Social Icons

Senin, 10 Desember 2012

Contoh : Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Terimakasih Atas Kunjungannya :-)
 Thanks For Visit My Blog


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Tingkat Satuan Pendidikan       : SMP
Mata Pelajaran                             : MATEMATIKA
Kelas/Semester                            : VII/Ganjil
Materi                                              : GEOMETRI
Alokasi Waktu                               : 10 Jam Pelajaran

I.          Standar Kompetensi
5. Memahami Hubungan Garis Dengan Garis, Garis Dengan Sudut, Sudut Dengan         Sudut Dengan Sudut Serta Menentukan Ukurannya.
II.       Kompetensi Dasar
5.2  Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua
      Garis sejajar berpotongan dengan garis lain.   
III.    Indikator (kognitif, afektif, psikomotorik)
5.1.1 Menyebutkan sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis berpotongan atau dua
         garis sejajar berpotongan dengan garis lain. (C1)                                                        
5.1.2Memilih atau membedakan sifat-sifat sudut yang terbentuk dari dua garis sejajar
        Berpotongan dengan garis lain. (A1)
IV.    Tujuan Pembelajaran ( Penjabaran Indikator)
-          Siswa dapat menyebutkan sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis berpotongan seperti sudut lancip, sudut tumpul, sudut siku-siku, sudut pelurus.
-          Siswa dapat menyebutkan sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain seperti sudut bersebrangan ,bertolak belakang, sudut sehadap.
-          Siswa dapat membedakan sifat-sifat sudut yang terbentuk dari dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
V.       Materi Ajar  (materi lengkap terlampir)
-          Mata Pelajaran  : Uraian singkat tentang materi yang disajikan dalam Proses  pembelajaran.
-          (Uraian materi lengkap bisa juga ditempatkan di lampiran  )
VI.    Metode Pembelajaran
Strategi    : ( diisi nama strategi yang digunakan )
Metode     :

VII. Langkah- langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Pendahuluan  (waktu  ...... )
( Apersepsi dan yang terkait pada kegiatan pendahuluan )
2.      Kegiatan Inti  (waktu  ...... )
Kegiatan inti memuat EEK, dimana peletakan EEK diakhir kegiatan.
3.      Kegiatan Penutup:  Refleksi ( Simpulan : apa saja yang sudah berhasil, Apa yang belum berhasil, Akar penyebab belum berhasil, Tindakan berikut )

Catatan : Karakter diharapkan untuk dimunculkan  pada setiap kegiatan , jika memungkinkan dan  karakter ditulis  tidak secara kelompok.

VIII.       Sumber dan Alat Pembelajaran
1.      Sumber                   : Buku Paket, Buku LKS
2.      Alat Pembelajaran : Penggaris, penggaris segitiga, alat ukur sudut.

IX.    Penilaian Hasil Belajar
Tehnik Penilaian
1.      Tes Tertulis  (lampiran 2)
2.      Unjuk Kerja  (lampiran 3)




Surakarta, ………………………..
Instruktur                                                                    Guru Kelas



( …………………………….. )                                              ( …………………………………)


LAMPIRAN 1 :

·         1) Bahan Ajar lengkap

·         2) Lembar Kegiatan Siswa dan Kunci Jawaban


LAMPIRAN 2 :

            Lampiran ini berisi
1)      Instrumen Kognitif
2)      Kunci
3)      Rubik Penialain

LAMPIRAN 3 :

Unjuk kerja (form penilaian afektif/psikomorik)




 ALWAYS REMEMBER : http://aakkuucintaindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar