Social Icons

Rabu, 30 Januari 2013

Macam Macam Pola Asuh Orang tua Menurut Hurlock

Terimakasih Atas Kunjungannya :-) 
Thanks For Visiting My Blog 



Macam-Macam Pola Asuh Orangtua


Menurut Hurlock, E.B (1990: 204) menyatakan bahwa pola asuh ada 3 macam yaitu:
a.       Pola Asuh Otoriter
Ciri-cirinya menggunakan peraturan yang kaku, orangtuamemaksakan kehendak pada anaknya,menyebabkan anak menjadi tertekan dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Karena orangtua yang selalu menentukan segala sesuatu kepada anak.
b.      Pola Asuh Permisif
Cirri-cirinya menggunakan peraturan sedikit, orangtua bersikap longgar pada anak, sehingga anak diperbolehkan berbuat apa saja yang dia inginkan, orangtua tidak memberi tahu bahwa perbuatan anaknya benar atau salah, menyebabkan anak menjadi orang yang sulit dibimbing, lebih mementingakn dirinya sendiri. Karena pola asuh orangtua yang terlalu longgar.
c.       Pola Asuh Demokratis
Orangtua memberikan aturan-aturan yang jelas. Serta menjelaskan akibat yang terjadi apabila peraturan dilanggar dengan aturan yang selalu diulang agar anak dapat memahaminya, member kesempatan pada anak untuk berpendapat, anak diberi hadiah atau pujian apabila telah berbuat sesuatu sesuai dengan harapan orangtua, sehinnga anak memiliki kemampuan sosialisasi yang baik, memiliki rasa percaya diri dan bertanggung jawab.


Source :http://nurulfadillah54.blogspot.com


 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar