terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang menimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunung berapi.
Bahaya yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi antara
lain berupa:
1) Hujan abu vulkanik, menyebabkan gangguan pernafasan.
2) Lava panas, merusak, dan mematikan apa pun yang dilalui.
3) Awan panas, dapat mematikan makhluk hidup yang dilalui.
4) Gas yang mengandung racun.
5) Material padat (batuan, kerikil, pasir), dapat menimpa perumahan, dan lain-lain.
b. Gempa bumi
Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanah turun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa.
Oleh karena itu, bahaya yang ditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi. Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibat langsung maupun tidak langsung, di antaranya:

1) Berbagai bangunan roboh.
2) Tanah di permukaan bumi merekah, jalan menjadi putus.
3) Tanah longsor akibat guncangan.
4) Terjadi banjir, akibat rusaknya tanggul.
5) Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang).
c. Angin topan
Angin topan terjadi akibat aliran udara dari kawasan yang bertekanan tinggi menuju ke kawasan bertekanan rendah.
Perbedaan tekanan udara ini terjadi karena perbedaan suhu udara yang mencolok. Serangan angin topan bagi negara-negara di kawasan Samudra Pasifik dan Atlantik merupakan hal yang biasa terjadi. Bagi wilayah-wilayah di kawasan California, Texas, sampai di kawasan Asia seperti Korea dan Taiwan, bahaya angin topan merupakan bencana musiman. Tetapi bagi Indonesia baru dirasakan di pertengahan tahun 2007. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan iklim di Indonesia yang tak lain disebabkan oleh adanya gejala pemanasan global.
Bahaya angin topan bisa diprediksi melalui foto satelit yang menggambarkan keadaan atmosfer bumi, termasuk gambar terbentuknya angin topan, arah, dan kecepatannya. Serangan angin topan (puting beliung) dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup dalam bentuk:
1) Merobohkan bangunan.
2) Rusaknya areal pertanian dan perkebunan.
3) Membahayakan penerbangan.
4) Menimbulkan ombak besar yang dapat menenggelamkan kapal.
2. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Faktor Manusia
Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.


Beberapa bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia, antara lain:
a. Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri.
b. Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan.
c. Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.
Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:
a. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan).
b. Perburuan liar.
c. Merusak hutan bakau.
d. Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman.
e. Pembuangan sampah di sembarang tempat.
f. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).
g. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Cerpen : Kelopak Mawar yang Jatuh

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


Kelopak Mawar yang Jatuh

“ Apapun, aku relakan demi cintaku untukmu  ”
Pagi ini,matahari masih enggan-enggannya muncul dari balik peraduannya. Ayam jantan masih bermalasan menyeruakkan suaranya nan merdu dan elok karena masih ingin mengatupkan matanya untuk mencari makan siang terik nanti. Tiap pagi, kayuhan sepeda tua dan usang itu selalu terdengar saat laki-laki muda itu menuju tempat dimana ia menimba ilmu. Menyusuri jalanan dengan mengepakkan senyuman hangat yang selalu ia kembangkan saat berpapasan dengan orang dijalan.
Namanya tak asing lagi ditelingga anak-anak sekolah SMA Harapan Bangsa. Seseorang yang sangat lekat dengan setumpuk kertas yang beradu jadi satu menjadi sebuah karya dari berbagai ilmuwan di seluruh dunia yang selalu ia bawa kemana pun ia pergi. Setiap haripun buku itu selalu berganti cover dan judul. Ya, si aneh kutu buku julukan dari teman sebayanya. Nama aslinya adalah Reza Aprianto. Seorang yang selalu pendiam dan bergelut dengan buku-buku bacaan. Dia hanya makan dengan sebuah buku tiap harinya, dengan kacamata kuda bejibun minus ia pake tiap hari. Sebenarnya dia memiliki wajah yang rupawan menarik perhatian. Namun sayang beribu sayang, tak ada satu gadis pun yang kecanthol dengan dia. Hingga Diaz seorang gadis yang berparas cantik , namun tingkahnya yang liar menjadikan nilai negatif bagi teman-temannya itu juga menolaknya karena penampilan Reza yang seperti misterius. Diaz adalah satusatunya wanita yang selalu ia puja dan bangga-banggakan. Sudah sekian lama Reza mencintai gadis itu, namun tiada keberanian yang kuat untuk menyatakan cintanya itu kepada Diaz. Cinta suci, penuh arti tersimpan dan tertata rapi jauh didalam lubuk hati Reza. Gadis yang ia taksir sejak ia duduk dibangku kelas 1 SMP.
Bulan Nopember,
Bel tanda masuk pelajaran dimulaipun berdendang, seperti biasa Reza selalu menyempatkan dirinya melirik sang pujaan hatinya Diaz di salah satu bangku yang kebetulan sebangku dengannya. Reza selalu mendapatkan nilai tertinggi dikelasnya sedangkan Diaz selalu mendapatkan nilai terendah dikelasnya. Hari ini akan diadakan ulangan Biologi, sama sekali Diaz belum belajar. Dengan segera dia pindah tempat duduk menuju tempat duduk kosong dekat Reza. Dengan hati yang senang dan berbunga-bunga, Reza mempersilahkan sang bunga hatinya untuk duduk di dekatnya.
“ Ulangan Bioologi nanti lo harus nyontekin gue! Kalau nggak, gue gapar lo! “ , kata Diaz
“Baiklah saying, apapun gue lakukan demi lo”
Suara tawa renyah seketika memenuhi seluruh isi kelas. HA..HA..HA
Pak Tomo ,guru Biologi yang terkenal garangpun masuk dengan sumringah.
“Anak-anak, keluarkan selembar kertas dan peralatan menulis kalian!”
Ulanganpun dimulai. Dengan sigap Diaz terus-terusan menyontek jawaban Reza. Namun, Reza tetap membiarkannya karena Diaz merupakan pujaan hati yang selama ini dia tunggu. Seketika,
“ Diaz, keluar kamu sekarang juga dari ruangan ini!”
“ Tapi , Pak. Saya pengen tetap ikut ulangan ini ”
“ Diaz, keluar kamu sekarang! “
“ Biar saya saja yang keluar, Pak” , seru Reza membela
“ Apa yang kamu lakukan Reza?”
“ Saya rela demi apapun untuk Diaz”
Huuuuuuuuuuuuu.. Seruan sorakan pun terdengar memecah keheningan di dalam kelas.
“ Baiklah, kalian berdua yang harus keluar!”
Dengan enteng, Diaz keluar kelas dan disusul Reza di belakangnya.

Bulan Desember,
Bulan pun berganti, Reza tidak akan pernah merobek kenangannya bersama Diaz di dalam memori nya. Gadis yang ia cintainya. Seperti biasa, Diaz membuat ulah, pagi ini dia sengaja mengumpulkan teman-teman se-geng nya untuk mengadakan tawuran dengan SMA lain istirahat nanti. Pada awal pelajaran dimulai Diaz mbolos dan lebih memilih makan di kantin.
Bel waktu istirahatpun berbunyi, dengan segera Diaz mengajak teman-temannya keluar sekolah dan siap untuk tawuran dengan siswa SMA lain. Tawuran pun berlangsung dengan sengit. Tanpa Diaz sadari sejumlah guru dari SMA-nya berhasil mengetahui dan memanggil Diaz menghadap Kepala Sekolah. Dan akhirnya, apa yang tidak ia inginkanpun terjadi. Skorsing 1 minggu
Selama skors Diaz berlangsung, Reza selalu ke rumahnya untuk membuatkan catatan-catatan pelajaran untuk Diaz. Bahkan dengan setianya , Reza selalu mengajari Diaz setiap dia selesai menyalinkan catatan untuk Diaz.
“ ngga usah lo susah payah kayak gini buat gue! Ngga ada gunanya!”
“ aku akan lakukan ini untuk mu, Aku sangat mencintaimu! “
“ Hahaha, Cuma karena cinta kamu rela seperti ini? Dasar Bodoh! Gue ngga akan nrima lo seandainya lo nembak gue “
“ Tapi Di, aku sangat mencintaimu “


Hari yang tidak diharapkan Diaz pun berakhir hari ini. Skorsing telah berakhir, senyumannya mengembang satu senti kekanan dan satu senti ke kiri. Dia kembali duduk di bangku kelas yang sangat ia rindukan. Kali ini, Reza tampak canggung melihat Diaz. Bukan malu ataupun hal lain, namun ia akan membuat strategi jitu untuk meluluhkan hati sang gadis impiannya. Bunyi bel istirahat berdendang memecahkan gendang telinga, Diaz duduk di sebuah bangku bercat putih di tengah taman luas, asri indah dan permai di sekolahnya. Tempat favorit Diaz dan juga teman-temannya. Dari balik tembok usang, Reza memperhatikan gadis itu dengan saksama dan penuh kasih sayang. Hari ini, Reza merelakan untuk tidak membaca buku bacaannya yang selalu menjadi teman bahkan makanan kesehariannya.
Dia mencoba menulis sebuah untaian kata-kata yang terajut dalam sebuah kalimat hingga menghasilkan suatu karya yang indah. Tulisan yang ia tulis dengan sepenuh hati dengan memperhatikan wajah manis Diaz.

Seandainya kata bisa bicara
Lebih jelas dari hanya sekedar kata
Mungkin aku tak perlu lagi membuat puisi cinta untukmu
Maka izinkanlah goresan tinta
Bicara lebih banyak tentang apa yang tersimpan
Tentang rasa yang ada dalam dada
Aku merasa seperti menginjak bumi pertama kali
Saat bertemu denganmu
Rambut yang indah
Mata yang mempesona
Bibir yang manis
Sebuah kesan yang begitu menggoda darimu
Dan, rasa ini pun lahir
Yang tak bisa terbaca dengan kata-kata
Yang mengusik hati dan pikiran
Aku hanya ingin mengenalmu lebih jauh
Berbincang tentang apapun
Dan menertawakan hembusan angin yang selalu bersama
Tidakkah aku aneh bagimu?
Aku mencoba menebak rembulan
Pun meleset, setidaknya kudapatkan sepotong bintang
Seandainya cintaku hanya bertepuk sebelah tangan
Setidaknya aku telah jujur mengungkapkannya padamu
Dan, apapun aku relakan demi cintaku untukmu
Walaupun , sendainya kamu tidak menyadari ketulusan pengorbananku






Puisi itu, akan Reza persembahkan untuk Diaz.

12 – 12 – 2012
Hari ini, adalah hari libur semester gasal. Reza memiliki sebuah harapan dimana dia akan menyatakan cintanya untuk Diaz. Pagi buta, dia sudah bangun untuk membuka kembali puisi yang telah ia rangkai dengan lembut tulusnya. Di masukkannya tulisan itu di dalam sebuah kotak kecil berbentuk hati berwarna merah muda. Ia kayuh sepeda tua usangnya dan kemudian mengarah ke sebuah toko dimana tercium wewangian semerbak yang membikin hati siapa saja dapat menikmati sebuah ketentraman dalam hati baik yang sedang dilanda kegembiraan maupun kegalauan.
Setangkai bunga mawar merah segar yang Reza pilih untuk sebuah tanda cintanya untuk Diaz. Sebuah tanda pengorbanan yang ia berikan untuk Diaz calon kekasih hatinya. Kemudian , dia arahkan kayuhan sepeda tua menuju salah satu toko aksesoris. Dia akan membelikan Diaz sebuah pengikat rambut yang cantik nan lucu. “ Diaz , semoga kau tidak melihat pemberianku ini dari nilainya. Namun kamu harus melihat pemberianku ini dari ketulusan hatiku saat aku memberikannya untukmu. Sebuah penjerat rambut ini aku lukiskan menjadi sebuah benda yang akan selalu kamu kenakan saat kita akan berkencan nanti “ , sederet ucapan dari hati Reza. Sebuah jepit rambut berwarna biru dengan hiasan seekor kupu-kupu plastic kecil yang menambah cantik penampilannya.
Reza bergegas kembali ke rumah untuk memoles dirinya. Ia kenakan kemeja kesayangannya pemberian dari neneknya saat ia masih duduk di bangku kelas 3 SMP. Sudah lama ia tidak kenakan kemeja itu karena ngga ada satu alasanpun agardia memakainya. Dengan celana jeans hitam yang using pula ia pakai. Ia sisir rambut hitam lurusnya dengan rapi. Berulang kali ia mematutkan diri di depan cermin. Ia sangat yakin Diaz akan menerima cintanya nanti.
Matahari terik menyengat kulit setiap otang yang ada di bawahnya. Reza mengayuh kembali sepeda tuanya. Perasaan Reza kini menjadi bercampur aduk menjadi satu. Seorang Reza yang awalnya terlihat misterius dengan santapan buku setiap detiknya, kini berubah menjadi Reza yang memiliki wajah yang tampan , tinggi , putih dan maco. Beberapa langkah lagi dia akan sampai di rumah Diaz. Sesampainya di depan pintu gerbang perumahan Diaz, ia berhenti sesaat untuk memantapkan hatinya. Disapanya satpam penjaga pintu dengan wajah rupawannya.
Tiba-tiba, Hitam.. gelap .. pekat.. sakit.. semuanya berubah menjadi menyeramkan. Suasana itu begitu membuatku takut, membuat air mataku tumpah. Keadaan yang tadinya cerah berubah menjadi mendengung dengan petir yang membuat semua orang merasa tegang. Pandanganya seolah-olah kabur dan lamat-lama ia perhatikan  sebuah truck dengan kecepatan tinggi menghantam tubuhnya hingga sepeda tua kesayangannya remuk dan hancur berkeping-keping. Tubuhnya terpelanting hingga depan rumah Diaz. Kepalanya terbentur aspal cukup keras.
Diaz lari menghampiri tubuh Reza yang penuh dengan darah yang mengalir dari belakang kepalanya. Wajahnya penuh dengan darah dan luka yang menyayat seluruh pipinya. Wajah tampan Reza berubah menjadi memprihatinkan an menyedihkan. Air matapun jatuh dari matanya yang cantik itu. Air mata hangat dan penuh penyesalan meluncur bebas , mengalir dari pipi Diaz. Ia memeluk erat tubuh Reza yang bersimbah darah dan lemas itu. Banyak orang yang tengah datang menghampiri mereka berdua.
“ Rezaaaaaaaaaaaaa, maafkan aku “ sebuah kalimat penyesalan yang membuat seluruh orang yang menyaksikannya ikut meneteskan sebuah air mata duka.

Diaz baru menyadari adanya sebuah  bingkisan berwarna merah muda dan setangkai mawar merah tergenggam erat di tangan Reza. Di dalamnya terdapat sebuah kotak persegi biru kecil dan  kotak berbentuk hati berwarna merah muda. Perlahan-lahan ia buka kotak demi kotak dengan hati-hati. Ia temukan sebuah jepit rambut berwarna biru dan secarik puisi di dalam masing-masing kotak. Ia baca kata demi kata, kalimat demi kalimat serta bait demi bait puisi yang menggambarkan perasaan hati Reza kepada Diaz. Air mata Diaz kembali mengalir deras membanjiri pipinya. Ia menyesal telah menghiraukan Reza bahkan pernah ia mencaci-maki Reza. Ia telah menyia-nyiakan pengorbanan yang telah Reza berikan untuknya. Pengorbanan demi cintanya untuk Diaz, pengorbanan yang tulus keluar dari lubuk hati seorang kutu buku bernama Reza. Ia pungut kembali setangkai mawar merah itu. Diaz kecup mawar merah itu. Sebuah kelopak mawar yang jatuh membuat air mata Diaz untuk kesekian kalianya mengalir , kini hati Diaz hancur lebur dan jatuh bersama kelopak mawar itu. Ia peluk dan dekap erat tubuh Reza yang lemas itu. “ Apapun, aku relakan demi cintaku untukmu  ” sebuah kalimat yang hingga kini masih terngiang-ngiang di dalam pikiran Diaz. Sebuah kalimat yang tercantum dalam puisi yang telah Reza tuliskan untuk Diaz.  Tangisan penuh penyesalan yang hanya dapat ia perlihatkan untuk Reza. Air mata penuh dosa yang hanya bisa mengalir di depan jasad orang yang telah memberiak suci tulus cintanya, sebongkah pengorbanan untuknya dan kini semuanya telah berakhir bersama dengan kepergian Reza.


Note“Kelopak mawar yang telah jatuh selamanya tidak akan kembali lagi bersatu dengan badan mawarnya. Sama halnya dengan sebuah kisah cinta yang telah terukir manis dalam sebuah tulisan saya. Segala sesuatu yang telah kita sia-siakan selamanya tidak akan pernah kembali untuk kita peroleh kembali. “

Dini Rusnia Astari
X6 / 12



 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Pembahasan tentang Upacara Midodareni

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog



Kelompok 5
Tugas Bahasa Jawa
Upacara Midodareni







Jenenge Anggota :
Anggit Cipto Prasdiko     (02)
Dini Rusnia Astari           (08)
Fajar Sulistyo Nugroho  (10)
M. Faris Aulia Rahma       (14)
Madina Dwi Panuntun     (15)

Karanganyar , 2 Nopember 2011

Upacara Midodareni

Upacara iki dilaksanake ing malem sawise Siraman. Midodareni ateges ndadekne pengantin  wanita  kaya ayune Dewi Widodari. Pengantin wanita arep ditinggal neng kamar kawit jam 6 sore nganti tengah wengi lan dikancani kanca-kanca wadon liyane. Kanca-kancane kuwi kudu omong-omongan lan menehi nasehat kanggo pengantin wanita.
Wong tuane pengantin wanita arep menehi maeman kanggo sing terakhir. Amarga wiwit sesuk dheweke wis dadi tanggung jawabe bojone.
Peningsetan
Peningsetan asale saka kata ‘singset’ utawa langsing,nduweni arti kanggo mempersatuke. Keloro kaluarga pengantin setuju kanggo keloro anake disatuke ing tali pernikahan. Kaluarga penganten lanang teko neng omahe pengantin wanita nggawa hadiah kayata :
1.     Sak set Suruh Ayu  utawa godhong kang wangi mambune , artine ndongake supaya selamet
2.    Ageman batik kang motife bedha-bedha , artine ndongake supaya bahagia
3.    Kain kebaya , artine ndongake supaya seneng
4.    Stagen warna putih , artine kapinginan kang kuat saka pengantin waita
5.    Buah – buahan , artine ndongake supaya sehat
6.    Sepasang cincin kanggo kekalih pengantin
7.    Duwit , kanggo upacara perkawinan

Upacara iku uga disebut upacara Serah-Serahan bias diartine calon pengantin wanita diserahake neng keluarga calon pengantin lanang dadi menantune utawa calon pengantin lanang Nyantri neng omahe calon penganten wanita.
Sesajen kanggo upacara Midodareni :
1.     Sega dimasak nganggo santen
2.    Ayam ingkung sing wis dimasak
3.    Bumbu janganan
4.    Kembang telon
5.    Teh lan kopi pahit
6.    Degan nganggo gula jawa
7.    Lampu lentera sing diurupne
8.    Kembang setaman
9.    Lemper , kue
10.  Pisang Raja
11.   Rokok lan kretek
Barang – barang sing dikekne ning kamar pengantin :
1.     Sak set Kembar Mayang
2.    2 Kendi sing diisi pring , jamu , beras , kacang , lsp. Lan ditutupi kain batik
3.    2 kendi sing diisi banyu kembang setaman ditutupi godhong dadap serep
4.    Ukub yaiku nampan kang isine wangi-wangian godhong lan kembang sing dikekne neng ngisor amben/tempat tidur
5.    Suruh Ayu
6.    Kacang
7.    7 macam kain tradisional

Maeman sesajen bias ditokne saka kamar sawise tengah wengi. Kaluarga lan tamu bisa nyicipi panganan mau.
Nyantri
Saksuwene acara Midodareni , calon pengantin lanang ora oleh mlebu nemoni keluarga pengantin wanita. Kaluarga sing ana ing jero ngomah , calon pengantin lanang oleh lungguh ning ngarep omah lan dikancani anggota kaluarga. Ing wektu kuwi , dheweke mung diwenehi sagelas wedhang putih lan ora oleh ngrokok. Calon pengantin lanang lagi oleh mlebu maem ing tengah wengi. Iku ateges pelajaran menawa dhewke kudu bisa nahan luwe lan godaan.
Sadurunge kaluarga ninggalke omah , wongtuane nitipke anake neng kaluarga calon pengantin wanita. Lan wengi kuwi calon penganten lanang ora mulih ning ngomah. Sawise kabeh metu lan mulih , lagi calon penganten lanang oleh mlebu ning ora oleh mlebu kamar pengantin. Calon mertuane wis nyiapake panggonan kanggo wengi kuwi. Iki disebut Nyantri. Nyantri dilaksanake kanggo alasan keamanan lan praktis. Ngelingi menawa sesuk calon penganten didandani lan disiapne kanggo upacara Ijab lan acara –acara liyane..


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Makalah : Tentang Biosfer : Pengertian, Organisasi, Persebaran di Dunia dan Indonesia

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


KATA PENGANTAR
 
Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esakarena atas berkat dan rahmat-Nya maka tersusunlah makalah ini. Kali inikami membahas topik Biosfer yang kami kutip dari berbagai sumber.Biosfer merupakan salah satu cangkupan yang tidak dapat terpisahkandari siklus kehidupan di bumi. Secara umum kita dapat mengartikanBiosfer sebagai tempat dimana makhluk hidup dapat hidup danberaktivitas untuk kelangsungan hidupnya.

Oleh karena itu kamimengumpulkan berbagai pendapat tentang biosfer dengan harapan dapatmenambah wawasan kita agar semakin terbuka dan mengerti apa yangkita sebut dengan Biosfer.Kami menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari sempurna,oleh karena itu kami sangat mengharapkan dan berterimakasih apabilaanda memberikan kritik dan saran atas makalah ini, sehingga hal tersebutdapat memotivasi kami agar dapat berkarya dengan lebih baik lagi. Tidaklupa kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagipihak-pihak yang mendukung tersusunnya makalah ini








DAFTAR ISI

COVER…………………………………………………………..i
KATA PENGANTAR……………………………………………ii
A.PENDAHULUAN……………………………………………..1
B. PENGERTIAN………………………………………………..1
C. ORGANISASI BIOSFER…………………………………….1
D. PESEBARAN FLORA DAN FAUNA DUNIA……………...6
E. PESEBARAN FLORA DI INDONESIA……………………..8
F.PESEBARAN FAUNA DI INDONESIA……………………..9
G.KESIMPULAN…………………………………………….… 11
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………12




A.  PENDAHULUAN
Semua jenis kehidupan terbatas pada lapisan tipis yang disebut“BIOSFER”. Walaupun tipis, lapisan ini di huni oleh lebih dari 1.500.000macam tumbuhan dan hewan. Berdasarkan etimologi, biosfer berasal darikata ‘Bio’ yang berarti hidup dan ‘sphere’ yang artinya lingkungan ataulapisan, sehingga biosfer mempunyai arti lingkungan hidup serta lapisanpada permukaan bumi yang cocok bagi kehidupan. Keanekaragamantumbuhan dan hewan pada suatu wilayah. Kehidupan akan berkembangdengan baik apabila syarat-syarat tertentu, baik biotik (fisik) maupunbiotic terpenuhi.Istilah persebaran dan penyebaran amat berbeda. Persebaran makhlukhidup memiliki pengertian keberadaan makhluk hidup pada daerahtertentu, sedangkan penyebaran makhluk hidup memiliki pengertian caramakhluk hidup itu sampai di suatu daerah tertentu. Oleh karena itupersebaran makhluk hidup erat kaitannya dengan daya dukung suatudaerah

B.   PENGERTIAN
Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi. Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun usia Bumi.
 
C.  Organisasi Biosfer
Makhluk hidup atau organisme memiliki tingkat organisasi yang berkisardari tingkat yang paling sederhana (protoplasma) ke tingkat organisasiyang paling kompleks (biosfer). Tingkat organisasi dari bawah ke atas,semakin kompleks.
1. Protoplasma
Zat hidup dalam sel dan terdiri atas senyawa organik yang kompleksseperti lemak, protein, dan sejenisnya.
2. Sel
Satuan dasar suatu organisme dan terdiri atas protoplasma dan inti yangterkandung dalam membran.
3. Jaringan
Kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama, misalnya jaringan otot.
4. Organ
Bagian dari suatu organisme yang mempunyai fungsi tertentu, misalnyakaki atau telinga pada hewan dan manusia, daun atau akar padatumbuhan.
5. Sistem organ
Kerja sama antara struktural dan fungsional yang harmonis, misalnyakerja sama antara mata dan telinga, antara daun dan batang padatumbuhan.
             

6. Organisme
Suatu benda hidup, atau makhluk hidup.

7. Populasi
Kelompok organisme yang sejenis yang hidup dan berkembang biak padasuatu daerah tertentu. Misalnya, populasi manusia di Jakarta, populasibanteng di Baluran, atau populasi badak di Ujung Kulon.

8. Komunitas
Semua populasi dari berbagai jenis yang menempati suatu daerahtertentu. Pada daerah tersebut tiap populasi saling berinteraksi. Misalnya,populasi harimau berinteraksi dengan populasi gajah di Sumatra Selatan,populasi ikan emas berinteraksi dengan populasi ikan mujaer di kolam.

9. Ekosistem
 Tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsurlingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakanhubungan timbal balik yang kompleks antara organisme danlingkungannya baik yang hidup maupun tak hidup (tanah, air, udara),yang secara bersama - sama membentuk suatu sistem ekologi.Misalnya, ekosistem hutan mangrove di Segara Anakan atau ekosistem airtawar di Danau TobaSeluruh ekosistem di dunia disebut biosfer. Dalam biosfer, setiap makhlukhidup menempati lingkungan yang cocok untuk hidupnya. Lingkunganatau tempat yang cocok untukkehidupannya disebut habitat.
Dalam biologi kitasering membedakan istilah habitat untuk makhluk hidup mikro, seperti jamur dan bakteri, yaitu disebut substrat. Dua spesies makhluk hidup dapat menempati habitat yang sama, tetapitetap memiliki relung (nisia) berbeda. Nisia adalah status fungsional suatuorganisme dalam ekosistem. Tokoh yang kali pertama mengenalkan istilah ekosistem adalah ahlibiologi berkebangsaan Inggris bernama A. Tansley (1935). Menurutnya,ekosistem merupakan suatu sistem yang meliputi komponen tumbuh-tumbuhan, hewan, serta lingkungan fisik sebagai tempat hidupnya.Komponen-komponen tersebut senantiasa berinteraksi dan salingmemengaruhi antara satu dan lainnya sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya, fungsi utama tumbuhan yaitu sebagai produsen dalammemproduksi bahan-bahan makanan yang diperlukan bagi kelangsunganhidup konsumen (hewan dan manusia).Secara terperinci, Tansley mengemukakan bahwa ekosistem meliputikomponen-komponen antara lain sebagai berikut.• Komponen biotik, terdiri atas:1) tumbuhan sebagai produsen;2) hewan sebagai konsumen, meliputi:a) herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan;b) karnivora, yaitu hewan pemakan daging;c) omnivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan dan daging;d) bakteri dan jamur sebagai pengurai• Komponen abiotik, meliputi iklim dan bahan-bahan anorganik berupamineral-mineral yang terdapat dalam batuan, tanah, air, dan udara.Beberapa contohnya, antara lain Karbon (C), Nitrogen (N), Karbondi oksida(CO2), Air (H2O), Oksigen (O2), protein, karbohidrat, dan lemak.Menurut Charles Kendrich, istilah bioma dapat diartikan sebagai unit-unitgeografis besar yang perbedaannya didasarkan atas tipe-tipe klimaksatau vegetasi dominan (tumbuhan) atau bentuk kehidupan binatang. Padaumumnya, sistem penamaan bioma didasarkan atas vegetasi utama yangmendominasi suatu wilayah di bawah pengaruh iklim. Contoh penamaanbioma antara lain bioma hutan hujan tropik, sabana, stepa (padangrumput), tundra, dan taiga.Ciri-ciri umum yang menandai suatu bioma antara lain sebagai berikut.1. Bioma merupakan komunitas klimaks, artinya pada wilayah tersebutterdapat suatu bentuk vegetasi utama yang mendominasi kawasantersebut, seperti hutan gugur daun, hutan berdaun jarum (hutan konifer),atau padang rumput.2. Bioma terbentuk sebagai hasil interaksi antara unsur-unsur lingkungan,yaitu iklim, tanah, dan organisme yang hidup di lingkungan tersebut(biota).3. Bioma merupakan komunitas (satuan kehidupan) yang cukup mantapdalam periode jangka waktu yang lama, kecuali terjadi suatu kejadiantiba-tiba yang mengganggu kestabilan komunitas. Misalnya, bencanaalam, wabah penyakit, perubahan tatanan iklim global, atau gangguanakibat ulah manusia.4. Suatu jenis bioma dapat mudah dikenali dengan melihat petunjukvegetasi utamanya (vegetasi klimaks).

D.   Persebaran Flora dan fauna DUNIA

a.       Persebaran flora di permukaan bumi
Berikut ini merupakan persebaran flora di permukaan bumi yangdiklasifikasikan dalam beberapa bioma.

1)      Bioma Tundra
Bioma tundra mempunyai karakteristik iklim regional yang sangatekstrim dengan suhu rata-rata rendah, bersalju, dan mempunyaimusim panas yang pendek. Jenis vegetasi yang tumbuh adalahlumut yang membentuk suatu hamparan yang luas atau seringdisebut sebagai ”hamparan bantalan”. Jenisjenis lumut tersebutyaitu dark red, rumput kipas, dan lain-lain. Tersebar di kutub utaradan di Pegunungan Alpine.

2)      Bioma Taiga atau Hutan Boreal
Bioma taiga terletak di kawasan beriklim subartik dengan iklimyang sangat dingin dan musim panas yang sangat pendek. Kisarantemperatur antara suhu rendah dan suhu tinggi sangat besar. Tersebar di Skandinavia, Rusia Timur, Amerika Utara, danbeberapa di kawasan Asia Utara. Jenis vegetasi yang mendominasiadalah jenis vegetasi konifer (tumbuhan berdaun jarum), diantaranya picea, abies, pinus, dan larix

3)      Bioma Hutan Iklim Sedang
Ciri khas dari bioma hutan iklim sedang adalah warna daun yangberwarna oranye keemasan. Hal ini disebabkan karena pendeknyahari sehingga merangsang tanaman menarik klorofil dari daunsehingga diisi pigment lain. Jenis vegetasi yang tumbuh adalahquercus (oak), acer  (maple),castanea dan lain-lain. Tersebar diEropa Barat, Eropa Tengah, Asia Timur (Korea dan Jepang) dan Timur Laut  Amerika. Vegetasi jenis ini hanya dapat ditemui diBenua Eropa serta Asia Timur, karena vegetasi ini hidup padakawasan subtropis dengan iklim semi selama enam bulan sertamengalami musim gugur saat musim kering sampai musim dingin.



4)      Bioma Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan merupakan bioma paling kompleks, jumlah dan jenisvegetasinya sangat banyak dan bervariasi, keadaan itu disebabkanoleh iklim mikro yang sangat sesuai bagi kehidupan berbagai jenistumbuhan. Iklim hutan hujan tropis dicirikan dengan musim hujanyang panjang, suhu udara, dan kelembapan udara tinggi. Terdapatbeberapa lapisan vegetasi dalam hutan hujan, yaitu sebagaiberikut:a) Lapisan vegetasi yang tingginya mencapai 35-42 m, dandaunnya merupakan ”kanopi” (payung) bagi vegetasidibawahnya.b) Lapisan tertutup kanopi dengan ketinggian vegetasi berkisar20-35 m, pada lapisan ini sinar matahari masih bias menembus.c) Lapisan tertutup kanopi berkisar 4–20 m, merupakan daerahkelembapan udara relatif konstan.d) Lapisan vegetasi dengan ketinggian berkisar 1-4 m.e) Lapisan vegetasi dengan ketinggian antara 0-1 m, berupaanakan pohon serta semak belukarBioma hutan hujan tropis tersebar di daerah antara 10º LU dan 10ºLS, termasuk di dalamnya Hutan Amazon (Amerika Tengah), AfrikaBarat, Madagaskar Timur, Asia Selatan (Indonesia dan Malaysia),dan Australia.
 
5) Bioma Savana (Padang Rumput)Bioma savana beriklim asosiasi antara iklim tropis basah dan iklimkering yang terbentang dari kawasan tropika sampai subtropik.Daerah tropika sampai subtropika dengan curah hujan yang tidakteratur menyebabkan tanah di daerah tersebut mempunyai tingkatkesuburan sangat rendah. Vegetasi yang tumbuh adalah rumput-rumputan, seperti
gramineae
 jenis rumput yang hidup sepanjangtahun dengan ketinggian rumput mencapai 2,5 m lebih. Biomainitersebar di Afrika Timur, Amerika Tengah, Australia, dan Asia Timur.6) Bioma GurunBioma gurun dicirikan dengan kondisi iklim musim kering yangsangat ekstrim dengan suhu udara yang tinggi. Bioma gurun initersebar di Amerika Utara yang disebut  praire, di Asia disebut
steppa , Amerika Selatan disebut pampas,dan Afrika Selatandisebut veld 
. Sesuai dengan kondisi alamnya, maka tidak semua jenis vegetasi bisa tumbuh di gurun. Jenis vegetasi yang bisabertahan hidup di daerah gurun antara lain adalah kaktus,
liliaceae, aloe,kaktus saguora, dan cholla.

b. Persebaran fauna di permukaan bumiAlfred Russel Wallace adalah tokoh yang sangat terkenal dalammembahas persebaran flora dan fauna dunia sehingga sering disebutsebagai bapak biogeografi dunia. Alfred Russel Wallece pada tahun 1876membagi persebaran fauna di dunia dalam beberapa provinsi yaitusebagai berikut:

1) Provinsi Zoogeografi Paleartic

Provinsi ini meliputi di Siberia, Afrika Utara, dan beberapa kawasandi Asia Timur. Fauna yang hidup di antaranya harimau siberia,beruang kutub, beaver, dan rusa.

2) Provinsi Zoogeografi Neartic
Provinsi ini meliputi sebagian besar Amerika Utara dan Greenland(kutub utara sampai dengan subtropis). Fauna yang hidup diantaranya antelope, rusa, dan beruang.

3) Provinsi Zoogeografi Neotropical
 
Provinsi ini meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Mexico.Fauna yang hidup di antaranya primata, kelelawar, rodent,trenggiling, dan kukang.

4) Provinsi Zoogeografi Ethiopian

Provinsi ini meliputi Afrika dan Madagaskar. Fauna yang hidup dikawasan ini di antaranya gajah afrika, gorila gunung, jerapah, danlain-lain.

5)   Provinsi Zoogeografi Oriental

Provinsi ini meliputi India, Cina, Asia Selatan dan Asia Tenggara.Fauna yang hidup dalam kawasan ini di antaranya harimau sumatra,tapir malaysia, gajah india, kerbau air, badak, dan lain-lain.

6) Provinsi Zoogeografi Australia

Provinsi ini meliputi Australia, Tasmania, dan sebagian Indonesiabagian timur. Fauna yang hidup di antaranya kanguru, plathypus,kuskus, wombat,
dan lain-lain.

7)  Provinsi Zoogeografi

 Oceanic Tersebar di seluruh samudra di dunia, berupa beberapa jenis ikandan fauna laut jenis mamalia, seperti anjing laut, lumba-lumba, danikan paus.

8)  Provinsi Antartik

Provinsi ini mencakup kawasan di kutub Selatan, jenis fauna yanghidup di daerah ini memiliki bulu lebat untuk menahan dingin sertamemiliki lapisan lemak yang tebal pula. Fauna daerah ini diantaranya rusa kutub, burung penguin, anjing laut, kelinci kutub,dan beruang kutub.

E.   Persebaran flora di Indonesia

 Persebaran flora dan fauna di Indonesia sangat dipengaruhi sejarahgeologi Indonesia Kurang lebih satu juta tahun yang lalu, Sumatra, Jawa dan Kalimantan menjadi satu dengan Benua Asia, serta Papuabersatu dengan Benua Australia, sedangkan Sulawesi dan KepulauanNusa Tenggara merupakan pulaupulau yang tidak pernah bersatudengan benua/daratan manapun.
      Posisi Sulawesi yang terisolasi dalam waktu cukup lama memungkinkan terjadinya evolusi berbagai jenis spesies yang unik sehingga pulau ini mempunyai tingkatendemisme flora maupun fauna yang cukup tinggi. Indonesiamerupakan suatu negara yang luas dan kaya akan kekayaan alamyang dapat dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi. Secara geografi kita akan mengelompokkannya secara keruangan yaitudalam beberapa ekosistem. Kekayaan flora Indonesia terbagi dalambeberapa ekosistem, yaitu sebagai berikut.
1)      Hutan Pegunungan
Hutan pegunungan ini luasnya mencapai 65% dari seluruh hutanyang ada di Indonesia. Vegetasi didominasi oleh jenis Dipterocarpaceae
seperti  meranti  merah, keruing, nyatoh danlain-lain. Tersebar di Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.
2)      Hutan Sub-Montana dan Montana
Hutan ini terdapat pada ketinggian antara 1300-2500 m,vegetasi yang tumbuh jenis  Lauraceae danFagaceae,sedangkan suku Dipterocarpaceae
sedikit dijumpai
3)      Hutan Savana
Hutan savana terdapat di Papua, Nusa Tenggara Timur, sertasedikit dijumpai di Maluku. Di Papua vegetasi hutan savanamerupakan asosiasi antara padang rumput dan
Ecalyptus spp, diMaluku merupakan asosiasi antara padang rumput dan Malauleca serta di Nusa Tenggara Timur asosiasi antara padang rumputdengan Ecalyptus alba,
serta tersebar tidak merata pohon lontar(sejenis palem-paleman)
4)      Hutan Rawa
Hutan rawa ialah hutan yang selalu tergenang oleh air tawar baikmusiman ataupun sepanjang tahun. Hutan rawa banyak tersebardi sepanjang pantai timur Sumatra, pantaipantai di Kalimantan,Papua, dan beberapa di Jawa. Vegetasiyang tumbuh pada hutanini di antaranya jelutung, binuang, rengas, nibung, rotan, pandan,dan palem-paleman
5) Hutan GambutHutan gambut terbentuk dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan dimasa lampau yang berjalan terus-menerus sehingga terbentuksuatu lapisan tanah. Dilihat dari proses pembentukan tanah dihutan gambut tersebut menunjukkan bahwa hutan ini memilikikandungan bahan organik yang cukup tinggi. Vegetasi yangtumbuh adalah jenis ramin ( Gonystilus bancanus) serta beberapaterdapat meranti rawa dan jenis dari Agathis

6) Hutan Pasang Surut
 
Hutan ini berada di kawasan terjadinya pasang surut pantai,hutanini juga sering disebut sebagai hutan mangrove. Ciri khas darihutan ini adalah sistem perakaran tumbuhan bakau yangmenonjol disebut sebagai akar nafas (pneumatofor) yangmerupakan bentuk adaptasi tumbuhan untuk mendapatkanoksigen karena tanah pada hutan ini miskin oksigen bahkananaerob. Vegetasi yang tumbuh adalah rhizopora, avecinia,sonneratia, bruguinera,  dan ceriop.
 Tersebar di SumatraKalimantan, Maluku, Bali, Jawa, dan Papua.







F. Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran fauna di Indonesia menurut Wallace terbagi dalam 3 bagianyaitu bagian barat, bagian peralihan, dan bagian timur.Ketiga daerah inidipisahkan oleh Garis Wallace dan Garis Webber :
1)      Bagian
 BaratBagian barat ini termasuk dalam provinsi zoogeografi Asiatis yangmeliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Fauna yang hidup dikawasan ini adalah harimau Sumatra, macan tutul, banteng, ularkobra, badak bercula satu, burung elang jawa, dan burungrangkong.
2)      Bagian Peralihan
Bagian ini adalah kawasan unik dan khas yang disebut juga sebagai Wallace region. Kekhasan fauna di kawasan ini ialah terdapatnyafauna yang mempunyai kemiripan dengan fauna kawasan asiatis(tapir dan monyet) tapi juga mirip dengan fauna yang ada dikawasan Australia (kakatua dan musang). Fauna di bagian peralihanantara lain anoa, tarsius, burung maleo, burung alo, babirusa,musang sulawesi, kuskus, dan burung jalak sulawesi.
3)      Bagian Timur
Bagian ini termasuk dalam provinsi zoogeografi Australian, yangmeliputi Maluku dan Papua. Fauna yang hidup diantaranya kuskus,kanguru, burung cendrawasih, buaya irian, penyu sisik, dan monyetekor panjang.
 



G.KESIMPULAN

1.Biosfer adalah lapisan atau bagian bumi yang menjadi tempatmakhluk hidup atau dalam arti luas , biosfer memiliki maknamakhluk hidup serta lapisan pada permukaan bumi yang cocok bagikehidupan

2.Istilah Bioma menyangkut kumpulan spesies (terutama tumbuhan)yang mendiami tempat tertentu di bumi , namun bioma dicirikanterutama oleh vegetasi tertentu yang dominan dan langsungterlihat jelas di tempat tersebut .




DAFTAR PUSTAKA


buku paket geografi yudistira kelas 1
buku paket geografi erlangga kelas 2



 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com