Social Icons

Jumat, 20 Desember 2013

Contoh Tugas Mengomentari Sebuah Berita Invasi Usaha Peternakan

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

TUGAS PKn
MENGOMENTARI SEBUAH BERITA











Nama         : Nuraini Anis Arifah
No.             : 27
Kelas          : XII IPS 2



SMA NEGERI 1 KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
A.                 BERITA

Judul              : Pengusaha Jaten, Dihimbau Setop Invasi Usaha Peternakan
Sumber          : http://solopos.com
Isi Berita        :
KARANGANYAR — Pemerintah Kecamatan Jaten, Karanganyar mengimbau seluruh pengusaha peternakan di daerahnya agar tak melakukan invansi area peternakan di masa mendatang.
Selain menyebabkan polusi udara yang merugikan masyarakat setempat, daerah Jaten bukan termasuk zona pengembangan peternakan.
Demikian ditegaskan Camat Jaten, Titik Umarni, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (2/12/2013). Melalui sosialisasi yang digencarkan sejak awal pekan ini, jajaran Muspika Jaten berharap pengusaha di daerahnya memahami karakter daerah di Jaten.
“Peternakan yang ada di Jaten biasanya berada di Ngringo dan Sroyo. Di sana banyak ditemukan peternak babi. Selain itu, kami menyarankan kepada pengusaha agar tak melakukan invansi bidang peternakan. Soalnya, daerah Jaten lebih cocok untuk daerah industri dan pertanian,” katanya.
Titik Umarni mengatakan sosialisasi penyetopan invansi bidang peternakan bakal terus dilakukan hingga beberapa waktu mendatang. Sosialisasi yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk melindungi pengusaha itu sendiri.

 “Kalau ada yang nekat, pasti akan berbenturan dengan warga. Soalnya, usaha peternakan akan menyebabkan polusi udara dan sebagainya. Ini akan menimbulkan protes warga. Makanya, kami harus melakukan pemahaman kepada pengusaha,” ulasnya.
Titik mengatakan sejumlah pengusaha di Jaten menanggapi sosialisasi tersebut dengan baik. Hal itu dibuktikan kesediaan pengusaha untuk menghindari invansi bidang peternakan ke depan.
“Sekilas, para pengusaha sudah menerima saran kami. Ke depan, kami tetap memantau kondisi perluasan usaha di Jaten. Dari berbagai usaha yang ada, bidang peternakan yang harus disetop. Artinya, tak boleh invansi,” katanya.
Jajaran Muspika baru saja melakukan koordinasi dengan puluhan pengusaha di Jaten. Selain silaturahmi, jajaran Muspika ingin menyatukan misi dan visi terkait pengembangan usaha di Jaten.
“Koordinasi dengan pengusaha terus kami lakukan. Dengan seperti itu, ada hubungan simbiosis mutualisme,” katanya.



B.                 KOMENTAR
Komentar saya terhadap berita diatas adalah saya setuju karena daerah Kecamatan Jaten, terutama di Desa Ngringo dan Sroyo pola perumahan penduduknya berdekatan sehingga jika dilakukan invasi pada usaha peternakan terutama Babi, Ayam, dan Bebek dapat menambah masalah yaitu polusi udara yang disebabkan oleh kotorannya dan lalat yang dapat mengerumuni daerah peternakan tersebutbelum lagi daerah Kecamatan Jaten terkenal dengan banyaknya volume kendaraan yang ada. Namun Pemerintah dalam hal ini adalah Camat Kecamatan Jaten juga harus menyediakan tanah untuk melakukan usaha Peternakan bagi para Pengusaha, karena Usaha Peternakan dapat menyerap pengangguran serta dapat meningkatkan gaji penduduk khususnya Kecamatan Jaten. Bilapun pada akhirnya Para Pengusaha Peternakan tidak dapat melebarkan sayapnya dalam bidang Peternakan, perlu ditinjau lagi beberapa bidang usaha yang tidak merugikan lingkungan sekitar seperti Usaha Pertanian. Pemerintah perlu melakukan sosialisasi kepada Para Pengusaha agar nantinya tidak bertubrukan dengan maksud Pemerintah.




 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar