Social Icons

Rabu, 06 Februari 2013

Materi Seni Musik Kelas XI - Nilai Nilai Musik NonTradisional Nusantara

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


Nilai Nilai Musik NonTradisional Nusantara

Musik non tradisi atau sering disebut sebagai musik modern,tidak lahir dari budaya suatu masyarakat tertentu. Musik tersebut di bangun berdasarkan satu aturan komposisi yang jelas,seperti sistem notasi,tangganada,tekstur,serta intrumen yang dikenal masyarakat secara luas dan mudah dipelajari. Selain itu,musik modern bersifat terbuka,artinya komposisi dan gaya musik sangat dipengaruhi oleh berbagai pengalaman musikal para musisi dari setiap masa.
A.      Unsur unsur estetis musik secara umum
Untuk dapat menciptakan musik yang memiliki nilai indah(estetis)diperlukan pengetahuan unsur unsur musik. Unsur unsur musik meliputi dua hal,yaitu unsur unsur pokok dan unsur unsur pendukung.
1.       Unsur unsur pokok yang dapat menghidupkan musik,yaitu bunyi,melodi,birama,harmoni,tekstur.
2.       Unsur unsur pendukung musik,yaitu unsur tempo,dinamika,dan gaya
Berikut ini adalahpenjelasan setiap unsur pokok dan unsur pendukung musik.
1.       Bunyi
Bunyi dalam musik berasal dari suara manusia yang disebut vokal dan bunyi dari alat alatmusik yang disebut intrumen. Keindahan musik instrumental selain ditentukan oleh pemain musik ditentukan juga oleh alat alat musik.
Berikut ini alat alat musik intrumental berdasarkan sumber bunyi alat musik dan cara memainkannya.
a.       Alat musik Dawai (petik)
Alat musik dawai atau petik cara membunyikannya dengan dipetik atau digesek. Contoh alat musik petik,yaitu kecapi(jawa barat),siter(jawa tengah)sasando(NNT),gitar,ukelele,harpa,mandolin,lute,dan banyo.contoh alat musik gesek seperti rehab(jawa),the yan(jakarta) dan biola.
b.      Alat musik tiup
Alat musik tiup dibunyikan dengan cara ditiup,terbuat dari kayu,bambu,dan logam(brass). Contoh alat musik tiup yang terbuat dari kayu yaitu seruling(jawa),serunai,flute(suling),clarinet,dan oboe. Contoh alata musik tiup yang terbuat dari logam yaitu terompet,trombone,tuba,horn,harmonika,pianika,saxophone,cornet,piccolom-C mellophone,dan French horn.
c.       Alat musik pukul
Cara membunyikannya dengan cara dipukul,diketuk atau di tabuh. Alat musik ini di bagi menjadi 3,yaitu musik bernada berbilah,bernada tidak berbilah,dan tidak benada.
1)      Bernada berbilah
Contoh alat musik pukul bernada berbilah,yaitu gambang,saron,slenthem,gender(jawa),giying,rinding(bali),calung(jabar),kolintang(sulawesi),genta nada.
2)      Bernada tidak bebilah
Contoh alat musik ini yaitu kempul,kenong(jawa dan bali),bonang,toto buang(maluku),saluang(sumtra),kendang atau gendang,tifa,resonator,bells,drum,dan timpang.
3)      Tidak bernada
Contoh alat musik yang tidak bernada ,yaitu cengceng(bali),kecak,rebana,ketipung,terbang,bedug,jidur,kendang,kentongan,bongo,triangle,pandiro,slaves,ring bells,tamborin,castagnets,dan sticks.
d.      Susunan Instrumen
e.      Susunan istrumen dalam sebuah orkes menggunakan alat alat musik seperti contoh berikut ini.
Instrumen Orkes
Alat Musik
Macam Alat Musik
Dawai atau string
Tiup kayu
Tiup logam
Pukul
Biola I,biola II,harpa,cello,bass.
Clarinet,flute,oboe,recorder.
Trumpet,tuba,horn,trombone.
Cymbal,snar drum,drum,timpang,kastanyet.
2.       Irama
Irama disebutpula ritme atau ritmik,yaitu panjang dan pendeknya nda dalam musik. Irama memberikan ketukan dalam musik. Secara populer disebutkan bahwa irama adalah adanya unsur unsur dalam musik sebagaia pembagian berlangsungnya waktu yang memberi peryataan hidup kepada musik itu. Irama merupakan unsur mutlak dalam musik.
Tanpa irama tidak ada musik.  Irama yang kiita dengar dan rasakan dapat ditulis tanpa paranada(lima garis sejajar uutuk not balok). Dalam memainkan alat tradisional,setiap daerah mempunyai ciri khas yang menimbulkan pola pola irama tertentu. Sebagai contoh suara kendang pada gamelan ludruk surabaya,rentak tepukan pada lagu didong aceh,bunyi terbang ketipung pada musik jipin atau terbang jidor,suara rentak gendang lagu melayu,suara ceng xeng pada gamelan bali,dan tifa papua. Masing masing alat musik tersebut menghasilkna pola irama warna tertentu yang kita kenal dengan musik irama joged,irama keroncong,irama maluku,irama melayu,irama dangdut,irama tango,irama waltz dan masih banyak lainnya. Alat musik ritmik(perkusi)terdiri dari lat perusi irama dan perkusi melodi.
a.       Alat perkusi irama
Alat perkusi irama adalah alat yang dapat digunakan untuk memperdengarkan bermacam macam irama,tetapu tidak dapat digunakan untuk memainkan melodi atau lagu. Contoh alat perkusi irama,yaitu ketipung,kendang,tamborin,triangle,kastanyet.
b.      Alat perkusi melodi
Alat perkusi melodi adalah alat musik yang selain dapat dipakai untuk irama,dapat juga menghasilkan nada nada sesuai lagu yang dimainkan. Contoh alat perkusi melodi,yaitu silofon,glokenspil,lyra,tabular belis.
3.       Melodi
Melodi adalah rentetan nada nada yang disusun secara ritmis dengan ketinggian masing masing. Garis ketinggiannada dan irama dalah unsur unsur dalam melodi yang menetapkan sifat. Melodi merupakan dayat tarik musik.
Untuk dapta mendengarkan musik dengan penghayatnan rasa diprlukan tentang melodi. Melodi merupakan tinggi rendahnya nada yang disusun dalm suatu frase. Arah melodi adalah  naik dan turun. Arah melodi ada yang melangkah naik dan ada yang melangkah turun serta melodi yang datar saja atau tetap di tempat. Urutan not not atau nada nada pada balok ynag dihubungkan dengan sebuah garis akan melukiskan gerak lagu. Gerak lagu dalam seni musik disebuit melodi,yaitu urutan nada nada yang membentuk suatu lagu.
4.       Harmoni
Harmoni dalam seni musik adalah keserasian,keselarasan,kesesuaian bunyi dari setiap instrumen dalam kelompok musik yang tampil sebagai suatu bentuk yang utuhenak didengar,dan memenuhi syarat karya musik. Harmoni merupakan ruang musika,yang memberikan bobot atau nilai dan bentuk tubuh pada jaringan melodinya. Kaitan harmoni dengan melodi yaitu harmoni adalah aspek musik secara vertikal,sedangkan melodi adalah pemenuhan nada yang dipergunakan secara simultan,sedang melodi merupakan rangkaian nada nada yang diperdengarkan secara individual.
Dalam menciptakan lagu,seorang komponis ada yang mengunakan harmoni untuk membentuk karakter dan memberi warna musik sehingga terdengar indah(merdu),namun ada juga yang membuat melodi terlebih dahulu baru kemudian dicariikan akor akornya(seperti lagu lagu klasik).
5.       Tekstur
Tekstur dapat di artikan sebagai nilai raba(dalam seni musik).tekstur pada musik berua jalinan atau alunan melodi  dalam sebuah karya musik yang terdiri dari berbagai  suara. Contoh tekstur bisa dilihat pada group paduan suara ynag terdiri dari beberpa suara(sopran,alto,tenor,dan suara bas) yangdidiringi dengan alat musik(gitar,orga,piano,atau orkestra). Pada umumnya tekstur atau corak musik adalah hasil gabungan dari irama,melodi,harmni,dan dinamik. Setelah unsur pokok musik,selanjutnya kita bicarakan unsur pedukung musik.
Unsur pedukung atau unsur ekspresif bersifat pernyataan ungkapan perasaan dengan cara mengadakan perubahan perubahan volume(keras lunaknya suara),tempo(kecepatan),dan perubahan gaya untuk menafsirkan sebuah lagu atau komposisi. Contoh pilihan unsur pendukung musik ynang tepat dalam sebuah lagu yaitu lagu perjuangan yang  dinyanyikan dengan gagah berani,dinamik,dan mantap. Unsur pendukung atau ekspresi musik terdiri dari tempo,dinamik,dan gaya.
6.       Tempo
Tempo adalah kecepatan dan perubahan perubahan kecepatan suatu lagu. Berikut ini beberapa tanda dan istilah dalam tempo.
KATEGORI
SUB KATEGORI
KETERANGAN
Sangat lambat
Largo
Luas

Grave
Serius
Lambat
Lento-adagio
Gemulai ringan(tidak tergesa-gesa),santai(slowly)
Sedang
Andante
Berjalan-dalam tempo orang yang berjalan

Moderato- Andantino
Sedikit seperti andante(lebih cepat dari andante)
Agak cepat
Allegretto
Agak hidup(tidak secepat allegro)
Cepat
Allegro
Gembira,ceria,dan hidup
Sangat cepat
Allegro molto
Sangat hidup
Vivace
Enerjik
Bersemangat hidup

Presto
Sangat cepat

Prestissimo
Secepat mungkin
   
7.       Dinamik
Dinamik dalam seni musik adalah volume bunyi yang kuat lembut dan perubahanberangsur angsur dari lemah ke kuat dan sebaliknya. Pendukung ekspresi musik yang utma adalah dinamik dan tempo
Tingkat volume
Istilah dinamik
Simbol
Sangat lemah
Pianissimo
pp
Lemah
Piano
p
Agak lemah
Mezzo piano
mp
Agak Kuat
Mezzo forte
mf
Kuat
Forte
f
Sangat kuat
Fortisimo
ff
Tanda dan istilah dinamik adalah tanda untuk menyatakan besar kecilnya suara atau keras lunaknya suara dan perubahan perubahan keras lunak suara itu.
Tinkat volume
Istilah dinamik
Simbol
Berangsur menguat
Crescendo
Berangsur melemah
Descrescendo atau diminuendo
Tekanan mendadak atau aksen pada satu nada atau satu akor
sforzando
Sf/forced
8.       Gaya
Gaya  dalam seni musik adalah cara  menyampaikan melodi atau lagu yang tersambung dengan halus atau terputus putus
B.      Kandungan nilai pada musik nontradisional nusantara
Nilai yang terkandung pada musik nontradisional antara lain sebagai berikut,
1.       Sebagai batasan lokalitas dan komunitas
Nilai sangat dekat batasan lokalitas(kewilyahan,institusional,masyarakat,etnis,bangsa)pribadi dan komunitas(kelompok). Semua itu bergantung pada kredo(creed)masing masing. Ada suatu masyarkat yang akan sangat marah dan merasa direndahkan  martabatnya ketika disebut ”celeng”. Sementara kelopok lain biasa saja dan bahkan dijadikan pelengkap upacara(yang berarti dimuliakan)
2.       Adanya muatan nilai sosial
Di dalam jajaran musik pop,terdapat beberapa nama beken yang sanggup menggetarkan semangat dan rasa solidaritas masyarakat  yang selama ini hampir sirna dari sanubari mereka. Sebut saja nama nama grup dan perorangan,seperti koes plus,bimbo,ebiet G.Ade dan lainya.
3.       Adanya muatan nilai yang indah,menarik,dan mendidik
Seseorang akan dengan cepat mampu menilai karya musik (lagu) itu indah atau tidak melalui lantunan suatu lagu. Bagi seseorang yang terlatih mendengarkan suatu karyamusik(lagu),akan dengan mudah membedakan”nilai” melodi(nada) dengan “nilai” syair yang terdapat dalam lagu itu. Lagu yang baik adalah yang mengandung kedua unsur tersebut secara seimbang ,indah dan mendidik. Artiny,dipandang dari sudut komposisi lagu(melodi,irama,syair) sangat menarik dan indah. Namun demikian,ada pula lagu yang hanya mampu memenuhi slah satu atau dua unsur komposisi lagu,misal unsur melodi dan iramanya saja,sedangkan ditinjau  dari sisi syair jauh dari mendidik .
4.       Mengangkat harkat manusia
Sebenarnya suatu bentuk seni musik yang baik pastilah mengandung muatan nilai indah dan mendidik,baik musik tradisional amupun non tradisional,timur atau barat,religius atau profan,gratis atau komersial,semua mempunyai tujuan yang sama yaitu mengangkat harkat manusia lebih tinggi dari yang pernah dicapai sebelumnya.
5.       Perlambang nilai jiwa dan ucapan
Budaya tulis telah membantu  seniman uuk menjelaskan untuk menjelaskan maksud,tujuan,dan nilai nilai  yang terkandung dalam karya mereka. Nilai  suatu karya seni musik tidak hany a terkandung dalam syair saja,tetapai juga terdapt dalam melodi,nada,irama,dan keseluruhan karya musik itu sendiri. Tapi di bandingkan dengan unsur musik yang lain,maka syair menduduki temapat pertama dalam hal kemampuan menjelaskan nilai(isi) suatu karya musi. Menurut Pasaribu,syair lagu merupakan ekspresi seseorang dari dalam batinnya tentang hal, baik yang sudah dilihat,didengar,maupun dialaminya.
6.       Nilai artistik
Nilai ini berhubungan dengan nilai seni. Di dalam nilai ini seseorang dalam menciptakan suatu karya musik yang memiliki ciri khas atau keunikannya. Ciri khas tersebut dapat di lihat sari melodi maupun irama. Apabila karya musik tersebut didengarkan maka orang dapat menilai siapa yang menciptakannya. Meskipun sama sama beraliran jenis musik pop,setiap pencipta lagu memiliki cara tersendiri untuk mengahasilkan karyannya . contoh lagu yang diciptakan ahmad dani beda dengan lagu cipt. Melly goeslaw.
7.       Nilai estetika
Nilai ini berhubungan dengan nilai keindahan. Setiap karya musik yang mencipkan akan mengandung unsur unsur keindahan yang dapat dilihat dan didengarkan  melalui oenyajian musik melalui vokal,instrumen,dan gabungan antar vokal dan instrumen.
a.       Penyajian musik vokal
-          Solo =penyanyi tunggal
-          Duet=penyanyi dua orang
-          Trio  =tiga orang
-          Koor=dalam bentuk paduan suara
Biasanya nilai keindahannya terletak pada jenis vokal dan penampilan penyanyi.
b.      Penyajian musik instrumen
Bentuk penyajiannya adalah berupa peralatan  musik yang digunakan. Setiap alat musik mempunyai ciri khas yang merupakan nilai keindahan. Nilai keindahan alat musik dapat dilihat dan didengarkan melalui cara memainkan,bentuk alat musik ,dan bunyi yang dihasilkan.
c.       Penyajian musik vokal dan instrumen
Bentuknya bisa berupa orkestra,band,dan simphoni. Nilai keindahannya terletak pada suara penyanyi dengan iringan suara alat musik. Selain itu juga penampilan dari pemain musik dan penyanyi.
8.       Nilai ilmu pengetahuan
Nilai berhubungan denagn ilmu pengetahuan pada bidang musik dan kemajuan teknologi. Pencipta musik dalam mengahasikan karyanya perpedoman pada pengetahuan musik dan aturan yang ditetpakan,misalnya mengenal unsur unsur musik,penulisan not balok,dan not angka. Komponis dalam menciptkan musik menggunakan teknologi modern,seperti elektronik dan komputer.
C.      Musik ansambel
Bila sajian musik ituhanya terdiri dari permainan alat musik secar bersama sam di namakan musik ansambel. Ansambel  berasal dari kata ensemble yang berarti bersama sama. Dari arti tersebut,musik ansambel dapat dimaknai sebagai sebuah sajian musik yang dilakukan secra bersama sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau jenis alat musik.
D.      Jenis alat musik
1.       Berdasarkan sumber bunyinya
a.       Alat musik berdawai
Alat musik ini memiliki sumber bunyi yang berasal dari dawai dawai yang dipetik atau atau digesek. Alat musik berdawai yang dipetik misalnya kecapi,harpa,ukelele,banjo,gitar dan lain lain,,sedangkan yang di gesek misal rebab,viola,violin dan lain lain.
b.      Alat musik tiup
Alat musik in I dibagi menjadi 2 yaitu
1)      Alat musik tiup kayu,dapt menghasilkan nada karena getaran yang dijepit dibibir dan ditiup atau pula karena udara didalamnya. Contoh :suling,flute,saxophone,dan clarinet.
2)      Alat musik tiup logam menggunakan getaran bibir yang meniup. Contoh:tuba,teromprt,dan french horn.
c.       Alat musik bertuts
Alat musik ini memiliki bilhan bilahan nada dengan getaran sumber bunyi yang bermacam macam. Misalnya pianika,melodion,akordeon dengan lidah kidah,piono dengan daai,dan organ dengan pipa pipa. Ada pula yang sumber bunyinya elektrik.
d.      Alat musik perkusi
Alat musik ini menggunakan getaran yang ditimbulkan karena alat tersebut dipukul atau dikocok,sehingga alat musik perkusi disebut alat musik pukul. Alat musik ini di bagi menjadi 2:
1)      Alat musik perkusi bernada,misalnya timpani,xylophone,glocken spiel,gambang,slenthem,baron.calung,angklung,kolintang,kenong,tifa,dan totobuang.
2)      Alat musik perkusi tidak bernada. Misalnya castanets,tamborin,marakas,kendang,snare,drum,simbal,rebana.
2.       Berdasarkan fungsinya dalam pergelaran
a.       Alat musik melodis
Alat musik ini merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada nada atau melodi sebuah lagu. Misalnya biola,recorder,flute dan gitar melodi.
b.      Alat musik ritmis
Alat musik ini merupakan alat musik yang dalam permainannya memberikan irama tertentu dalam pergelaran musik. Hal ini juga berhubungna dengan ketukan(pulsa) dan birama. Misalnya kendang, kelompok drum,bas,gong,tamborin,rebana.
c.       Alat musik harmonis
Alat musik ini yaitiu alat musik yang didalam permainan lebih berperan sebagai pembawa paduan nada(akor). Mislanya gitar pengiring,ukelele, dan kolintang pengiring.
E.       Teori musik
Teori ,usik perlu disadari sebagai sarana untuk mempermudah dalam bermain musik. Kemampuan penguasaan teori musik sebenarnya sangat ,elekta dalam  permainan instrumen dan kebutuhan untuk masing masing instrumen tidak sama. Misalnya teori musik untuk instrumen drum lebih banyak pada pengusaan ritme,sedangkan untuk instrumen saxophone in Es penguasaan tangga nada awalnya sudah lih tinggi karena latihan awal teknik bermain sudah menggunakan tangga nada Es Mayor,sedangkan untuk instrumen piano,gitar,dan bass di mulai pelatihan tekniknya dari tangga nada C Mayor. Untuk latihan awal teknik bermainan instrumen drum tidak menggunakan tangga nada melainkan hanya ritme.
Berikut beberapa hal penting berkaitan dengan teori musik,
1.       Garis paranada
Paranada (inggris:staff) adalah butir butir nada diletakkan pada lima garis sejajar . sitem penulisan butir butir nada paranada dikenal dalam masyarakat kita dengan istilah not balok. Pada dasarnya  prinsip membaca not balok adalah sangat sederhana seperti halnya membaca sebuah grafik yang logis. Tingkat ketinggian nada dapat terlihat dengan jelas sebagaiman apa adanya pada paranada. Pada garis paranada terdapat garis garis verikal pembatas irama disebut garis birama. Di antara garis garis pembatas terbentuk kolom kolom yang di sebut birama(inggris:bar)
2.       Tanda kunci(key signature)
a.       Kunci G
Kunci ini berfungsi untuk menentukan nada G yang terdapat pada garis kedua dari bawah atau garis keempat dari atas.penulisan nada nada pada wilayah tinggi menggunakan kunci C yang biasa disebut dengan Treble Clef.
b.      Kunci F
Kunci ini berfungsi untuk menentukan nada F yang terdaoat pada garis keempat dari bawah dan garis ke 2 dari atas. Kunci ini juga digunakan untuk menghastilkan wilayah suara rendah.(lihat lks ada gambarnya)hehe J L
Notasi garis paranda diatas terdapat dua buah  kunci yaitu kunci G dan Kunci F. Notasi diatas menunjukan bahwa kunci G dan Kunci F saling berhubungan dan menunjukan bahwa nada nada dalam kunci F lebih rendah dari pada nada nada yang terdapat dalam kunci G. Nama nama nadanya disusun secara berurutan untuk memperjelas penotasian posisi nada dalam garis paranada.
c.       Kunci C
Kunci C terdapat 5 macam tang dibedakan dari letak tanda kuncinya pada garis paranada. Nada yang terletak di depan tengah notasi tersebut adalah c1. Nada berikutnya menyesuaikan dengan posisi atau letak nada yang akan berpengaruh pada tinggi dan rendah nada. Karena letaknya yang dapat berpindah tempat,kuncinya ini juga sering disebut movable clef. Tanda kunci ini biasanya hanya dugunakan untuk penulisan instrumen biola alto dan cello.
3.       Bentuk dan nilai not
Gambar cari internet  ya J
4.       Bentuk tanda diam
Tanda diam
Not
Nilai


Penuh


Setengah


Seperempat


Seperdelapan


seperenambelas
5.       Tanda sukat
a.       Tanda sukat 4/4
Lanjutannya panjenengan geeeeeeeeeh.
Good luck J


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar