Social Icons

Rabu, 30 Januari 2013

Tentang Arti Pendidikan Multikultural menurut beberapa Ahli dan Tantangan / Hambatan pelaksanaan Pendidikan Multikultural di Indonesia

Terimakasih Atas Kunjungannya :-) 
Thanks For Visiting My Blog 


A.    Pengertian Pendidikan Multikultural
     Pengertian pendidikan multkultural menurut beberapa ahli.
Menurut Anderson dan Cusher (1994: 320) pendidikan multikultural adalah pendidikan mengenai keragaman kebudayaan. James Bank (1993: 3) pendidikan multikultural sebagai pendidikan untuk people of color. Artinya pendidikan multikultural ingin mengeksplorasi perbedaan sebagai keniscayaan (Anugrah Tuhan atau Sunatullah).
B.     Tantangan Pendidikan Multikultural di Indonesia
1.      Agama, suku bangsa dan tradisi
Agama secara aktual merupakan ikatan yang terpenting dalam kehidupan orang Indonesia sebagai suatu bangsa. Bagaimanapun juga hal itu akan menjadi perusak kekuatan masyarakat yang harmonis ketika hal itu digunakan sebagai senjata politik atau fasilitas individu-individu atau kelompok ekonomi. Dalam kasus ini, agama terkait pada etnis atau tradisi kehidupan dari sebuah masyarakat.
Masing-masing individu telah menggunakan prinsip agama untuk menuntun dirinya dalam kehidupan di masyarakat, tetapi tidak berbagi pengertian dari keyakinan agamanya pada pihak lain. Hal ini hanya dapat dilakukan melalui pendidikan multicultural untuk mencapai tujuan dan prinsip seseorang dalam menghargai agama.
2.      Kepercayaan
Unsure yang penting dalam kehidupan bersama adalah kepercayaan. Dalam masyarakat yang plural selalu memikirkan resiko terhadap berbagai perbedaan. Munculnya resiko dari kecurigaan/ketakutan terhadap yang lain dapat juga timbul ketika tidak ada komunikasi didalam masyarakat.
3.      Toleransi
Toleransi merupakan bentuk tertinggi, bahwa kita dapat mencapai keyakinan. Toleransi dapat menjadi kenyataan ketika kita mengasumsikan adanya perbedaan. Keyakinan adalah sesuatu yang dapat diubah. Sehingga dalam toleransi, tidak harus selalu mempertahankan keyakinannya.

Source : http://nurulfadillah54.blogspot.com

 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar