Thanks For Visiting My Blog
Nama
Sekolah : SMK Negeri 2 Karanganyar
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : XII. / 1
Pertemuan
ke : 8, 9, 10, 11 dan 12
Alokasi
Waktu : 10 jam pembelajaran ( .10.x
@ 45menit)
Standar
Kompetensi : Memahami proses
kebangkitan Nasional
II.
Materi Ajar
1.
Pengertian kolonialisme
: Pemukiman warga suatu negara di luar wilayah induknya.
2.
Imperialisme adalahpenguasaan suatu negara
terhadap negara lain dalam berbagai aspek kehidupan
3.
Latar
belakang kedatangan orang Eropa ke dunia Timur
4.
Tokoh
penjelajah dari Portugis (Bartholomeus Diaz, Alvonso D’ Albuquerque)
5.
Spanyol
(Vasco de Gama, Columbus ).
6.
Masuknya
kekuasaan Portugis
7.
Imperialisme
Belanda di Indonesia
8.
Pemerintahan
kolonial Hindia Belanda
9. Akibat imperialisme dan
kolonialisme Belanda
10. Perlawanan kerajaan di nusantara menentang kolonialisme Portugis
11. Perlawanan menentang penjajah Belanda
III. Metode
Pembelajaran
1. Contectual
Teaching Learning
2.
Cooperatif type jigsaw
3. Problem
solving
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 8,9 ( waktu 4 X 45 menit )
Materi : Pengertian kolonialisme dan imperialisme dan tujuannya
kedatangan orang Eropa ke dunia Timur
Imperialisme Portugis di Indonesia
a. Kegiatan awal : ( waktu 10 menit )
1). Kegiatan Guru :
a). Memeriksa kehadiran siswa.
b). Menyampaikan kompetensi dasar yang akan
dipelajari.
b). Menginformasikan materi tentang
perbedaan pengertian kolonialisme dan iperialisme
c).
Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan :
-Apa yang
di maksud dengan koloni
-Siapa
saja tokoh-tokoh penguasa Belanda yang kejam
d). Mengelompokkan siswa
menjadi 8 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang siswa (home group) yang heterogen dan meminta
siswa duduk dalam tatanan kerja kelompok kooperatif sambil mengingatkan
ketrampilan kooperatif tipe Jigsaw yang akan dilakukan, guru memberikan mereka
nomor 1, 2, 3, 4, 5 untuk masing-masing kelompok.
2). Kegiatan Siswa :
a). Mendengarkan,
memperhatikan, melaksanakan, informasi dan penje- lasan yang disampaikan guru.
b. Kegiatan Inti : ( waktu 60
menit )
1).
Kegiatan Guru :
a). Membagi materi/pokok bahasan
menjadi 5 sub bahasan untuk untuk masing-masing home group
b). Memberikan waktu kepada
masing-masing kelompok untuk mem-pelajari materi/pokok bahasan dengan 5 sub
bahasan agar mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika berdiskusi.
c). Menginstruksikan setiap siswa
dalam home group untuk menguasai dan memahami sub bahasan bagian tugas yang
menjadi tanggung jawabnya
d). Menginstruksikan siswa pertama dalam
kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, demikian juga
dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima sebagai kelompok ahli
(masing-masing siswa ditugaskan menjadi ahli di bidangnya/sub bahasan) untuk focus group.
e). Menginstruksikan masing-masing
kelompok focus group berdiskusi,
selama diskusi berlangsung guru memantau dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan..
f). Setelah masing-masing kelompok
focus group berdiskusi, guru menyuruh siswa kembali ke kelompok asal (home
group) dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari
kegiatan kelompok ahli serta mempresentasikan hasil diskusi.
g). Melakukan penilaian dari hasil pengamatan palaksanaan diskusi dan
presentasi.
h). Memberikan apresiasi terhadap
hasil presentasi masing-masing ke-lompok.
2). Kegiatan siswa :
a). Membentuk kelompok asal (home
group), masing-masing kelompok 5 orang dengan mendapat nomor 1, 2, 3, 4 dan 5.
b). Siswa pertama dalam
kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, kelompok ini
disebut kelompok ahli, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan
kelima.
b). Berdiskusi dalam
kelompok ahli (focus group).
c). Siswa kembali ke kelompok asal (home group). dan mendiskusikan serta
membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli.
c). Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas.
d). Masing-masing kelompok
mendengarkan dan mencatat apresiasi dari guru.
c. Kegiatan akhir : ( waktu 20 menit )
1). Kegiatan guru :
a). Mengevaluasi siswa
dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan seputar indikator pembelajaran
yang ingin dicapai.
b). Memberikan
penghargaan/pujian kepada kelompok yang berhasil baik, dan memberikan semangat
bagi yang belum berhasil dengan baik ( acuan guru adalah hasil pengamatan
aktivitas siswa berdiskusi dalam ketrampilan kooperatif)
c). Mengadakan kuis ke-1
secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang diharapkan dapat
dikuasai siswa.
2). Kegiatan siswa :
a). Siswa menjawab secara lisan pertanyaan dari
guru.
b). Salah
satu kelompok siswa menerima penghargaan/pujian.
c).
Siswa secara individual menjawab soal-soal secara tertulis.
d).
Siswa menerima hasil dari kuis yang dilakukan secara individual.
Pertemuan 10,11 ( waktu 4 X 45 menit )
Materi :Imperialisme
Belanda di Indonesia
Pemerintahan kolonial
Belanda di Indonesia
Akibat perlawanan Belanda di
Indonesia
a. Kegiatan awal : ( waktu 10 menit )
1). Kegiatan Guru :
a). Memeriksa kehadiran siswa.
b). Menyampaikan kompetensi dasar yang akan
dipelajari.
b). Menginformasikan materi tentang Imperialisme Belanda di Indonesia
c). Memotivasi dengan mengajukan
pertanyaan :
-Apa yang
di maksud dengan kerja rodi, tanam paksa
-Siapa
saja tokoh-tokoh penguasa Belanda yang kejam
- apa yang dimaksud tanam paksa?
d). Mengelompokkan siswa
menjadi 6 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang siswa (home group) yang heterogen dan meminta
siswa duduk dalam tatanan kerja kelompok kooperatif sambil mengingatkan
ketrampilan kooperatif tipe Jigsaw yang akan dilakukan, guru memberikan mereka
nomor 1, 2, 3, 4, 5 untuk masing-masing kelompok.
2). Kegiatan Siswa :
a). Mendengarkan,
memperhatikan, melaksanakan, informasi dan penjelasan yang disampaikan guru.
b. Kegiatan Inti : ( waktu 60
menit )
1).
Kegiatan Guru :
a). Membagi materi/pokok bahasan
menjadi 5 sub bahasan untuk untuk masing-masing home group
b). Memberikan waktu kepada
masing-masing kelompok untuk mem-pelajari materi/pokok bahasan dengan 5 sub
bahasan agar mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika berdiskusi.
c). Menginstruksikan setiap siswa
dalam home group untuk menguasai dan memahami sub bahasan bagian tugas yang
menjadi tanggung jawabnya
d). Menginstruksikan siswa pertama
dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, demikian
juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima sebagai kelompok ahli
(masing-masing siswa ditugaskan menjadi ahli di bidangnya/sub bahasan) untuk focus group.
e). Menginstruksikan masing-masing
kelompok focus group berdiskusi,
selama diskusi berlangsung guru memantau dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan..
f). Setelah masing-masing kelompok
focus group berdiskusi, guru menyuruh siswa kembali ke kelompok asal (home
group) dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari
kegiatan kelompok ahli serta mempresentasikan hasil diskusi.
g). Melakukan penilaian dari hasil pengamatan palaksanaan diskusi dan
presentasi.
h). Memberikan apresiasi terhadap
hasil presentasi masing-masing ke-lompok.
2). Kegiatan siswa :
a). Membentuk kelompok asal (home
group), masing-masing kelompok 5 orang dengan mendapat nomor 1, 2, 3, 4 dan 5.
b). Siswa pertama dalam
kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, kelompok ini
disebut kelompok ahli, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan
kelima.
b). Berdiskusi dalam
kelompok ahli (focus group).
c). Siswa kembali ke kelompok asal (home group). dan mendiskusikan serta
membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli.
c). Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas.
d). Masing-masing kelompok
mendengarkan dan mencatat apresiasi dari guru.
c. kegiatan akhir : ( waktu 20 menit )
1). Kegiatan guru :
a). Mengevaluasi siswa
dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan seputar indikator pembelajaran
yang ingin dicapai.
b). Memberikan
penghargaan/pujian kepada kelompok yang berhasil baik, dan memberikan semangat
bagi yang belum berhasil dengan baik ( acuan guru adalah hasil pengamatan
aktivitas siswa berdiskusi dalam ketrampilan kooperatif)
c). Mengadakan kuis ke-1
secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang diharapkan dapat
dikuasai siswa.
2). Kegiatan siswa :
a). Siswa menjawab secara lisan pertanyaan dari
guru.
b). Salah
satu kelompok siswa menerima penghargaan/pujian.
c).
Siswa secara individual menjawab soal-soal secara tertulis.
d). Siswa menerima hasil dari kuis yang dilakukan
secara individual.
Pertemuan 12 ( waktu 2 X 45 menit )
Materi : Perlawana
rakyat menentang kolonialisme Portugis
Perlawanan rakyat menentang Belanda
a. Kegiatan awal : ( waktu 10 menit )
1). Kegiatan Guru :
a). Memeriksa kehadiran siswa.
b). Menyampaikan kompetensi dasar yang akan
dipelajari.
b). Menginformasikan materi tentang perlawanan
raja dan rakyat menentang kolonialisme Portugis dan Belanda
c).
Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan :
-Apa yang
di maksud dengan benteng stelsel
-Siapa
saja raja yang berani malawan Portugis dan Belanda
d). Mengelompokkan siswa
menjadi 8 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang siswa (home group) yang heterogen dan meminta
siswa duduk dalam tatanan kerja kelompok kooperatif sambil mengingatkan ketrampilan
kooperatif tipe Jigsaw yang akan dilakukan, guru memberikan mereka nomor 1, 2,
3, 4, 5 untuk masing-masing kelompok.
2). Kegiatan Siswa :
a). Mendengarkan,
memperhatikan, melaksanakan, informasi dan penje- lasan yang disampaikan guru.
b. Kegiatan Inti : ( waktu 60
menit )
1).
Kegiatan Guru :
a). Membagi materi/pokok bahasan
menjadi 5 sub bahasan untuk untuk masing-masing home group
b). Memberikan waktu kepada
masing-masing kelompok untuk mem-pelajari materi/pokok bahasan dengan 5 sub
bahasan agar mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika berdiskusi.
c). Menginstruksikan setiap siswa
dalam home group untuk menguasai dan memahami sub bahasan bagian tugas yang
menjadi tanggung jawabnya
d). Menginstruksikan siswa pertama
dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, demikian
juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima sebagai kelompok ahli
(masing-masing siswa ditugaskan menjadi ahli di bidangnya/sub bahasan) untuk focus group.
e). Menginstruksikan masing-masing
kelompok focus group berdiskusi,
selama diskusi berlangsung guru memantau dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan..
f). Setelah masing-masing kelompok
focus group berdiskusi, guru menyuruh siswa kembali ke kelompok asal (home
group) dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari
kegiatan kelompok ahli serta mempresentasikan hasil diskusi.
g). Melakukan penilaian dari hasil pengamatan palaksanaan diskusi dan
presentasi.
h). Memberikan apresiasi terhadap
hasil presentasi masing-masing ke-lompok.
2). Kegiatan siswa :
a). Membentuk kelompok asal (home
group), masing-masing kelompok 5 orang dengan mendapat nomor 1, 2, 3, 4 dan 5.
b). Siswa pertama dalam
kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, kelompok ini
disebut kelompok ahli, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan
kelima.
b). Berdiskusi dalam kelompok
ahli (focus group).
c). Siswa kembali ke kelompok asal (home group). dan mendiskusikan serta
membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli.
c). Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas.
d). Masing-masing kelompok
mendengarkan dan mencatat apresiasi dari guru.
c. Kegiatan akhir : ( waktu 20 menit )
1). Kegiatan guru :
a). Mengevaluasi siswa
dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan seputar indikator pembelajaran
yang ingin dicapai.
b). Memberikan
penghargaan/pujian kepada kelompok yang berhasil baik, dan memberikan semangat
bagi yang belum berhasil dengan baik ( acuan guru adalah hasil pengamatan
aktivitas siswa berdiskusi dalam ketrampilan kooperatif)
c). Mengadakan kuis ke-1
secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang diharapkan dapat
dikuasai siswa.
2). Kegiatan siswa :
a). Siswa menjawab secara lisan pertanyaan dari
guru.
b). Salah
satu kelompok siswa menerima penghargaan/pujian.
c).
Siswa secara individual menjawab soal-soal secara tertulis.
d).
Siswa menerima hasil dari kuis yang dilakukan secara individual.
V.
Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
-Format penilaian individu keaktifan
siswa dalam diskusi :
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH SKOR
|
RATA-RATA SKOR
|
||||||||
BERTANYA
|
MENJAWAB
|
BERPENDAPAT
|
||||||||||
Ak
|
Sd
|
Ps
|
Ak
|
Sd
|
Ps
|
Ak
|
Sd
|
Ps
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Ak = Aktif Skor : 80 - 100
Sd = Sedang 60 - 79
Ps =
Pasif 0 - 59
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian untuk kuis
b. Tes obyektif pilihan ganda untuk tes
pencapaian kompetensi.
-Format penilaian kelompok dalam diskusi
:
No
|
Nama
kelompok
|
Aspek yang diamati dan dinilai
|
Jumlah skor
|
Rata-rata skor
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
A :
Kelengkapan informasi/data.
B : Kerjasama
kelompok, partisipasi.
C : Disiplin
waktu.
D : Minat dan
antusiasme.
E : Keberanian
mengemukakan pendapat.
Skor :
Sangat baik = 81-100
Baik = 61-80
Cukup = 41-60
Kurang = 0 -40
VI. Alat , Bahan dan sumber belajar
1. Alat
a. .Gambar............................................................................................................................................
b. .LCD............................................................................................................................................
c. ..Kliping...........................................................................................................................................
2. Bahan
a. .Buku
IPS ; Pengantar sosiologi dan perubahan, Susasto, Phil Atrid S.1978. Bandung,
Bina Pustaka
b.
Modul, dan buku lain yang relevan
3. Sumber Belajar
a. .Buku./
perpustakaan...........................................................................................................................................
b. Televisi............................................................................................................................................
c. .teman, lingkungan dimana anak tinggal.
VII.
Penilaian
1. pre tes
2. post tes
3. Pemberian tugas
VIII.
Lampiran
1. soal tes tulis
- terlampir dalam
modul
-
Tugas dan diskusi kelompok
2. Kriteria Penilaian.
- Tes tertulis nilai 70 %
- Diskusi 15 %
- Tugas 15 %
Karanganyar,
24 Juni 2011
Verifikator Guru
Mata Pelajaran
Dra. Sri Bidayatiningsih Junnatun
Muyasiroh, S.Pd
NIP. 19660813 199512 2 002 NIP.19661117
199802 2 002
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Drs. Wahyu Widodo, MT
NIP. 19601019
199412 1 001
ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com
Bagus blogs nya, tapi kita ada yang lebih menarik film drama korea bermutu untuk disaksikan, sekarang ada yang lebih mudah, Download aplikasi drama korea secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main
https://www.inflixer.com/