Social Icons

Jumat, 14 Juni 2013

Pengalaman LCC Pilgub Jateng Tahun 2013

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

Hai...
Lama nggak nulis diblog L nih, kali ini aku akan ngebagiin pengalaman seru saat ikut lomba LCC Tingkat Bakorwil II tentang Pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 . Sebelumnya setelah melewati seleksi di tingkat Kabupaten (bagi yang belum baca silahkan KLIK DISINI). Hari itu Jum’at 17 Mei 2013.
Wakil dari Kabupaten Karanganyar adalah :
1.       Decky Adi Presetyo
2.       Leo Arie W.
3.       Ries Nanda S.P.
Ketiganya adalah murid dari SMA NEGERI 1 KARANGANYAR, setelah berkumpul di Sekolah pukul 07.00 kami berpamitan kepada Kepala Sekolah baru kami, Bp. Hartono.  Pukul 07.15 kami berangkat ke tempat LCC yaitu di SMKN 2 SURAKARTA, itu loh tempat pembuatnya mobil esemka yang sempat menarik perhatian publik beberapa waktu lalu.
Peserta seleksi di Tingkat Bakorwil II ini terdiri dari 2 Kota dan 9 Kabupaten, berikut adalah perwakilan setiap Kabupaten / Kota            :
1.       Kota Surakarta              : SMA N 1 Surakarta
2.       Kota Magelang             : SMA N 1 Magelang
3.       Kab. Sragen                   : SMA N 1 Sragen
4.       Kab. Purworejo            : SMA N 7 Purworejo
5.       Kab. Klaten                    : SMA N 1 Klaten
6.       Kab. Wonosobo           : SMK N 1 Wonosobo
7.       Kab. Boyolali                  : SMK N 1 Banyudono
8.       Kab. Wonogiri               : SMA N 1 Jatisrono
9.       Kab. Sukoharjo             : SMA N 3 Sukoharjo
10.   Kab. Karanganyar        : SMA N 1 Karanganyar
11.   Kab. Magelang             : SMA N 1 Dukun

Babak 1 adalah Tes tertulis
Babak ini, peserta diberi waktu selama 60 menit untuk mengerjakan 30 soal pilihan ganda dan 10 soal essay. Di babak ini aku dan kelompokku membagi pertanyaan, aku mengerjakan romawi 2 dan kedua temanku romawi 1 karena kebetulan pertanyaannya sama dengan yang kupelajari, setelah selesai kukerjakan, gantian temanku yang mengoreksi pekerjaanku dan aku juga mengoreksi pekerjaan temanku J. Untungnya ada pertanyaan menjebak yang dapat kami lewati.
Panitia berkata bahwa pengumuman hasil tes tertulis akan diumumkan setelah pelaksanaan Sholat Jum’at, oh iya sebelumnya akan aku ceritakan tentang masa pembinaan? Dari lomba ini. Kemarin, Kamis 16 Mei 2013 habis maghrib aku kaget banget dapat sms dari teman yang intinya besok pemenang LCC KPU maju ke tingkat Bakorwil. Dalam hati aku senang sekaligus merasa frustasi... besok? Beneran besok? Karena lomba itu MENDADAK BANGET!!!! Karena aku masih fokus ke LCC 4 PILAR. Kemudian Pak Ratno, guru pembimbing kami nelpon aku, tapi belum sempat keangkat telponnya putus , SINYALNYA HILANG!!!, argh... ada telpon masuk lagi, berhasil keangkat dan intinya besok maju lomba ke SMK N 2 Surakarta. Dan beberapa saat kemudian Pak Ratno nelpon lagi dan anehnya ada sesuatu hal yang membuatku tertawa. Pak Ratno nelpon aku untuk kedua kalinya dengan pokok bahasan yang sama dan bahasa yang digunakan dari telpon yang pertama SAMA PERSIS ...
Ada sms lagi dari temanku katanya suruh sms Bu Yatmi, kepala TU sekolahku. Aku sms dan ternyata aku dan temanku yang ikut lomba disuruh ke sekolah buat diberi soal dan kisi – kisi dari KPU. Aku dianter omku ke sekolah karena gak diijinin buat pergi sendiri , itu jam 20.00. di sekolah diberikan pengarahan dll... dan disana juga sudah ada Pak Warsono, guru pembimbing kami juga, Pak Junaidi dari KPU, dan tentunya Bu Yatmi. Pukul 21.00 aku dan leo masih disekolah karena menunggu Pak Sarilan, Guru Pembimbing kami juga. Karena beliau mantan Ketua KPU Kab. Karanganyar dan mengetahui lebih jelas tentang Pemilu, oh iya, ries nggak ikut karena sulit untuk dihubungi. Pukul 22.00-23.15 kami diberikan pengetahuan lebih lanjut tentang Pemilu. Pukul 23. 40 aku sampai dirumah dengan dijemput bapak.  Sampai pukul 00.25 aku belajar tentang materi itu, karena lelahnya aku tidur dan terbangun jam 01.25, sampai jam 03.30 aku belajar lagi tentang materi itu dan tidak lupa menyempatkan Sholat Tahajud buat nenangin diri.
Kembali lagi, setelah sholat Jum’at pengumumannya adalah :
1.       Setelah tes tertulis 3 tim yang memperoleh nilai yang terbanyak akan masuk final yang formatnya dibut debat dan akan disiarkan tunda tanggal 25 Mei 2013 pukul 14.00-15.30 di TATV
2.       Hasil tes tertulis:
i.      39 poin – SMA N 1 Surakarta
ii.     37 poin – SMA N 1 Karanganyar
iii.   34,5 poin – SMA N 7 Purworejo
iv.   33,5 poin – SMK N 1 Wonosobo
v.    33,5 poin – SMA N 1 Sragen
vi.   27 poin – SMA N 1 Dukun
vii. 26,5 poin  – SMA N 1 Klaten
viii.     26 poin – SMK N 1 Banyudono
ix.        24,5 poin – SMA N 3 Sukoharjo
x.         23 poin – SMA N 1 Jatisrono
xi.        21 poin – SMA N 1 Magelang

Wah, alhamdulilah bisa masuk final. Tapi kami bertiga tidak mau begitu berharap dapat menjadi juara 1, karena format pada acara final adalah debat, dan kita bertiga kurang pandai berbicara .. hehehhe,  dan juga karena besoknya (Sabtu, 18 Mei 2013) kami bertiga juga bakalan ikut LCC 4 Pilar Kebangsaan tingkat Karisidenan di Sekolah kami. Sebelumnya juga kami melakukan seleksi tingkat Kabupaten, tapi kisahnya belum kutulis L.
Lanjut lagi nih, panitia juga ngumumin kalo kami harus nyampai di studio tatv dalam waktu 10 menit. Pak Warsono dan Pak Sarilan nyuruh kami buat cepet, sampai mobil ternyata Pak Ratno nggak ada. Wah-wah-wah, setelah beberapa menit kemudian, kami malahan harus turun dari mobil lagi, karena ternyata kami disuruh buat foto dulu xD hehehhe,. LOL sekali.  Setelah berfoto bersama kami bergegas ke studio TATV di daerah Mojosongo. Setelah mendapat pengarahan dan bbla bla bla, akhirnya Debat dimulai, sempat demam panggung juga sih, tapi untungnya di panggung berdiri terus jadinya demam panggungnya hilang dan tergantikan dengan capek karena harus berdiri. Dan untungnya juga Pak Guru mempercayakan jatah Juru  Bicara kepada Ries, meskipun semuanya boleh ngomong sih.
Babaknya dibagi menjadi 4 segmen, tiap segmen akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda namun sama untuk semua grup. Segmen pertama sampai dengan ketiga adalah dewan juri yang akan memberikan pertanyaan kemudian setelah semua grup menjawab, dewan juri memberikan pertanyaan lain atau mungkin sanggahan sesuai dengan pertanyaan kami. Di segmen terakhir, setelah kami mnjawab pertanyaan, Grup lainlah yang akan menyanggah pernyataan kami. Grup A (SMA N 1 Surakarta)  menjawab, yang menyanggah adalah Grup C (SMA N 7 Purworejo). Grup B (SMA N 1 Karangayar) menjawab, yang menyanggah adalah Grup A. Sedangkan ketika Grup B menjawab, Grup A lah yang akan menyanggah. Finally lomba selesai dan dewan juri mengumumkan siapa saja pemenangnya. Total nilai adalah Jumlah dari babak Penyisihan ditambah nilai saat babak Debat. Hasilnya :
1.       SMA N 1 Surakarta                      97 poin
2.       SMA N 1 Karanganyar                92 poin
3.       SMA N 7 Purworejo                   91 poin

Selamat buat semuanya, SMA N 1 Surakarta berhak mewakili Bakorwil II ke tingkat Provinsi J

Semoga dengan terselenggaranya LCC ini dapat menambah wawasan tentang Pemilu dan dapat juga digunakan sebagai kaderisasi duta Pemilu untuk sosialisasi tentang pentingnya ikut dalam Pemilu, Terimakasih buat Semua Pembimbing yang telah membimbing kami selama ini. Sampai Jumpa, semoga Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru dapat memberikan harapan dan bukti akan apa yang diucapkannya saat Kampanye ... Bye ... Fighting :D

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar