Social Icons

Selasa, 14 Januari 2014

Macam Genre & Istilah dalam Anime & Manga

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

Bishoujo : anime/manga yang dibuat khusus untuk kesenangan cowok dewasa.Intinya tokoh-tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cewek-cewek cantik.
Bishounen : anime/manga untuk kesenangan cewek/wanita.Intinya tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cowok-cowok cakep. (misal : perfect girl evolution dll)
Harem : genre anime/manga yang berupa seorang tokoh cowok dikelilingi oleh banyak tokoh cewek. (misal Ichigo 100%, aoi yori aoshi dll)
Mecha : Anime/manga yang berunsur robot & perang.Awalnya diperuntukan untuk shonen tapi shojo sudah mengambil bagiannya juga. (misal : magic knight rayeart, gundam series dll)
Magical Girl : anime/manga yang berunsur sihir dengar main chara shoujo.(misal : sailormoon, cardcaptor sakura dll)
Sentai : anime/manga yang berunsur militer,biasanya menceritakan sejarah yang nyata seperti PD I & PD II. (termasuk group shonen)
Senshi : unsurnya sama dengan sentai namun lebih sering dipakai untuk group shoujo.
Shoujo-ai : anime/manga yang bertemakan girl relationship alias hubungan cewek X cewek, hanya sebatas teman dekat(intim), tapi tidak sampai pada tarap seksual.
Shonen-ai : anime/manga yang bertemakan boy relationship,atau hubungan cowok X cowok, tidak sampai tarap seksual.
Yuri : anime/manga yang bertemakan cewek X cewek (tingkat atas genre shoujo ai) yang berakhir dengan hubungan seksual.
Yaoi : anime/Manga yang bertemakan cowok X cowok (tingkat tinggi dari genre shonen-ai),yang berakhir dg hubungan seksual. Genre ini digemari oleh para cewek dan sebagian besar mangakanya adalah perempuan. Sebutan untuk cewek penyuka genre ini yaitu fujoshi, sedangkan untuk cowok fudanshi.
Ecchi : menunjukan sedikit konten vulgar.Ecchi merupakan lafalan bahasa Jepang pada huruf roman ‘H’ dan H Ini mewakili hurup pertama Hentai,namun Ecchi tidak sampai pada tahap seksual.
Hentai : anime/manga genre tingkat atas Ecchi yang berakhir dengan hubungan seksual.
Anime : [dibaca a-ni-me bukan anim] yaitu animasi khas Jepang singkatan dari animeshon(pelafalan orang Jepang untuk animation).Yang biasa dicirikan dg gambar-gambar bergerak yang berwarna warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pd beragam jenis penonton.Anime dipengaruhi gaya gambar manga.

Cosplay : (costum play) atau disebut jg cosu.Suatu acara dimana para fans anime berkreasi dg kostum yang mereka kenakan.Kostum tersebut bisa mereka curi modelnya dari karakter anime/manga.Orang yang melakukan cosu disebut cosplayer.
Chara : karakter/tokoh yang ada dalam anime (chara–>character)
Doujinshi : semacam fanart,yaitu membuat cerita sendiri dg karakter dari anime/manga yang sudah ada atau populer.
Fanservice : adegan yang sengaja dibuat oleh sang mangaka untuk menyenangkan atau merefreshkan pikiran para penggemar dan umumnya FS itu berbau ero.
Fanart : karya para fans berupa gambar chara yang mereka inspirasi dari anime/manga favorit mereka.
Fanfic : cerita karangan dari fans yang menggunakan tokoh/karakter ataupun modifikasi cerita dari sebuah anime/manga.(singkatan dari fanfiction)
Figure : boneka berbentuk tokoh anime/game/manga.
Fujoshi : sebutan untuk cewek-cewek yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi.
Fudanshi : sebutan untuk cowok-cowok yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi(jarang ini)
Manga : [dibaca man-ga/ma-ng-ga] merupakan komik dalam bahasa Jepang,diluar Jepang kata tsb digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.
Mangaka : [dibaca man-ga-ka/ma-ng-ga-ka] adalah orang yang menggambar manga,disebut juga komikus kalau di indonesia.
Otaku : sebutan untuk orang-orang yang freak terhadap sesuatu(anime,manga,game)
Lolicon : orang dewasa (pria) yang menyukai anak kecil perempuan.
Shotacon : orang dewasa (wanita) yang menyukai anak kecil laki-laki
OAV/OVA : (Original Video Animation),format dari anime yang tidak ditayangkan di TV,yaitu dalam format video yang dijual bebas di pasaran.
SD : yang jelas bukan Sekolah Dasar,yaitu Super Deformed.Istilah yang digunakan dalam penggambaran karakter anime/manga dg size kerdil,tetapi proporsi tubuh tetap pas.
Chibi : berbeda dg SD.untuk istilah chibi lebih mendekati kesan imut/cute.Perbedaannya hampir tipis dg SD,Pada chibi proporsi ukuran kepala lebih besar ketimbang badan.Biasanya digunakan untuk adegan Joke.
Tankoubon : istilah dalam b.Jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf.
Seiyuu : dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber.
Ero : hal-hal yang berbau erotisme.
Yaoi : (singkatan dari yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi)istilah lainnya Boys Love/shonen ai.Istilah untuk anime/manga berbau homoseksual.
Yuri : istilah lainnya Shoujo ai kebalikan dari Yaoi,yaitu istilah untuk anime/manga berbau lesbong (wkwk)
Hentai : konten bermateri seks.Mempunyai arti ‘aneh’ karena pada umumnya anime/manga berkonten hentai cenderung menyimpang atau bisa dibilang aneh.
Ecchi : bisa diartikan berkonten porn,tetapi mempunyai batas-batas tertentu(porn ringan)
Uke : berasal dari kata kerja ukeru(menerima).Istilah yang digunakan untuk pair di anime/manga bergenre yuri/yaoi.
Seme : berasal dari kata kerja semeru(menyerang)
Seke : (seme-uke)si tokoh bisa jadi seme maupun uke.
Fukidashi : balon teks pada manga
Omake : bonus berupa cerita pendek/kumpulan gambar manga.
Source : http://furahasekai.wordpress.com/

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Penjara yang buat Napi Betah

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

Penjara Ini Buat Napi Betah DipenjaraSaat kita mendengar kata penjara atau lembaga pemasyarakatan yang terlintas dalam benak kita tentunya sebuah tempat hukuman dengan kondisi yang tidak menyenangkan dan membuat semua orang yang ada didalamnya ingin segera keluar dari sana. Namun semua banyangan buruk tentang penjara tersebut akan sirna saat kita menengok Penjara San Antonio yang berada di Pulau Margarita, Venezuela. Penjara ini mampu membuat para napi yang ada didalamnya betah tinggal berlama-lama di penjara ini.

Seperti dilansir oleh New York Times, Penjara San Anonio ini bisa dikatakan sebagai penjara paling menyenangkan di dunia. Di penjara ini tidak ada peraturan-peraturan yang ketat dan keras bagi para napi, mereka bebas melakukan apapun yang mereka mau kecuali kabur dari penjara ini. Segala tindakan untuk melarikan diri mungkin saja berujung pada maut bagi sang napi mengingat ada beberapa penembak jitu yang disebar di setiap menara pengawas.

Penjara Ini Buat Napi Betah DipenjaraTapi sebenarnya para penembak jitu tersebut tidak terlalu dibutuhkan bagi penjara ini. Jangan berpikir untuk kabur, sebagian besar napi justru merasa sangat senang bisa berada di penjara ini. Di penjara ini para tahanan mendapatkan banyak keistimewaan, mereka bahkan bisa bekerja dan mendapatkan uang. Mereka bisa membuka usaha yang kira-kira dibutuhkan oleh para penghuni lainnya seperti menjadi tukang cukur, penjual obat, bahkan mereka juga bisa beternak ayam di dalam penjara ini.


Keistimewaan yang paling mewah dalam penjara ini adalah para napi ini diberikan kebebasan untuk membawa istri serta anak-anak mereka untuk tinggal di dalam penjara ini. Bagi napi yang belum memiliki keluarga mereka boleh membawa pacar mereka ke dalam penjara. Di dalam penjara ini juga disediakan kolam renang serta tempat bermain bagi anak-anak para napi tersebut.

Pada setiap akhir pekan, penjara ini dibuka sebagai semacam tempat wisata bagi orang umum. Mereka bisa berkeliling melihat kondisi penjara dan bagaimana kehidupan para napi di dalamnya. Tampaknya penjara ini mencoba mengajarkan cara hidup yang baik pada para napi yang ada didalamnya dengan cara yang manusiawi. Bukan mengajarkan dengan kekerasan dan paksaan, namun mereka justru memilih untuk megajarkannya dengan secara langsung membuat para napi ini menjalani bagaimana cara hidup yang baik.

Source : http://tobeeinspired.blogspot.com/2013/10/penjara-terbaik-di-dunia.html

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Senin, 13 Januari 2014

Tentang SNMPTN 2014

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

Informasi Umum SNMPTN 2014


Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.
Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di PTN.
Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah seharusnya melakukan kewajiban untuk mendorong dan mendukung siswanya dalam proses pendaftaran siswanya.

Tujuan

Tujuan SNMPTN adalah:
  • memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  • mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.

Ketentuan Umum

  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran

Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang:
  • mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS,
  • memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (sampai semester 7 bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Penerimaan

Lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran.

Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran

  1. Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada lamanhttp://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. 
    Sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet, proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS6 Januari – 6 Maret 2014
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran17 Februari – 31 Maret 2014
Proses Seleksi1 April – 26 Mei 2014
Pengumuman Hasil Seleksi27 Mei 2014
Pendaftaran Ulang di PTN
masing-masing bagi yang lulus seleksi
17 Juni 2014
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  • Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2014 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Biaya Seleksi

Biaya seleksi ditanggung Pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.

Prinsip dan Mekanisme Seleksi

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya, dan hasil ujian nasional,
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  • menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif, adil, dan akuntabel; sehingga daya tampung PTN tidak harus dipenuhi.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:
  • Siswa pelamar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan

Penerapan secara tegas bagi calon mahasiswa dan/atau sekolah yang melakukan kecurangan dengan sanksi sebagai berikut:
  • Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya
  • Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2014
    Gedung Rektorat Unpad,
    Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung 40135,
    Telepon (022) 842 88842,
    Faksimile (022) 842 88899

Lain-lain

  • Siswa pelamar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  • Perubahan ketentuan yang berkait an dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2014 akan diinformasikan melalui lamanhttp://www.snmptn.ac.id.

Source : http://snmptn.ac.id

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Senin, 06 Januari 2014

Daftar Jurusan / Prodi PTN di Indonesia (IPA & IPS)

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

Jurusan / Program Studi PTN di Indonesia

Kelompok                 : IPA (Eksakta)
Kelompok ilmu                : Ilmu-ilmu Sains
No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
1
I. ILMU-ILMU SAINS
: Matematika
Analisis, Aljabar, Matematika Terapan, Geografi Analis, Kalkulus, Finite Elemen Method.
Untuk menjadi mahasiswa matematika tidak perlu harus berbekal jenius. Dalam belajar matematik sangat diperlukan kerajinan yang tinggi dan mempunyai kesukaan terhadap matematika.
BATAN, LAPAN, DPU, DEPTEN, HANKAM, LIPI, IPTN, BPPT, Bakorsultanal, Perusahaan Komputer, Swasta, Profesional, Dosen, Pertamina, Telkom, Poltek, Union Oil, dsb.
USU, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UGM, ITS, UNAIR, UNIBRAW, UNHAS, UNSRI, UNSYAH, UNRI, IKIP.
2
Statistika
Statistika,
Statistika Terapan, Matematika Dasar, Matematika Terapan, Kalkulus Dan Geometri Analisis
Dasar dari ilmu statistika adalah matematika, maka harus cinta terhadap matematika, diperoleh sikap kritis, suka berpikir logis. Mampu membuat rancangan prediksi dan estimasi.
Hampir semua instansi pemerintah/swasta butuh sarjana statistika, sebagai peneliti di BPS, LIPI, BPPT, Bank, Perusahaan Swasta, Dosen, Pertamina, Telkom, Poltek, dsb.
UNPAD, UGM, ITS, ITB, PTN Lain: sub jurusan dari jurusan Matematika.
3
Ilmu Komputer
Dasar Kerja Komputer, Pengolahan Data, Statistika.
Diperlukan dasar matematika yang kuat, seperti aljabar, vektor, geometri analitik, kalkulus, aljabar linear, dan statistika.
Perusahaan komputer, programer, perumtel, asuransi bank, perminyakan, LIPI, LAPAN, PPPT, BPS, pertamina, Telkom, Poltek, dsb.
UGM, UI, ITB disebut jurusan Informatika
4
Fisika
Fisika murni, fisikai inti, fisika modern, elektronika, instrumentasi, geofisis, optic.
Diperlukan daya analitik yang kuat, menguasai matematika, harus tekun, sabar dan teliti. Banyak referensi dan praktikum, progresif thinking.
BATAN, BPPT, IPTN, LAPAN, PUSPITEK, P3FT, LIPI, LEN, LIN, ASTRA, Perusahaan swasta, dosen, Sclumbeger, Caltex, Union Oil, dsb.
ITS, ITB, UNAIR, UGM, UNHAS, UNPAD, UNRIAU, USU, UI, UNSYIAH, UNSRI, UNDIP, IKIP.
5
Fisika
Geofisika mempelajari bumi dengan menggunakan metode dan kebiasaan-kebiasaan fisika, fisika, dasar dan terapan.
Diperlukan dasar yang kuat fisika dan matematika. Dapat bekerja sama dengan orang lain, menggunakan bahasa inggris, juga diperlukan ketahanan fisik yang kuat. Banyak penelitian lapangan.
Perusahaan minyak seperti Caltex, Pertamina, Mobil Oil, Union Oil, Philips, Petrolium, Sclumbeger, Dept. Pertambangan, Geologi, Direktorat Minyak Dan Gas, Direktorat Volkanologi, Dept. Transmigrasi, Penelitian, Dosen, dsb.
ITB, UGM.
6
Elektronika dan Instrumentasi
Menekankan pemahaman tentang magnet, listrik, termodinamika, dan gelombang
Membuat/menciptakan dan inovasi piranti elektronik
LIPI, LAPAN, BPPT, IPTN, Perumtel, INDOSAT, Perusahaan Komputer, Dosen, PNS, Perusahaan Elektronik, ABRI, dsb.
UGM
7
Astronomi
Menyelidiki benda-benda dan isinya dalam jagad raya (makro kosmos)
Astronomi adalah bukan astrologi (ramalan bintang), tetapi bidang ilmiah yang mempelajari jagat raya. Merupakan Fisika Antariksa. Harus berjiwa pionir dan merupakan bidang yang futuristik
LAPAN, Peneliti di AU, AL, NPPT, Planetarium, Wartawan, Observatorium, Dephub, Dosen, LIPI, Jurnalis.
ITB




















No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
9
Geografi
Geografi Manusia, Geografi Fisika, Geografi Teknik.
 Diperlukan dasar-dasar ilmu kealaman, mempunyai ketahanan fisik yang kuat, rajin, cermat dalam melakukan praktikum laboratorium, penelitian lapangan.
LIPI, DPU, LAPAN, PEMDA, BKKBN, Departemen Transmigrasi, DPD, Dinas Agraria, Statistik, Konsultasi Survey, Dosen.
UI, UGM, IKIP.
10
Biologi
Botani, Zoologi, Biologi Lingkungan, Mikrobiologi, Biokomia.
Karena banyaknya kegiatan lapangan dan laboratorium, maka harus memiliki jiwa tekun, teliti, sabar, tidak buta warna.
Lembaga Biologi Nasional, Namru, UPI, Pertamina, Industri Pertanian, Industri Farmasi, Industri Peternakan, Kesehatan Kehutanan, Dosen.
UGM, UI, IPB, ITB, UNAIR, UNDIP, UNIBRAW, USU, UNUD, UNHAS, UNPAD, UNSOED, UNILA, UNSRI, UNAND, UNSYIAH, IKIP.
11.
Farmasi
Anatomi Fisiologi Tumbuhan, Mikrobiologi, Parasitologi, Sistematik Tumbuhan, Ilmu Kimia, Ilmu Fisika, Farmakologi
Diperlukan dasar-dasar Ilmu Kimia, Biologi, Matematika dan Fisika. Suka pekerjaan laboratorium, memiliki daya analisis, tekun dan teliti, memiliki indra penciuman yang tajam dan tidak buta warna
Apotik, Rumah Sakit, Industri Farmasi, Industri Bahan Makanan, Kosmetika, Jasa Pengawas Farmasi, DEPKES, Apoteker, Dosen
UGM, UNAIR, ITB, UNHAS, UNPAD, USU, UI, UNAND



Kelompok Ilmu : Ilmu – Ilmu Kesehatan


No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
1
Pendidikan Dokter
Ilmu Kedokteran Dasar Umum, Ilmu Kedokteran Dasar Klinik, Ilmu Kedokteran Medik, Ilmu Kedokteran Bedah, Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Karena akan dihadapkan pada praktikum yang padat dan literatur asing, maka diperlukan adanya keaktifan membaca, menghafal, memahami, tekun, teliti dan harus tidak punya sikap jijik terhadap benda-benda tertentu, betul-betul berminat pada bidang kedokteran.
Sebagai Dokter Puskesmas, Dokter Rumah Sakit, Dokter Perusahaan, Dokter Militer, Pendidik atau meneruskan ke spesialis, Dosen, Dokter Olahraga.
UGM, UNS, UNDIP, UNIBRAW, UI, UNRAT, UNSYIAH, UNUD, UNAIR, UNHAS, UNPAD, USU.
2
Kedokteran Hewan
Astronomi dan Penyakit Hewan, Reproduksi dan Inseminasi Buatan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Penjagaan Kesehatan Hewan.
Yang harus dikuasai Zoologi, Botani Kimia Organik. Harus memiliki daya ingat yang baik, teliti dan tekun, memiliki rasa kasih sayang kepada hewan dan tidak jijik, diutamakan yang benar-benar berminat.
Dept. Peternakan, Dept. Perdagangan, LIPI, PPA, LPPH, PUSPEN, Idustri obat-obatan dan makanan ternak, rumah potong hewan, perusahaan obat dan makanan ternak, Dosen.
UGM, IPB, UNAIR, UNUD.
3
Kedokteran Gigi
Biokimia, Anatomi, Fisiologi, Histologi,Parasitologi,Patologi, Farmasi,Penyakitdalam,Bedah, THT,Syarat,Jiwa,Kulit,dsb
Diperlukan bakat ilmu biologi dan kimia yang kuat dan yang cukup, harus berwawasan progresif
Rumah sakit, Lembaga kesehatan,Pendidikan dan pelatihan,Praktik sendiri,Dosen
UGM, UNAIR, UI, UNPAD, UNHAS, USUS

4
Kesehatan Masyarakat
Manajemen Rumah Sakit, Pencegahan Penyakit Masyarakat melalui berbagai penyuluhan
Dibutuhkan jiwa pionir, profesi yang prospektif
Rumah sakit,.DEPKES, Dosen, Wiraswasta
UI, UNDIP, UNHAS, USU


Kelompok Ilmu : Ilmu Teknik

No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
1
Teknik Arsitektur
Perencanaan, Pemukiman, Perencanaan, Teknologi, Bangunan, Gambar Teknik



Diperlukan pemahaman terhadap ilmu Fisika, Matematika, Ilmu Sosial dan memiliki ketrampilan menggambar dan banyak inisiatif, kreativitas tinggi dan fisik yang kuat, harus berjiwa senang menggambar
Perancang dan Penasihat Teknik Konsultan, DPU, BAPPENAS, LIPI, BPPT,Perusahaan Swasta,Dosen, Wiraswasta,dll
UI, UGM, ITB, ITS, UNHAS, UNDIP, UNIBRAW, UNS, UNUD, UNSRAT
2
Teknik Elektro
Teknik Tegangan Listrik, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Teknik Keisyaratan Listrik, Teknik Sistem, Gambar Teknik  Sarjana teknik tidak sama dengan montir elektro
Disini diperlukan dasar Matematika dan Fisika yang kuat. Merupakan pengambang/inovator dibidangnya
LIPI, TELKOM, BPPT, Industri elektro, Unit-unit Tele-komunikasi, Pusat Tenaga Listrik, Lembaga Elektronika Nasional, PLN, Pusat-pusat Komputer, Dosen
ITB, UGM, UI, ITS, UNHAS, USU, UNDIP, UNIBRAW, UNUD, UNSRI, UNTAN, IKIP
3
Teknik Industri
Teori Industri dan Teknologi Mesin dan alat-alat yang digunakan, Pengelolaan Pabrik, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Tenaga Kerja, Gambar Teknik.
Harus berjiwa pemimpin. Merupakan penerapan ilmu ekonomi dan manajemen dalam teknologi. Dasar utamanya adalah teknik mesin.
BPPT, Industri Semen, Industri Tekstil, Industri Pupuk, Industri Logam, Industri Permesinan, Industri Kimia, Dept. Perindustrian, Konsultan, Dosen, Swasta.
UGM, ITB, UI, ITS, UNDIP, USU, UNSRI, UNSYIAH.
4
Teknik Kimia
Operasi Teknik Kimia, Matematika dan Teknik Kimia, Termodinamika, Proses Teknik Kimia.

Sebagai dasarnya adalah matematika dan fisika harus kuat senang terhadap penemuan dan gagasan baru. Mewujudkan piranti yang berdasarkan proses kimia. Contoh mesin oksigen hydrogen pesawat NASA
BPPT, Industri Pengolahan Mineral, Semen, Minyak, Kertas, Tekstil, Cat, Obat-obatan, Dept. Perindustrian Lembaga Penelitian, Dosen, Swasta.
UGM, ITB, UI, ITS, UNDIP, USU, UNSRI, UNSYIAH.
5
Teknik Sipil
Teknik Sipil Kontruksi, Teknik Sipil Transportasi, Teknik Sipil Hidro, Teknik Sipil Pengairan, Teknik Penyekatan, Manajemen Kontruksi, Mekanik Teknik, Gambar Teknik.
Sebagai dasar adalah Fisika, Matematika dan Statistik. Sebagai mahasiswa dituntut mampu menuangkan pemikiran, perhitungan, dan ide-ide dalam wujud gambar rencana dan uraian tertulis praktis, serta tekun, banyak kerja praktek.
LIPI, BPPT, DPU, Dept. Pertambangan Dan Energi, Dept. Transportasi, Dept. Pertanian, Dept. Dalam Negeri, Dept. Pertahanan dan Keamanan, Lembaga-lembaga Pemerintah, Perusahaan Swasta, Dosen, Kontraktor, Konsultan.
UGM, ITB, ITS, UI, UNS, UNIBRAW, UNDIP, UNHAS, USU, UNUD, UNSYIAH, UNSRAT, UNSRI, UNTAN, UNAND, IKIP.
6
Teknik Mesin
Teknik mesin analitik, logam dan pengerjaannya, pesawat tenaga, pesawat kerja.
Menemukan dan Inovasi, serta merekayasa mesin-mesin untuk menunjang kebutuhan manusia. Dasar Matematika dan Fisika harus kuat.
Industri Baja, Industri Perakitan Pesawat, Industri Kapal, Industri AC, Almari Es, Diesel, Mesin Industri Kimia, Dosen.
UGM, ITB, ITS, UI, UNDIP, USU, UNHAS, UNSYIAH, IKIP.
7
Teknik Perkapalan
Cara membuat dan merawat mesin Kapal, cara membuat kontruksi Kapal.
Dasar Matematika yang kuat, Fisika dan Proyeksi/gambar teknik harus kuat.
Perusahaan Perkapalan, PT PAL, BPPT, Dosen
ITS, UNHAS, UNPAT






No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
8
Teknik Fisika
Pemanfaatan ilmu fisika untuk instrumen gedung / ruangan, mengatasi kebisingan, alat pemanas / pendingin ruangan, dsb
Dasar Matematika, Fisika dan Kimia harus kuat. Merupakan bidang yang futuristik.
IPTN, BPPT, LAPAN, Perumtel, INDOSAT, ELNUSA, Dosen, Perusahaan/pabrik.
ITB, ITS
9
Teknik Penyehatan
Pemanfaatan air untuk air minum atau keperluan industri pembuangan air kotor dan sampah, Pengolahan air industri, ilmu kesehatan masyarakat dan pelestarian lingkungan
Bidang rekayasa keadaan dan potensi lingkungan sebagai pendukung bidang teknik sipil. Teknik Penyehatan ITB kini disebut Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknologi Sipil dan perencanaan.
Konsultan, Peneliti di Perusahaan swasta, perusahaan asing, DEPKES, BAPENAS, BPPT, Dosen, Kontraktor
ITB
10
Teknik Planologi (Perencanaan
 Wilayah Kota)
Bidang teknik Sipil, Ilmu-ilmu sosial ekonomi politik dan budaya
Perencanaan wilayah/kota meliputi aspek fisik, ekonomi, sosial, budaya,,politik, hukum, dan aspek lainnya.
Perancang, Konsultan di Perusahaan Komputer, dosen, IPTN, Bank
ITB, UNDIP
11
Teknik Komputer (Informatika)
Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Komputer, rekayasa teknologi.
Dasar Matematika, Bahasa Inggris dan Fisika harus benar-benar kuat.
Perancang, Konsultan di Perusahaan Komputer, dosen, IPTN, Bank
UGM, ITB, UI, ITS
12
Teknik Penerbangan
Cara membuat/merawat mesin pesawat, cara membuat kontruksi pesawat
Dasar utamanya adalah teknik mesin,
Kemampuan matematika dan fisika harus kuat
Ahli teknik penerbangan, IPTN, BPPT, LAPAN, Dosen, Perusahaan Penerbangan seperti: Garuda Sempati Air, dll.
ITB
13
Teknik Metalurgi
Hal-hal yang berhubungan dengan metal (logam), mencari dan mengolah bahan yang dpat menjadi logam.
Merupakan pengkhususan dari teknik mesin, teknik Kimia dan teknik industri
PT. Krakatau steel, PT. Timah, PT Aneka Tambang, Lembaga geologi dan Pertambangan Nasional, Dosen.
UI
14
Teknik Geodasi
Geodasi Sains, geodesi Praktis, Fotogrametri, Aerial Fotogrametri, Taresterial fotogrametri, Kartografi
Dasar-dasarnya harus memiliki ilmu matematika dan fisika yang kuat, serta memiliki kemampuan analitik, suka berfikir kritis, memiliki kemampuan survival, anggota badan normal, tidak buta warna, memiliki pandangan sterioskopik yang baik, pionir bagi bidang teknik sipil
Badan koordinasi survey dan Pemetaan Nasional, Dinas Agraria, ABRI, Kantor-kantor, Pajak, Bappenas, Dinas Pendapatan Daerah
UGM, ITB
15
Teknik Nuklir
Teknologi Reaktor, Teknologi Nuklir, Bidang Kedokteran, Bidang Industri makanan, Bidang Industri Logam, Bidang Pertanian
Ilmu yang harus menguasai matematika, kimia, serta memiliki sifat cermat, teliti dan disiplin yang tinggi. Merupakan bentuk terapan dari Fisika inti dari Kimia
BATAM, BPPT, IPTK, Radiologi, RS, Pertanian. Industri makanan, Industri logam, Industri plastik pembibitan
UGM
16
Teknik Geologi
Geologi Fisika, Geologi Sejarah, Geologi Terapan, Geologi Foto dan Peta
Menguasai matematika, fisika-mekanika, kimia dan biologi, serta disyaratkan memiliki kesehatan yang baik, ketahanan dan kekuatan fisik yang cukup, dan tidak cacat jasmani. Merupakan explorasi kandungan bumi
Pertambangan, perminyakan, kontruksi, Dinas Pengawasan Gunung Berapi, Lembaga Penelitian dan Pendidikan BATAN, Perusahaan Asing
UGM, ITB, UNPAD, UNHAS






No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
17
Teknik Geofisika
Mempelajari tentang pencarian dan pengolahan bahan-bahan tambang
Penunjang Geolog dalam explorasi kekayaan yang terkandung dalam Bumi. Bagian khusus dari teknik geologi
Direktorat Vulkanologi, Caltex, Perusahaan minyak seperti : Mobil Oil, Union Oil, Dosen
ITB
18
Teknik pertambangan
Mempelajari tentang pencarian dan pengolahan bahan-bahan tambang.
Dikhususkan pada kandungan minyak bumi dan bangunan
PT. Aneka tambang, lembaga Geologi dan pertambangan nasional, perusahaan minyak dan gas, dosen, perusahaan asing.
ITB, UNSRI
19
Teknik perminyakan
Mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan minyak, mencari dan mengolah bahan yang dapat dibuat minyak.
Dikhususkan pada kandungan minyak bumi.
Perusahaan-perusahaan perminyakan, Pertamina, Caltek, Dosen, Perusahaan LNG.
ITB


Kelompok Ilmu: Ilmu-ilmu Pertanian


No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan pekerjaan
PTN
1
Ilmu tanah
Geografi tanah, katografi penafsiran, potret udara, meteorologi pertanian
Merupakan bagian dari fakultas pertanian, kemampuan matematika, fisika dan kimia harus baik.
Deptan, Deptrans, Depdagri, LIPI, Perkebunan, Pabrik Pupuk, dll.
UGM, IPB, UNIBRAW, UNPAT, UNEJ, UNDIP, UNHAS, USU, UMLAM, UNSRAF
2
Budidaya pertanian
Macam-macam tanaman pertanian, asal usulnya, penyebabnya, penggolongannya, sifat-sifat tanaman.
Kemampuan matematika/statistika, kimia, dan biologi harus memadai.
Deptrans, Deptan, LPP, Lembaga penelitian holtikultura, Wiraswasta. Dll.
Hampir semua PTN (kecuali ITB, UI, UNDIP, UNSYIAH )
3
Sosial ekonomi pertanian
Sosiologi pertanian, perusahaan sosial dan pertambangan, hukum agraria, kebijaksanaan pemerintah dalam perkembangan pertanian, ekonomi pertanian.
Dituntut kemampuan manajerial yang baik
Deptan, Deppen, BPP, Konsultan, Industri, Makanan dll.
UGM IPB, UNS, UNIBRAW, UNEJ, UNHAS, UNUD, UNILA, UNLAM, UNPAD, UNAND, UNRAM, UNMUL, UNDANA, UNSRAT, UNSYIAH.
4
Ilmu hama dan penyakit
Macam, sifat, cara-cara menanggulangi, dan pencegahannya, termasuk zat-zat kimia yang mematikan hama penyakit
Kemampuan biologi dan kimia harus baik
Deptan, Perindustrian, Kehutanan, LIPI, perkebunan, BPP, BIMAS, INMAS, dll.
UGM, IPB, UNIBRAW, UNEJ, UNUD, UNPAT, USU, UNHAS, UNSOED, UNSYIAH, UNSRAT, UNAND.
5
Perikanan
Ekologi perairan, biologi perairan, eksploitasi perairan, budidaya perairan, perrtanian, teknik tanah dan air, energi dan listrik bidang pertanian, lingkungan dan bangunan pertanian.
Kemampuan biologi dan pertanian harus baik, merupakan bidang yang terus berkembang pesat, terutama dalam hal eksplorasi dan konservasi.
Deptan, Dept. Perdagangan, Depkop, Lembaga Oceanografi Nasional, BPLPP, LIPI, dll.
UGM, IPB, UNPAD, UNIBRAW, UNLUM, UNSRI, UNSRAT, UNPAT.
6
Peternakan
Hal-hal yang berhubungan dengan ternak, seperti pemeliharaan hewan ternak, makanan, budidaya dan penyakit ternak.
Minat dibidang peternakan harus dimiliki, kemampuan biologi dan kimia diutamakan,
Peneliti, Ahli Ternak, Dep Pertanian, Depdagri, Deptrans, Balai  Penyuluhan Ternak, Dosen, Wiraswasta, Dll
UNSYIAH, UNLAM, UNAND, UGM, UNSOED, UNDIP, UNIBRAW, UNUD, UNHAS, UNTAD, UNPATTI, UNRAM, UNCEN.
No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
7
Kehutanan




Budidaya hutan, teknologi hasil hutan, manajemen hutan, konservasi sumber daya hutan
Mempunyai dasar yang kuat ilmu biologi, diperlukan orang yang berjiwa avonturi, sehat jasmani dan rohani, tidak cacat tubuh dan butawarna, bidang yang sangat diperlukan untuk eksplorasi dan konservaasi alam.
Dep Kehutanan, Depdagri, Depperindustrian, LPPH, LIPI, biotrop, PPA, Perhutani, Bank dll
UGM, ITB, UNHAS, UNLAM, UNMUL, UNTAN, UNPAT, UNCEN
8
Mekanisasi pertanian,
Daya dan mesin pertanian, teknik dan hasil pengolahan pertanian, teknik tanah dan tata air, energi dan listrik dibidang pertanian, lingkungan dan bangun pertanian.
Mempunyai dasar yang kuat dibidang fisika, biologi, kimia dan matematika, bidang industri pertanian masa depan.
DPU, Dept. Kehutanan, Deptrans, Deptan, balai pertanian, bulog, perkebunan dll.
UGM IPB
Pengolahan Hasil Pertanian
Teknologi pangan dan gizi, teknologi hasil pertanian bioteknologi
Ilmu yang harus dikuasai adalah kimia, biologi, dan menuntut ketekunan, dan ketelitian, kepekaan, serta memiliki kemampuan membuat laporan ilmiah, bidang industri hasil pertanian.
Deptan, perindustrian, Koperasi Perdagangan, FTDC,BPPT, Industri Pengolahan Hasil Pertanian, Industri Makanan, Dan Minuman
UGM, IPB, UNPAT, UNIBRAW, UNEJ, UNHAS, UNAND
10
Teknologi Industri Pertanian
Industri Mikro biologi, sistem industri peralatan, dan mesin pertanian, sistem industri hasil tanaman pangan, sistem industri hasil tanaman perkebunan, sistem industri hasil hewan
Merupakan rekayasa bidang pertanian masa depan
Dept. Perdagangan, Pertanian, Perindustrian, Perusahaan, Perkebunan, Agrobisnis dan Agroindustri, Industri Mesin Pertanian, dll
UGM, IPB

Gambaran Umum

Jurusan/Program Studi PTN di Indonesia


Kelompok                     : IPS
Kelompok Ilmu              : Ilmu-ilmu Sosial

No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
1.



Psikologi
·          Industri
·          Sosial
·          Klinis
·          Pendidikan
·          Pengembangan
Tingkah laku manusia
Tertarik untuk menganalisa berbagai jenis tingkah laku manusia, mampu mengendalikan diri dan mampu memegang kode etik profesi
RSJ, Biro Konsultasi Psikologi, Personalia Staf Ahli Pimpinan, Bp, dll
UGM, UI, UNPAD
2.
Filsafat Indonesia
Gejala yang ada di dunia baik secara logika, metafisika etika dll, yang dituangkan dalam konsep yang mendasar
Mempunyai sifat ingin tahu yang kuat terhadap suatu permasalahan. Suka mengadakan penelitian yang kemudian dipecahkannya masalah-masalah yang ditemuinya itu
BP7, Lemhanas, Deppen, Depsos, Depdagri, Dewan Riset Nas, LIPI
UGM, UI
3.
Sejarah
Sejarah Indonesia, Sejarah Asia, Sejarah Eropa, Metode Sejarah, Sosiologi dan Komunikasi
Harus ahli pada berbagai disiplin ilmu seperti: Bahasa, Sejarah, Geomarfologi dan Sosiologi. Memiliki Fisik dan mental yang kuat dalam menghadapi kondisi alam
Dinas Pariwisata, LIPI, dan lain-lain
UGM, USU, UN. ANDALAS, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UNUD, UNHAS, UN. SAM RATULANGI
4.
Arkeologi Indonesia
Aspek kehidupan sosekbud manusia masa lampau berdasar fakta yang ada dari masa pra sejarah sampai dengan sekarang
Diperlukan daya analitik yang kuat, menguasai matematika, harus tekun, sabar, sabar dan teliti. Banyak reverensi dan praktikum, progresif thing-king
Pus. Lit Arkeologi, Dinas Pariwisata, Pertambangan dll
UI, UGM, UNUD
5.
Antropologi
Tentang fisik manusia baik itu manusia purba maupun manusia sekarang. Kebudayaan manusia dimasa lampau kebutuhan manusia
Harus mampu membuat kesimpulan dan perubahan yang ada dan sekaligus meneliti
Konsultan Perusahaan, Peneliti, Dinas Pariwisata dll
UNCEN, UGM, UNHAS, UI, USU, UNPAD, UN. SAM RATULANGI
6.
Sastra Arab






Penyusunan bahasa, lebih-lebih bahasa arab. Kesusatraan tentang karya seni yang dijadikan dalam bahasa manusia
Harus mampu menulis dan membaca huruf arab
Dosen, Peneliti, Penulis, Penterjemah, Deplu, Depag, Museum, Pariwisata dll
USU, UI, UNPAD, UGM, UNHAS
No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
7.
Sastra Perancis
Kemampuan dalam berbahasa Perancis penekanan bahasa Perancis dan teori sastra perancis
Minat dan ketekunan harus tinggi punya perhatian khusus untuk belajar sastra Perancis, tidak ragu dan berpendengaran yang baik.
Penterjemah, Guru, Deplu, Dep. Pariwisata, Humas, Guide
UGM, UI, UNPAD, UNHAS
8.
Sastra Indonesia
Sasatra Moderen. Karya sastra yang terbit dari tahun 1920 s.d sekarang teori yang dipakai sastra barat, Linguistik (ilmu bahasa), Filologetik sastra Indonesia yang terkaji. Lainnya : Sosiologi, Psikologi, Fisafat, Antropologi

Dirjen Pendidikan, Taman Budaya, Dewan kesenian LIPI Balai penelitian Bahasa, Wartawan, Penerbit, Penulis, Kritikus, Dosen, dll
UGM, USU, UNPAD, UI, UNAND, UNDIP, UNUD, UNAIR, UNIV. SAM RATULANGI
9.
Sastra Inggris
Linguistik dan Kesusastraan Inggris serta bahasa
Harus terampil, hafal, menganalisa ilmu yang diajarkan. Minat baca yang tinggi, daya ingat yang kuat, tak ragu dan pendengaran harus bagus
Deplu, Penerjemah, Pariwisata, Pendidik Biro Travel
UGM, USU, UI, UNAND, UNPAD, UNDIP, UNAIR, UNEJ, UNUD, UNHAS, UN. SAM RATULANGI
10.
Sosiologi
Mempelajari tentang sosial (Sosiologi) Gejala-gejala kelainan yang    ada      dalam  masyarakat
serta         cara    penyembuhan  
/ Penanggulangan. Gejala tersebut antara lain dibidang sosial perubahan dalam masyarakat dan sumber daya manusia

Depdagri, Depsos, BKKBN, Deptran, Depnaker, Lembaga Peneliti
UGM, UN. MULAWARMAN, UN. SAM RATULANGI
11.
Adm. Negara
Teori Administrasi terdiri Teori Adm. Sistem dan prosedur adm. Ilmu perbandingan adm. Pelaksanaan kebijaksanaan Teori organisasi, Teori manajemen, hubungan manusia dalam organisasi, adm. Perusahaan. Penyusunan program anggaran dll. Pelaksanaan adm. Sistem Adm. Negara sistem informasi dalam adm, dll

Depdagri, Pemda, Bappeda, BPS, BAKN, dll
UNIBRAW, UNCEN, UN. HALUOLEO, UNHAS, UI, UNEJ, UN. LAMBUNG MANGKURAT, UNMUL, UN. NUSA CENDANA, UNPAD, UNPATTI, UNRIU, UNS, USU, UNTAD, UN. TANJUNG PURA
12.
Sosiologi
Sosiologi Ekonomi, Sosiologi masyarakat desa, Sosiologi Kriminalitas
Suka mengamati masalah-masalah sosial dan memiliki hasrat untuk meneliti atau memahami fakta-fakta sosial. Menyukai statistika karena sosiologi dalam analisanya menggunakan pendekatan kualitas/kuantitas
Ahli Riset, LIPI, BPPT, LP3ES, Konsultan Pemerintah, Konsultan Bank, Pabrik dll
UN. LAMPUNG, UNHAS, UNMUL, UNAIR, UGM, UNPATTI, UN. NUSA CENDANA, UNRIAU, UN. HALUOLEO, UI, NPAD, UN. SAM RATULANGI, UNAND, USU, UN. TANJUNG PURA
No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
13.
Hubungan Internasional
-         Teori dan politik Internasional
-         Organisasi dan adm. Internasional
-         Hubungan Internasional
-         Sejarah deplomasi sebagai konflik Internasional
Membiasakan diri mengikuti perkembangan Internasional melalui media masa dalam dan luar negeri. Penguasaan bahasa asing lebih-lebih Bahasa Inggris akan sangat membantu
Deplu, Lembaga Sosial, Dosen, Wartawan, Perusahaan Swasta Internasional dll
UNRIAU, UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNEJ, UNHAS
14.
Ilmu Komunikasi
Jurnalistik :
Menitik beratkan pada aspek-aspek media dalam masyarakat. Seperti : Pers, Radio, TV, Film, Humas : komunikasi antar lembaga perusahan, Pemerintah, seperti : Public Relation, Advertensi, Human relation, manajemen periklanan dsb penerangan : Meliputi Retorika, propaganda, dasar-dasar penerangan, komunikasi sosial dll
Mampu menganalisa masalah-masalah sosial
Jurnalistik, Pers, SK, Majalah, TV Radio dll, Hubungan Masyarakat: Lembaga baik swasta maupun pemerintah di bagian public relation. Penerangan : Bidang informasi dan komunikasi secara umum
UNS, UNDIP, UGM, UNHAS, UI, UNIV. SAM RATULANGI, USU, UNAIR, UNPAD
15.
Ilmu Sosial / Pemerintah
Kebijaksanaan umum (public policy) Analisa proses, mulai dari mengidentifikasi, memonitor, sampai mengevalusi, sehingga diperoleh analisa kekuatan politik dan dampak-dampaknya. Politik Nasional : Menganalisa masalah politik tingkat lokal/pemerintah daerah
Menyukai dan memiliki kepekaan terhadap masalah politik khususnya pemerintahan selalu mengikuti perkembangan dinamika masyarakat lewat media atau terjun langsung ke masyarakat
Lembaga-lembaga tingkat pusat sampai dengan tingkat daerah, Orpol, Ormas, Staf pengajar, Peneliti, Pengamat Politik, Media masa
UNLAM, UNDIP, UGM, UNPAD, UNIV. LAMBUNG MANGKUTAR, UI, UNIV. SAM RATULANGI, UNRIAU, UNAIR, UNHAS, UNSUD
16.
Ekonomi * Ekonomi dan Pembangunan
Teori Ekonomi terdiri: Makro dan Mikro Ekonomi Indonesia membahs tentang pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang dihubungkan dengan perekonomian dunia. Ekonomi Pembangunan mencakup : Studi kelayakan dan evaluasi proyek
Mau mengamati masalah-masalah ekonomi nasional dan internasional serta kebijaksanaan dari pemerintah
Dept. keuangan, Badan Pendapatan Nasional, Badan Pendapatan Daerah, Peneliti, LIPI, LSM
UGM, UNS, UNAIR, UNAN, UNV. BENGKULU, UNIBRAW, UNDIP, UNHALOLEO, UNHAS, UI, INV. JAMBI, UNEJ, UNSUD, UNLAM, UNV. MATARAM, UNMUL, UNPAD, UNV. PALANGKARAYA, UNV. PATIMURA, UNV. RIAU, UNSRI, USU, UNV. SAMRATULANGI, UNUD, UNSYIAH, INV. TANJUNG PURA, UNCEN, UNTAD
No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
17.
Ekonomi * Manajemen
Manajemen produksi : Manajemen Pemasaran, Manajemen Personalia, manajemen Keuangan, Manajemen Umum/organisasi Perusahaan

Semua Perusahaan baik BUMN, BUMD, maupun BUMS
UGM, UNS, UNAIR, UNAN, UI, UNV. BENGKULU, UNDIP, UNEJ, UNV. HALOLEO, UNHAS, UUD, UNV. RIAU, UNV. JAMBI, UNLAM, UNV. LAMBUNG MANGKURAT, UNV. PALANGKARAYA, INV. PATI, USU, UNV. SAMRATULANGI, UNSYIAH, UNTAD, UNV. TANJUNG PURA
18.
EKONOMI
·          AKUNTANSI KEUANGAN

·          MANAJEMEN


·          AUDITING
Pengolahan data akuntansi Perusahaan Untuk menyusun Laporan Keuangan
Pengolahan data Akuntansi untuk melakukan perencanaan dan koordinasi untuk pengendalian perusahaan
Pemeriksaan terhadap kewajaran
Memiliki mental yang kuat, menyenagkan, jujur, bersikap konstruktif, mampu menganalisa, menguasai peraturan perpajakan dan memilik pengetahuan tentang organisasi dan operasi perusahaan serta selalu menjaga kepercayaan orang/perusahaan terhadap profesinya

Dept. Keuangan, Direktorat, Pajak, BPK, BKKP, Konsultan, Akt. Publik Bank, dll
USU, UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNIBRAW, UNS, UNAND, UNDIP, UNHAS, UNSUD, UNRIAU, INV. SAMRATULANGI, 
UNSYIAH
      Source: Grup facebook SNMPTN 2014