Pages

Social Icons

Beranda

Wednesday 27 February 2013

Contoh : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pelajaran sejarah untuk SMK

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                      :  SMK Negeri 2 Karanganyar
Mata Pelajaran                     :  IPS
Kelas/Semester                     :  XII. / 1
Pertemuan ke                       :  8, 9, 10, 11 dan 12
Alokasi Waktu                     :  10 jam pembelajaran ( .10.x @ 45menit)
Standar Kompetensi            : Memahami proses kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                : Menjelaskan proses  perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya diberbagai daerah
Indikator                             :
1. Menjelaskan perbedaan pengertian klonialisme dan imperialisme
2. Menjelaskan latar belakang kedatangan orang Eropa ke dunia Timur
3. Menyusun secara kronologis  tokoh – tokoh penjelajah dunia menuju dunia Timur
4. Melacak secara kronologis masuknya kekuasaan Portugis di wilayah Indonesia
5. Menjelaskan secara kronoligis terjadinya imperialisme  Belanda di Indonesia
6. Menjelaskan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia
7. Menjelaskan akibat kolonialisme dan imperialisme Belanda di Indonesia
8. Menjelaskan secara kronologis perlawanan kerajaan – kerajaan di Nusantara menentang kolonialisme Perancis
9.  menjelaskan secara kronologis 10 perlawanan rakyat menentang penjajahan Belanda.

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah terjadi kegiatan pembelajaran diharapkan:
1. Siswa dapat Menjelaskan perbedaan pengertian klonialisme dan imperialisme
2. Siswa dapat Menjelaskan latar belakang kedatangan orang Eropa ke dunia Timur
3. Siswa dapat menyusun secara kronologis masuknya tokoh – tokoh penjelajah dunia
menuju dunia Timur
4. Siswa dapat melacak secara kronologis masuknya kekuasaan asing di wilayah Indonesia
5. Siswa dapat menjelaskan secara kronoligis terjadinya imperialisme  Belanda di Indonesia
6. Siswa dapat menjelaskan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia
7. Siswa dapat menjelaskan akibat kolonialisme dan imperialisme Belanda di Indonesia
8. Siswa dapat menjelaskan secara kronologis perlawanan kerajaan – kerajaan di Nusantara  menentang kolonialisme Portugis
9.  Siswa dapat menjelaskan secara kronologis
10. Perlawanan rakyat menentang penjajahan Belanda.


II.          Materi Ajar
1.      Pengertian kolonialisme : Pemukiman warga suatu negara di luar wilayah induknya.
2.       Imperialisme adalahpenguasaan suatu negara terhadap negara lain dalam berbagai aspek kehidupan
3.      Latar belakang kedatangan orang Eropa ke dunia Timur
4.      Tokoh penjelajah dari Portugis (Bartholomeus Diaz, Alvonso D’ Albuquerque)
5.      Spanyol (Vasco de Gama, Columbus ).
6.      Masuknya kekuasaan Portugis
7.      Imperialisme Belanda di Indonesia
8.      Pemerintahan kolonial Hindia Belanda
9.   Akibat imperialisme dan kolonialisme Belanda
10. Perlawanan kerajaan di nusantara menentang kolonialisme Portugis
11. Perlawanan menentang penjajah Belanda



III.       Metode Pembelajaran
1.  Contectual Teaching Learning
2. Cooperatif type jigsaw
3. Problem solving

IV. Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan 8,9     ( waktu 4 X 45 menit )

Materi  : Pengertian kolonialisme dan imperialisme dan tujuannya
kedatangan orang Eropa ke dunia Timur
Imperialisme Portugis di Indonesia

           
      a. Kegiatan awal        :  ( waktu 10 menit )
          1). Kegiatan Guru   :
   a). Memeriksa kehadiran siswa.
   b). Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
   b). Menginformasikan materi tentang perbedaan pengertian kolonialisme dan iperialisme
         c). Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan :
  -Apa yang di maksud dengan koloni
  -Siapa saja tokoh-tokoh penguasa Belanda yang kejam
                     d). Mengelompokkan siswa menjadi 8 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang siswa (home group) yang heterogen dan meminta siswa duduk dalam tatanan kerja kelompok kooperatif sambil mengingatkan ketrampilan kooperatif tipe Jigsaw yang akan dilakukan, guru memberikan mereka nomor 1, 2, 3, 4, 5 untuk masing-masing kelompok.
                 2). Kegiatan Siswa :
                      a). Mendengarkan, memperhatikan, melaksanakan, informasi dan penje- lasan yang disampaikan guru.

b. Kegiatan Inti         : ( waktu 60 menit )
    1). Kegiatan Guru   :
          a). Membagi materi/pokok bahasan menjadi 5 sub bahasan untuk untuk masing-masing home group
          b). Memberikan waktu kepada masing-masing kelompok untuk mem-pelajari materi/pokok bahasan dengan 5 sub bahasan agar mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika berdiskusi.
          c). Menginstruksikan setiap siswa dalam home group untuk menguasai dan memahami sub bahasan bagian tugas yang menjadi tanggung jawabnya
          d). Menginstruksikan siswa pertama dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima sebagai kelompok ahli (masing-masing siswa ditugaskan menjadi ahli di bidangnya/sub bahasan) untuk focus group.
          e). Menginstruksikan masing-masing kelompok focus group berdiskusi, selama diskusi berlangsung guru memantau dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan..
          f). Setelah masing-masing kelompok focus group berdiskusi, guru menyuruh siswa kembali ke kelompok asal (home group) dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli serta mempresentasikan hasil diskusi.
    g). Melakukan penilaian dari hasil pengamatan palaksanaan diskusi dan presentasi.
          h). Memberikan apresiasi terhadap hasil presentasi masing-masing ke-lompok.
               2). Kegiatan siswa    :    
                    a). Membentuk kelompok asal (home group), masing-masing kelompok 5 orang dengan mendapat nomor 1, 2, 3, 4 dan 5.
                    b). Siswa pertama dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, kelompok ini disebut kelompok ahli, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima.
                    b). Berdiskusi dalam kelompok ahli  (focus group).
        c). Siswa kembali ke kelompok asal (home group). dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli.
                    c). Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. 
                    d). Masing-masing kelompok mendengarkan dan mencatat apresiasi dari guru.

          c. Kegiatan akhir         :  ( waktu 20 menit )
              1). Kegiatan guru      :
                    a). Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan seputar indikator pembelajaran yang ingin dicapai.
                    b). Memberikan penghargaan/pujian kepada kelompok yang berhasil baik, dan memberikan semangat bagi yang belum berhasil dengan baik ( acuan guru adalah hasil pengamatan aktivitas siswa berdiskusi dalam ketrampilan kooperatif)
                    c). Mengadakan kuis ke-1 secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai siswa.
              2). Kegiatan siswa     :
                    a).  Siswa menjawab secara lisan pertanyaan dari guru.
                    b).  Salah satu kelompok siswa menerima penghargaan/pujian.
                    c).  Siswa secara individual menjawab soal-soal secara tertulis.
                    d).  Siswa menerima hasil dari kuis yang dilakukan secara individual.


Pertemuan 10,11 ( waktu 4 X 45 menit )

Materi  :Imperialisme Belanda di Indonesia
Pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia
Akibat perlawanan Belanda di Indonesia
           
      a. Kegiatan awal        :  ( waktu 10 menit )
          1). Kegiatan Guru   :
   a). Memeriksa kehadiran siswa.
   b). Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
   b). Menginformasikan materi tentang Imperialisme Belanda di Indonesia
         c). Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan :
  -Apa yang di maksud dengan kerja rodi, tanam paksa
  -Siapa saja tokoh-tokoh penguasa Belanda yang kejam
- apa yang dimaksud tanam paksa?
                     d). Mengelompokkan siswa menjadi 6 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang siswa (home group) yang heterogen dan meminta siswa duduk dalam tatanan kerja kelompok kooperatif sambil mengingatkan ketrampilan kooperatif tipe Jigsaw yang akan dilakukan, guru memberikan mereka nomor 1, 2, 3, 4, 5 untuk masing-masing kelompok.
                 2). Kegiatan Siswa :
                      a). Mendengarkan, memperhatikan, melaksanakan, informasi dan penjelasan yang disampaikan guru.
b. Kegiatan Inti         : ( waktu 60 menit )
    1). Kegiatan Guru   :
          a). Membagi materi/pokok bahasan menjadi 5 sub bahasan untuk untuk masing-masing home group
          b). Memberikan waktu kepada masing-masing kelompok untuk mem-pelajari materi/pokok bahasan dengan 5 sub bahasan agar mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika berdiskusi.
          c). Menginstruksikan setiap siswa dalam home group untuk menguasai dan memahami sub bahasan bagian tugas yang menjadi tanggung jawabnya
          d). Menginstruksikan siswa pertama dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima sebagai kelompok ahli (masing-masing siswa ditugaskan menjadi ahli di bidangnya/sub bahasan) untuk focus group.
          e). Menginstruksikan masing-masing kelompok focus group berdiskusi, selama diskusi berlangsung guru memantau dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan..
          f). Setelah masing-masing kelompok focus group berdiskusi, guru menyuruh siswa kembali ke kelompok asal (home group) dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli serta mempresentasikan hasil diskusi.
    g). Melakukan penilaian dari hasil pengamatan palaksanaan diskusi dan presentasi.
          h). Memberikan apresiasi terhadap hasil presentasi masing-masing ke-lompok.
               2). Kegiatan siswa    :    
                    a). Membentuk kelompok asal (home group), masing-masing kelompok 5 orang dengan mendapat nomor 1, 2, 3, 4 dan 5.
                    b). Siswa pertama dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, kelompok ini disebut kelompok ahli, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima.
                    b). Berdiskusi dalam kelompok ahli  (focus group).
        c). Siswa kembali ke kelompok asal (home group). dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli.
                    c). Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. 
                    d). Masing-masing kelompok mendengarkan dan mencatat apresiasi dari guru.

          c. kegiatan akhir          :  ( waktu 20 menit )
              1). Kegiatan guru      :
                    a). Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan seputar indikator pembelajaran yang ingin dicapai.
                    b). Memberikan penghargaan/pujian kepada kelompok yang berhasil baik, dan memberikan semangat bagi yang belum berhasil dengan baik ( acuan guru adalah hasil pengamatan aktivitas siswa berdiskusi dalam ketrampilan kooperatif)
                    c). Mengadakan kuis ke-1 secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai siswa.
              2). Kegiatan siswa     :
                    a).  Siswa menjawab secara lisan pertanyaan dari guru.
                    b).  Salah satu kelompok siswa menerima penghargaan/pujian.
                    c).  Siswa secara individual menjawab soal-soal secara tertulis.
                    d).  Siswa menerima hasil dari kuis yang dilakukan secara individual.

Pertemuan 12      ( waktu 2 X 45 menit )

Materi  : Perlawana rakyat menentang kolonialisme Portugis
             Perlawanan rakyat menentang Belanda
           
      a. Kegiatan awal        :  ( waktu 10 menit )
          1). Kegiatan Guru   :
   a). Memeriksa kehadiran siswa.
   b). Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
   b). Menginformasikan materi tentang perlawanan raja dan rakyat menentang kolonialisme Portugis dan Belanda
         c). Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan :
  -Apa yang di maksud dengan benteng stelsel
  -Siapa saja raja yang berani malawan Portugis dan Belanda
                     d). Mengelompokkan siswa menjadi 8 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang siswa (home group) yang heterogen dan meminta siswa duduk dalam tatanan kerja kelompok kooperatif sambil mengingatkan ketrampilan kooperatif tipe Jigsaw yang akan dilakukan, guru memberikan mereka nomor 1, 2, 3, 4, 5 untuk masing-masing kelompok.
                 2). Kegiatan Siswa :
                      a). Mendengarkan, memperhatikan, melaksanakan, informasi dan penje- lasan yang disampaikan guru.
b. Kegiatan Inti         : ( waktu 60 menit )
    1). Kegiatan Guru   :
          a). Membagi materi/pokok bahasan menjadi 5 sub bahasan untuk untuk masing-masing home group
          b). Memberikan waktu kepada masing-masing kelompok untuk mem-pelajari materi/pokok bahasan dengan 5 sub bahasan agar mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika berdiskusi.
          c). Menginstruksikan setiap siswa dalam home group untuk menguasai dan memahami sub bahasan bagian tugas yang menjadi tanggung jawabnya
          d). Menginstruksikan siswa pertama dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima sebagai kelompok ahli (masing-masing siswa ditugaskan menjadi ahli di bidangnya/sub bahasan) untuk focus group.
          e). Menginstruksikan masing-masing kelompok focus group berdiskusi, selama diskusi berlangsung guru memantau dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan..
          f). Setelah masing-masing kelompok focus group berdiskusi, guru menyuruh siswa kembali ke kelompok asal (home group) dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli serta mempresentasikan hasil diskusi.
    g). Melakukan penilaian dari hasil pengamatan palaksanaan diskusi dan presentasi.
          h). Memberikan apresiasi terhadap hasil presentasi masing-masing ke-lompok.
               2). Kegiatan siswa    :    
                    a). Membentuk kelompok asal (home group), masing-masing kelompok 5 orang dengan mendapat nomor 1, 2, 3, 4 dan 5.
                    b). Siswa pertama dalam kelompok bergabung dengan siswa pertama dari kelompok lainnya, kelompok ini disebut kelompok ahli, demikian juga dengan siswa kedua, ketiga, keempat dan kelima.
                    b). Berdiskusi dalam kelompok ahli  (focus group).
        c). Siswa kembali ke kelompok asal (home group). dan mendiskusikan serta membagikan apa yang sudah didapatkannya dari kegiatan kelompok ahli.
                    c). Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. 
                    d). Masing-masing kelompok mendengarkan dan mencatat apresiasi dari guru.

          c. Kegiatan akhir         :  ( waktu 20 menit )
              1). Kegiatan guru      :
                    a). Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan seputar indikator pembelajaran yang ingin dicapai.
                    b). Memberikan penghargaan/pujian kepada kelompok yang berhasil baik, dan memberikan semangat bagi yang belum berhasil dengan baik ( acuan guru adalah hasil pengamatan aktivitas siswa berdiskusi dalam ketrampilan kooperatif)
                    c). Mengadakan kuis ke-1 secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai siswa.
              2). Kegiatan siswa     :
                    a).  Siswa menjawab secara lisan pertanyaan dari guru.
                    b).  Salah satu kelompok siswa menerima penghargaan/pujian.
                    c).  Siswa secara individual menjawab soal-soal secara tertulis.
                    d).  Siswa menerima hasil dari kuis yang dilakukan secara individual.


V.  Penilaian Hasil Belajar              
1. Tehnik
    1. Tes tertulis
    2. Tes unjuk kerja
       -Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi :

NO

NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR
RATA-RATA SKOR
BERTANYA
MENJAWAB
BERPENDAPAT
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps


























Keterangan :
Ak = Aktif        Skor : 80  - 100
Sd =  Sedang                 60  - 79
Ps  =  Pasif                      0   -  59

2. Bentuk Instrumen
a.       Tes uraian untuk kuis
b.      Tes obyektif pilihan ganda untuk tes pencapaian kompetensi.


      -Format penilaian kelompok dalam diskusi :

No

Nama kelompok
Aspek yang diamati dan dinilai
Jumlah skor
Rata-rata skor
A
B
C
D
E


















                 Keterangan :
                        A : Kelengkapan informasi/data.
                        B : Kerjasama kelompok, partisipasi.
                        C : Disiplin waktu.
                        D : Minat dan antusiasme.
                        E : Keberanian mengemukakan pendapat.

                   Skor :
                        Sangat baik     = 81-100
                        Baik                 = 61-80
                        Cukup             = 41-60
                        Kurang                        = 0  -40
VI. Alat , Bahan dan sumber belajar
1. Alat
a. .Gambar............................................................................................................................................
b. .LCD............................................................................................................................................
c. ..Kliping...........................................................................................................................................
2. Bahan
a. .Buku IPS ; Pengantar sosiologi dan perubahan, Susasto, Phil Atrid S.1978. Bandung, Bina Pustaka
b. Modul, dan buku lain yang relevan
3. Sumber Belajar
a. .Buku./ perpustakaan...........................................................................................................................................
b. Televisi............................................................................................................................................
c. .teman, lingkungan dimana anak tinggal.
VII.          Penilaian
1. pre tes
2. post tes
3. Pemberian tugas
VIII.       Lampiran
1.      soal tes tulis
- terlampir dalam modul
 - Tugas dan diskusi kelompok
2.       Kriteria Penilaian.
- Tes tertulis  nilai 70 %
- Diskusi 15 %
- Tugas 15 %

                                                                         Karanganyar, 24 Juni 2011
Verifikator                                                                  Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Bidayatiningsih                                             Junnatun Muyasiroh, S.Pd
NIP. 19660813 199512 2 002                                                NIP.19661117 199802  2 002
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Drs. Wahyu Widodo, MT
NIP. 19601019 199412 1 001








 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com