Social Icons

Jumat, 15 Februari 2013

Artikel : Tentang Italia Irredenta

Terimakasih Atas Kunjungannya :-) 
Thanks For Visiting My Blog 


Italia Irredenta

Nasionalisme dalam pengertian luas diartikan sebagai suatu sikap politik dan sosial dari kelompok-kelompok suatu bangsa yang memiliki kebudayaan, bahasa, dan wilayah yang sama dan diikat oleh kesamaan cita-cita dan tujuan. Hal tersebut melahirkan kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa.
Kenangan akan kejayaan yang pernah dicapai pada masa Romawi Kuno menginspirasi Italia untuk menyatukan wilayahnya yang sejak abad ke-18 terpecah dalam banyak negara kecil. Cita-cita membebaskan wilayah tersebut melahirkan paham Italia Irredenta (Italia yang diimpikan), yakni membebaskan daerah Italia yang masih dikuasai oleh negara lain dan membentuk Italia Raya. Upaya mempersatukan Italia ditempuh dengan cara peperangan dan dukungan luar negeri. Tahun 1882 Italia menjadi anggota Triple Aliantie bersekutu dengan Jerman dan Austria.
Memasuki Perang Dunia I, Italia yang sebelumnya anggota Triple Aliantie, berkhianat masuk ke Blok Sekutu dan mengumumkan perang terhadap Austria untuk mendapatkan Tirol Selatan, Istria, dan Dalmatia yang dikuasai Austria. Sikap Italia tersebut dapat dipahami sebagai upaya merealisasikan Italia Irredenta, yakni merebut dan mempersatukan wilayah Italia kedalam Italia Raya.
Source : tuanguru.com

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar