Social Icons

Jumat, 15 Februari 2013

Contoh : Penulisan Laporan Karya Wisata

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
Thanks For Visiting My Blog


LAPORAN
KARYA WISATA
Pabrik Coca-Cola, Masjid Agung Jawa Tengah, Museum Ronggo Wasito, Masjid Kubah Emas Depok, Gelanggang Samudra Ancol, Dunia Fantasi, Taman Safari Cisarua Bogor, Cibaduyut Bandung.
Jakarta, 2-5 April 2012
Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)
Tahun Pelajaran 2011/2012
Disusun oleh :
Nama   : Rizal Setyawan
Kelas   : VIII A
No.      : 017


Pemerintah Kabupaten Semarang
Dinas Pendidikan
Sekolah Menengah Pertama Negeri I Bringin
2012






HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Karya Wisata ke Pabrik Coca-Cola, Masjid Agung Jawa Tengah, Museum Ronggo Wasito, Masjid Kubah Emas Depok, Gelanggang Samudra Ancol, Dunia Fantasi, Taman Safari Cisarua Bogor, Cibaduyut Bandung.
Laporan ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ulangan Kenaikan kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2011/2012 yang telah disetujui dan disahkan pada :

Bringin, ………………… 2012

Mengetahui
Pembimbing I
SRI HASTUTI ARININGSIH, S.Pd.
NIP. 19610728198203 2006
Pembimbing II
RACHMAT HARDOYO, M.Pd.
NIP. 19630503 1988031012

Mengetahui
PLT. Kepala Sekolah
Drs. HARTONO
NIP. 196108021989903 1008






HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN


A.      MOTTO
  1. Cintailah anugerah yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Berkahilah hidup dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas
  3. Hidup ini akan lebih berarti jika kita memanfaatkan ilmu pengetahuan dan wawan yang luas.
B.       PERSEMBAHAN
Dengan penuh kerendahan hati laporan yang sederhana ini penulis persembahkan kepada :
  1. Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing.
  2. Sekolahku tercinta.
  3. Dan pembaca tentunya.


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat yang hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
Maksud penulis penyusun laporan ini untuk meningkatkan minat pembaca dan motivasi kepada para siswa dalam mengembangkan potensinya dan meningkatkan kualitas pendidikan. Secara spesifik laporan ini disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia yakni keterampilan menulis.
Penyusunan  laporan ini dapat terlaksana dengan bantuan dari semua pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada :
  1. Yang terhormat Bp. Hartono selaku kepala sekolah SMP N I Bringin dan penanggung jawab Karya Wisata ini.
  2. Yang terhormat Ibu Sri Hastuti Ariningsih, S. Pd. Selaku guru mata pelajaran Bahas Indonesia yang membimbing dalam penulisan laporan ini.
  3. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru, Pembimbing Karya Wisata SMP N I Bringin.
  4. Teman-teman kelas VIII A.
  5. Semua pihak yang belum penulis sebutkan juga ikut membantu penyusunan laporan ini.
Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk penyusunan laporan ini. Namun, kemungkinan masih ada kekurangan. Untuk itu kami mohon saran dan kritikan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca dan khususnya untuk siswa SMP N I Bringin.

Bringin, …… April 2012


PENULIS














DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  ……………………………………………………….         i
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………        ii
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN …………………………..       iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………       iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..        v
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang ……………………………………………………….        1
  2. Tujuan Karya Wisata …………………………………………………        1
  3. Pelaksanaan dan Peserta Kegiatan ……………………………………       1
  4. Isi Laporan Perjalanan Karya Wisata  ………………………………..        1
BAB II PEMBAHASAN
  1. Deskripsi Pabrik Coca-Cola  ………………………………………….        3
  2. Deskripsi Masjid Agung Jateng ………………………………………        4
  3. Deskripsi Museum Ronggo Wasito  ………………………………….        5
  4. Deskripsi Masjid Kubah Emas ……………………………………….        6
  5. Deskripsi Gelanggang Samudra Ancol ……………………………….        7
  6. Deskripsi Dunia Fantasi ………………………………………………        7
  7. Deskripsi Taman Safari Cisarua Bogor  ………………………………        8
  8. Deskripsi Cibaduyut Bandung ……………………………………….        9
BAB III PENUTUP
  1. Kesimpulan  …………………………………………………………..      10
  2. Saran ………………………………………………………………….      10
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………….      11




BAB I
PENDAHULUAN
 A.      Latar Belakang
Karya Wisata merupakan kunjungan suatu obyek dalam rangka memperluas pembelajaran kontektual. Karya Wisata merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang tepat, karena kegiatan tersebut dapat mengajak siswa belajar di ligkungan yang nyata dan alami. Sehingga pembelajaran dapat berlangsung lebih protektif dan bermakna. Selain itu, kegiatan Karya Wisata dapat membantu siswa mengaitkan antara materi yang disampaikan guru dengan situasi dunia nyata.

B.       Tujuan Karya Wisata
Tujuan Karya Wisata ini adalah sebagai berikut :
  1. Menambah pengetahuan dan wisata siswa.
  2. Memperdalam cinta tanah air.
  3. Menghilangkan rasa stress.
  4. Siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan cara yang lebih baru, alami, lebih bermakna, produktif dan nyata.

C.      Pelaksanaan dan Peserta Kegiatan
Karya Wisata dilaksanakan pada hari senin, selasa, rabu, kamis tanggal 2-5 April 2012. Lama perjalanan ± 4 hari 4 malam. Tujuan yang utama diselenggarakan Karya Wisata ini yaitu ke Semarang, Jakarta, Bogor dan Bandung. Pesertanya siswa-siswi SMP N I Bringin dan guru-guru / pegawai SMP N I bringin.

D.      Isi Laporan Pejalanan Karya Wisata
Senin, 2 April 2012 para siswa kelas VIII SMP N I Bringin mengadakan Karya Wisata ke Semarang, Jakarta, Bogor dan Bandung. Objek-objek yang di kunjungi antara lain Pabrik Coca-Cola, Masjid Agung Jawa Tengah, Museum Ronggo Wasito, Masjid Kubah Emas Depok, Gelanggang Samudra Ancol, Dunia Fantasi, Taman Safari Cisarua Bogor, Cibaduyut Bandung.
Sekitar pukul 09.00 WIB kami dikumpulkan di lapangan upacara SMP N I Bringin untuk diberi keterangan dan berdo’a bersama.
Pada pukul 13.00 WIB kami telah sampai di kunjungan di Pabrik Coca-Cola. Di Pabrik Coca-Cola kami diterangkan tantang asal mulanya bisa terbentuk Pabrik Coca-Cola. Setelah selesai kami disuruh untuk mencoba Coca-Cola dan waktu kami mau pergi untuk melihat, kami dikasih Coca-Cola. Masing-masing anak diberi 1 botol.
Setelah menikmati objek itu kami melanjutkan perjalanan menuju Masjid Agung Jawa Tengah melaksanakan sholat dan berwisata. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan menuju Monumen Ronggo Wasito tepatnya di Semarang. Untuk lebih jelas lagi, mari kita simak uraian berikut ini.


















BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pabrik Coca-Cola
PT. Coca-Cola ini diciptakan pertama kali di bulan Mei oleh Dr. Johns Roberto di Atlanta, Georgia.  Nama “Coca-Cola” sebenarnya merupakan ide dari Frank Robinson yang menjadi pemegang pembutuhan Dr. Pemberton, yang kemudian mengabaikannya.
Nama Coca-Cola sendiri sebenarnya dari campuran bahan minuman tersebut yang dicampur dengan colanuts (yang merupakan bahan caffeine). Coca-Cola dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk morpine, addiction, didpepsia, nerastopia, sakit kepala dan impotensi dan dijual seharga Chan per gelas. Penjualan pertama dilakukan di Atlanta, Georgia di sebuah fermasi bernama bernama Jackoop Parmacy pada tanggal 7 Mei 1886 dan dalam 8 bulan pertama terjual sebanyak 9 minuman setiap harinya.
Dr. Pemberton memasang ilayan pertama kali pada tanggal 29 Mei di Surna Atlanta untuk produk minuman. Total penjualan yang dihasilkan oleh Dr. Pemberton pada tahun pertama sebanyak 50 minuman. Saat itu kini Coca-Cola dikonsumsi lebih dari 800 juta per hari.
Sebagai sebuah perusahaan berbadan hukum, Coca-Cola Corporation di tahun 1888, di tahun 1888 Pemberton menjual sahamnya yang kedua kalinya kepada 3 orang pembisnis yaitu J. C. Mayfiel, A. O. Mufhai dan E. H. Blood Whoid, hingga suatu ada 3 macam produk Coca-Cola yang dijual oleh 3 perusahaan yang berbeda-beda di pasaran. Di tahun 1891 Asa Coher yang merupakan pemilik dari bisnis Coca-Cola yang telah dijalurkannya selama 5 tahun berhasil mendapatkan $ 2.300.
Caher mendapatkan Trademer “Coca-Cola” pada kantor paten Amerika dan membayar cicilan pertamanya sebanyak $20 di tahun 1893. Formula rahasia tersebut dikenal dengan sebutan “7X” dan hanya diketahui oelh beberapa rekan yang sangat dipercaya. Dalam waktu 3 tahun kemudian seiring dengan perkembangan dunia periklanan dan promosi saat itu pengguna sofenir kalender 96 perempuan muda dan tidak terhitung sebagai hal yang baru Coca-Cola berhasil menembus ke setiap negara di Amerika Serikat. Logo Coca-Cola menyebar dan dapat ditemukan di seluruh penjuru dinding di Amerika bila dihitung secara kasar mencapai 2,5 kaki persegi.
Pada saat itu jaya sebuah toko Perman di Missis Sippy yang terkenal besarnya permintaan minuman ini.di tahun 1960-an, saat dunia periklanan berubah dari arti lain dari periklanan mulai bermunculan. Coca-Cola pun mulai bergerak ke penggunaan metode-metode promosi yang lebih modern hingga kini.
B.       Masjid Agung Jawa Tengah

Setelah Pabrik Coca-Cola kami makan siang (Lunch Box) dan sampai di Masjid Agung Jawa Tengah sekitar jam 13.00 WIB. Masjid ini didirikan di daerah Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayam Sari, Kota Semarang. Luas masjid ini 10 hektar dan luas bangunan inti 1.669 meter.
Dengan pemasangan tiang pancang perdana yang dilakukan Menteri Agama RI. Prof. Dr. H. Said Agil Husen Al Munawar, KH. MA. Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah H. Mardianto.
Diresmikan pada taggal 16 Nopember 2006 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Meskipun baru diresmikan, masjid ini sudah difungsikan sebelum diresmikan. Masjid ini digunakan untuk Ibadah Shalat Jum’at pertama kalinya pada tanggal 19 Maret 2011 dengan Khotib Drs. H. M. Chabib Thoma, M.A. Kakanwil Dadag Jawa Tengah.
Di kompleks ini terdapat “Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah” yang terletak di tower Asma’ul Husna lantai 2 dan 3.

C.      Museum Ronggo Wasito Semarang
Museum Ronggo Wasito Semarang

Museum ini diresmikan pada tanggal 5 jilu 1989. Nama “Ronggo Wasito” diambil dari nama pujangga besar Surakarta Hadiningrat. Karya-karyanya yang sangat terkenal dan akrab dengan kehidupan masyarakat Jawa seperti Serat Kalatida, ramalan tentang adanya zaman “Idan”. Julukan “Pujangga Rakyat” diberikan Ir. Soekarno pada tahun 1953 kepada Raden Ngabeni Ronggo Warsito.
Museum yang terletak di Jl. Abdul Rachman Saleh no. I Semarang ini merupakan Museum kebanggaan masyarakat Jawa Tengah karena merupakan salah satu tempat melestarikan asset-aset budaya Jawa Tengah sekaligus 50.000 buah koleksi yang disajikan secara rapi di dalam maupun di luar ruangan.
Fasilitas yang jarang dijumpai di Museum lain. Fasilitas yang tersedia antara lain :
  1. Perpustakaan yang beragam di ruangan yang ber-AC.
  2. Ruang Audio ber-AC kedap suara yang didesain seperti sebuah bioskop mini dengan kapasitas 10 orang.
  3. Cain Box berupa kotak audio yang dapat diperdengarkan berbagai cerita rakyat yang berkembang di Jawa Tengah hanya dengan memasukkan koin senilai Rp 100,-
  4. Ruang Apresiasi yang didesain khusus untuk pameran, pagelaran, lomba dan festival yang lebih mengedepankan edukasi cultural dan,
  5. Taman dan area bermain yang terletak di tempat yang nyaman dan teduh.


D.      Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas terletak di Jalan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat. Masjid ini didirikan / dibangun oleh seorang pengusaha yang berasal dari Banten yang bernama Ibu HJ. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan baru diresmikan tanggal 6 Desember 2006. Masjidnya bernama Dian Al-Mahri.
Luas bangunan pada masjid ini adalah 60×120 m. Supaya kelihatan mewah masjid ini dilapisi emas 18 karat dengan tebal 3-4 mm dan juga terdapat 6 buah menara yang tingginya masing-masing 40 m. Arsitekturnya bergaya Timur-tengaj membuat orang terkagum-kagum. Ada pula batu granit yang didatangkan langsung dari Turki dan lampu gantung dari Italia yang beratnya 3,6 ton.
Keistimewaan masjid ini selain kubahnya berlapis emas, langit-langit utama yang bergambarkan langit dasar biru dapat berubah-ubah warnanya, sesuai waktu sholat 5 waktu. Keistimewaan lainnya adalah seluruh bahan bangunannya didatangkan langsung dari Itali. Selain itu, masjid yang dibangun pada tahun 2001 dan dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006 ini memiliki 7 ruangan dan mampu menampung lebih dari 20.000 jamaah.
Keadaan lingkungan sangat bersih karena semua pengunjung tidak membuang sampah sembarangan tempat sehingga para wisatawan dan jamaah yang datang untuk sholat maupun melihat-lihat keindahan masjid ini. Di masjid ini kita bisa mengambil gambar dari berbagai tempat kecuali di dalam ruangan.
Itulah pembahasan mengenai masjid Kubah Emas. Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke Islamic Centre untuk transit, mandi dan makan pagi pukul 05.00 WIB. Di sepanjang jalan ada berbagai rumah adat, taman, dan ada rangka burung raksasa. Untuk lebih jelasnya mengenai GSA, perhatikan deskripsi berikut ini.
E.       Gelanggang Samudra Ancol
Gelanggang Samudra Ancol merupakan Theme Park ketiga yang dikembangkan oleh Ancol. Samudra merupakan Edutainment Theme Park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa antara lain, lumba-lumba, paus hitam, anjing laut dan lain-lain.

F.       Dufan

Dufan terletak di daerah Pantai Utara Pulau Jawa atau di kawasan Pantai Utara Jakarta, tepatnya di Pantai Ancol Jakarta Utara, Kecamatan Tanjung Priok Laksamana RE Martadinata. Di Dufan banyak berbagai wahana yang sangat menguji adrenalin, contohnya Halilintar, Histeria, Prahu Kora-Kora dan masih banyak lagi wahana permainan yang menantang.
Di sana lingkungannya sangat bersih dan terjaga karena petugasnya sangat menjaga kebersihan tempat itu. Wisatawan yang mengunjungi Dufan sangat banyak terdapat terdapat tidak hanya dari dalam negeri. Wisatawan mancanegara pun banyak. Di sana pun banyak penjual, misalnya penjual minuman dan makanan, souvenir, dan masih banya lagi. Tempatnya pun sangat luas sehingga pengunjungpun puas untuk mengunjunginya.
G.      Taman Safari Indonesia
Taman Safari  Indonesia (TSI) berdiri di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, merupakan wahana rekreasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyak obyek menarik yang terdapat di kawasan yang banyak mengoleksi beragam jenis binatang ini, di antaranya SAFARI PARK, Taman Burung, Animal Education Show, Primates and Reptils, Baby Zoo, Kincir Raksasa, Gajah dan Kuda Tunggang, Safari trek, Caiavan, Hotel dan Wild Wild West.
Untuk wahana yang disebut terakhir ini, merupakan wahana yang menarik untuk disaksikan. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi, dengan atraksi atraksi koboi yang memukau. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari selama kurang lebih 15 menit. Selain wahana tersebut ada juga wahana menarik lainnya, seperti di Baby Zoo. Di wahana ini anda bisa berfoto dengan bersama harimau putih, macan tutul, orang utan dan lain-lain.
Salah satu wahana dan program baru di TSI adalah Elephant Adventure. Program tersebut mengajak para pengunjung dengan menunggang di punggung gajah mengelilingi kawasan TSI selama hamper 1 jam. Setiap satu ekor gajah diikuti pawangnya dan bisa ditumpangi empat orang dewasa.
Gajah tersebut akan melewati jalan yang berumpt, dan melewati arus sehingga pengunjung benar-benar bisa melewati panorama alam yang ada di TSI.
Masih banyak lagi wahana seru di TSI. Agar anda tidak penasaran, segera berkunjung dan ajak keluarga tercinta berekreasi seru ala TSI.

H.      Cibaduyut Bandung
Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung kira-kira dari pusat kota sekitar 30 menit.
Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit.
Untuk menuju Cibaduyut tidak sulit. Ditandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya patung tersebut memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke Cibaduyut Bandung. Karena patung sepatu meupakan lambang atau ciri khas dari Jalan Obaduyut Bandung dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung.
Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko-toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Semua ukuran sepatu dapat dibuat di sini. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah dan kualitas yang cukup bagus. Kita bisa melihat tokoh-tokoh yang berjejer memanjang dengan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banhayk lagi. Ada pakaian termasuk ke jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk membuat sepatu dan lain-lain.
Keistimewaan dari Cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda bisa melakukan pemesanan. Harganya pun berfariasi mulai dari beberapa ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa ditawar. Dengan kualitas yang bagus juga.
Makanya dengan kualitas yang terjamin, produk dari Cibaduyut sangat terkenal hingga Asia.






BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
  1. Dengan Karya Wisata ini peserta dapat menambah pengetahuan dan wawasan.
  2. Siswa dapat menerapkan pembelajaran langsung ke objek dengan pendekatan kontekstual.

B.       Saran
Adapun saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
  1. Seharusnya peserta menginap karena jarak tempuh yang sangat jauh.
  2. Saat berada di Museum Ronggo warsito seharusnya pemandu menjelaskan tentang alat peraga yang ada di sana.


DAFTAR PUSTAKA


Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta : Balai Pustaka.
Titik Puspita Sari, dkk. 2001. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning (CTL)). Jakarta : Depdiknas.
Panitia Karya Wisata SMP N I Bringin. 2012. Pendahuluan Karya Wisata : Pabrik Coca-Cola, Masjid Agung Jawa Tengah, Museum Ronggo Wasito, Masjid Kubah Emas Depok, Gelanggang Samudra Ancol, Dunia Fantasi, Taman Safari Cisarua Bogor, Cibaduyut Bandung. Jakarta Bringin : Panitia Karya Wisata SMP N I Bringin.


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar